Dosen UMY Ajak Marbot Masjid Manfaatkan Potensi Sungai dengan Program 'Merti Kali', Ini Caranya

Info Kampus  
Mechanical Bar Screen terpasang di kali yang melintas Dusun Kauman Babadan, Banguntapan, Bantul, DIY. (foto : istimewa)

JURNAL PERGURUAN TINGGI -- Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), Dr Endah Saptutyningsih SE, MSi dan Ir Berli Paripurna Kamiel ST, M Eng Sc, PhD dari Fakultas Teknik (FT) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) berkolaborasi melakukan pengabdian kepada masyarakat (PKM) memberdayakan Marbot Masjid. PKM dilaksanakan terhadap Marbot Masjid Ad Darojat dan Masjid Nur Rohman Kauman Babadan, Kapanewon Banguntapan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

PKM mengajak Marbot Masjid untuk memanfaatkan sungai yang melintas di wilayah tersebut dengan Program Merti Kali. Salah satu programnya membersihkan kali dari sampah sehingga air yang melintas di wilayah tersebut menjadi bersih dan bening.

BACA JUGA : Mahasiswa KKN UP 45 Ajak Warga Pantai Depok Kelola Sampah

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

"Air sungai yang bersih dan bening bisa dimanfaatkan masyarakat setempat untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari bahkan sebagai potensi sumber penghasilan dari sektor perikanan," kata Endah Saptutyningsih.

Untuk membersihkan sampah sungai, Tim Pelaksana PKM UMY menghibahkan alat Mechanical Bar Screen. Peralatan ini berguna untuk menangkap sampah sehingga air yang melintasi lokasi tersebut bersih. Pengabdian kepada masyarakat ini mendapat dana dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (Ditjen Diktiristek), Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset Teknologi (Kemendikbudristek).

Menurut Endah, Program Kemitraan Masyarakat (PKM) ini dilaksanakan agar masyarakat setempat dapat memanfaatkan potensi alam berupa sungai yang dimiliki desa. Selain itu, juga meningkatkan kemampuan warga dalam menciptakan ekonomi kreatif dengan kualitas air sungai yang layak dikonsumsi secara langsung maupun tidak langsung.

BACA JUGA : UII dan Kulonprogo Perpanjang Kerjasama Tingkatkan Kesejahteraan, Ini Caranya

Kegiatan PKM yang telah diawali dengan penyuluhan 'Merti Kali' yang dilakukan di Masjid Nur Rohman Kauman Babadan, Banguntapan Kabupaten Bantul beberapa waktu yang lalu. Kegiatan tersebut dilanjutkan dengan hibah barang dan pemasangan Mechanical Bar Screen serta ram kawat untuk membuat kolam ikan di sepanjang sungai. “Pemasangan alat ini bertujuan agar masyarakat dapat memanfaatkan sungai yang berpotensi dijadikan sebagai sumber pendapatan melalui budidaya ikan”, jelas Endah.

Pemasangan Mechanical Bar Screen tersebut diharapkan dapat mendukung program 'Merti Kali' sehingga green economy masyarakat dapat terwujud dan mendukung adanya inisiasi pengembangan wisata sungai. Sehingga melalui ekonomi kreatif dapat meningkatkan pendapatan masyarakat. "Di samping itu dapat meningkatkan kesadaran masyarakat untuk menjaga kelestarian lingkungan," kata Endah. (*)

BACA JUGA : Dosen UMY Ajak Takmir Masjid Terapkan Integrated Farming

Penyerahan Mechanical Bar Screen dari dosen UMY kepada Marbot Masjid. (foto : istimewa)

Ikuti informasi penting tentang berita terkini perguruan tinggi, wisuda, hasil penelitian, pengukuhan guru besar, akreditasi, kewirausahaan mahasiswa dan berita lainnya dari JURNAL PERGURUAN TINGGI. Anda juga bisa berpartisipasi mengisi konten di JURNAL PERGURUAN TINGGI dengan mengirimkan tulisan, foto, infografis, atau pun video. Kirim tulisan Anda ke email kami: [email protected]

Berita Terkait

Image

Dosen UNU dan UII Berkolaborasi Bantu Pengusaha Batik Miliki HaKI, Ini Tujuannya

Image

Tiga Dosen UII Latih Warga Umbulmartani Olah Minyak Jelantah Jadi Solketal

Image

Prodi Rekateks UII Latih Siswa SMK Muh 2 Sleman Olah Limbah Masker

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image