Prodi MTI UII Hadirkan Korporat untuk Mengajar, Ini Tujuannya

Info Kampus  
Dr Zaroni saat mengajar di Kampus FTI UII Yogyakarta. (foto : istimewa)

JURNAL PERGURUAN TINGGI -- Program Studi Magister Teknik Industri (MTI), Fakultas Teknologi Industri, Universitas Islam Indonesia (FTI UII) menghadirkan dua korporat untuk mengajar di Kuliah Umum 'Peran SDM dalam Strategi Inovasi Teknologi', Sabtu (11/3/2023). Kedua korporat adalah Dr Zaroni merupakan Financial and Human Resources (HR) Director, PT Maruco Indonesia/Head of Consulting Supply Chain Indonesia. Sedang Adityanto Prayogo, Assistant Vice President (AVP) Human Capital Management System PT Bio Farma (Persero).

Ir Winda Nur Cahyo, ST, MT, PhD, IPM, Ketua Program Studi Teknik Industri, Program Magister FTI UII mengatakan kehadiran dua korporat ini dimaksudkan agar mahasiswa dapat menyerap pengalaman dari ahlinya. Sehingga lulusan Program Studi Teknik Industri, Program Magister FTI UII memiliki kapasitas intelektual dan profesionalitas. Terutama di bidang Teknik Industri, Manajemen Industri atau Ergonomi dan Keselamatan Kerja serta Logistik dan SCM yang sesuai dengan kebutuhan zaman serta mampu menghadapi tantangan masa depan.

BACA JUGA : Prodi MTI UII Raih Akreditasi Unggul dari LAM Teknik, Ini Upaya Meraihnya

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Dijelaskan Winda Nur Cahyo, pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas pada hakikatnya ditujukan untuk meningkatkan kemampuan intelektual, sehingga dapat dicapai produktivitas yang lebih tinggi. SDM dan inovasi harus dipandang sebagai konsep yang terkait erat, yang bersama-sama menciptakan memperkuat lingkaran penciptaan nilai.

“SDM adalah salah satu sumber utama inovasi, strategi inovasi perlu mencakup berbagai inisiatif yang relevan untuk memotivasi SDM itu sendiri. Hal ini menjadi kunci penting sebagai kekuatan baru dalam mencapai kesejahteraan ekonomi di era persaingan ilmu pengetahuan dan teknologi,” kata Winda.

Lebih lanjut Winda mengatakan perencanaan strategis diperlukan dalam rangka menyesuaikan kekuatan internal agar selalu siap menangkap peluang dan mengatasi ancaman dari luar jika ingin mempertahankan keunggulan bersaing. Sedangkan strategi inovasi, merupakan konsep manajemen, terdiri dari banyak kegiatan internal dan eksternal yang meningkatkan potensi inovasi bisnis. “Hal ini diperlukan untuk menekankan pentingnya dan peranan yang mempengaruhi pembentukan strategi inovasi,” kata Winda.

Winda menambahkan, merujuk berbagai referensi, inovasi strategis adalah ciptaan dari strategi pertumbuhan, teknologi baru, pelayanan baru, cara baru dalam melakukan sesuatu atau suatu bisnis model yang merubah permainan dan menghasilkan nilai baru yang signifikan untuk konsumen, dan pelanggan.

BACA JUGA : Dadang, Alumni UWM : Jangan Minder Jadi Lulusan PTS tak Terkenal, Ini Success Storynya

Sedang Zaroni mengatakan banyak tantangan penyiapan SDM di era digital dan AI (Artificial Intelligence). Karena itu, mahasiswa perlu menyiapkan diri dengan menambah keterampilan baru, wawasan, keahlian. Selain itu, mahasiswa juga dituntut selalu berpikir kritis, analisis, problem solving, self management, dan menjadi pembelajar aktif, agar selalu relevan dan memberikan kebermanfaatan bagi masyarakat dan bangsa.

Sementara Adityanto mengatakan mahasiswa dituntut memiliki kemampuan adaptasi pada berbagai perubahan. Kemampuan adaptasi ini akan juga mendorong inovasi yang sangat menunjang pada sustainability dan pengembangan kompetensi (skill, knowledge dan leadership) mahasiswa yang bersangkutan.

“Selain itu, diperlukan karakter yang mendukung adaptasi dan inovasi ini dari pribadi mahasiswa. Mahasiswa dituntut untuk tetap rendah hati (humble), tetap memegang teguh kejujuran dan komitmen (integritas) serta cara berpikir dan bersikap untuk berubah (transforming),” kata Adityanto.

Selain, dua korporat, kuliah umum juga diisi dua dosen UII yaitu Ir Winda Nur Cahyo, ST, MT, PhD, IPM, Ketua Program Studi Teknik Industri, Program Magister FTI UII dan Atyanti Dyah Prabaswari, ST, MSc, Manajer Akademik Keilmuan Program Magister, FTI UII Yogyakarta. (*)

BACA JUGA : Magister Informatika FTI UII Raih Akreditasi Unggul, Ini Keuntungannya

Ikuti informasi penting tentang berita terkini perguruan tinggi, wisuda, hasil penelitian, pengukuhan guru besar, akreditasi, kewirausahaan mahasiswa dan berita lainnya dari JURNAL PERGURUAN TINGGI. Anda juga bisa berpartisipasi mengisi konten di JURNAL PERGURUAN TINGGI dengan mengirimkan tulisan, foto, infografis, atau pun video. Kirim tulisan Anda ke email kami: [email protected].

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image