UII Kick-Off Program FIL untuk Tumbuhkan Usaha Mikro

Info Kampus  
Arif Wismadi saat menyampaikan materi. (foto : screenshotzoom/heri purwata)

JURNAL PERGURUAN TINGGI -- Inkubasi Bisnis & Inovasi Bersama (IBISMA) Direktorat Pembinaan & Pengembangan Kewirausahaan /Simpul Tumbuh (DPPK/ST) Universitas Islam Indonesia (UII) bekerjasama dengan PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk menggelar Kick-Off Program Figur Inspirasi Lokal (FIL) 2023, Rabu (17/3/2023). Program ini menggandeng 500 tokoh inspiratif lokal untuk menumbuhkan usaha mikro di lingkungannya masing-masing.

Pelatihan terhadap tokoh-tokoh inspiratif atau FIL ini dilaksanakan secara hybrid dari Gedung Simpul Tumbuh UII. Pelatihan diawali dengan keynote speech Ir Wiryono Raharjo, MArch, PhD, Wakil Rektor Bidang Kemitraan & Kewirausahaan UII dan Dani Wildan, Kepala Divisi Social Entrepreneurship and Incubation Bank BRI.

BACA JUGA : Kemenkop UKM Gandeng IBISMA UII Tingkatkan Jumlah Startup

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Sedang pemateri perdana Dr Ir Arif Wismadi MSc, Direktur Direktorat Pembinaan dan Pengembangan Kewirausahaan/Simpul Tumbuh UII. Arif Wismadi mengetengahkan materi Kepemimpinan dan Motivasi yang akan diterapkan pada penumbuhan usaha mikro.

Tokoh-tokoh inspiratif yang mengikuti program ini berasal dari berbagai kalangan serta masyarakat umum. "Setelah pelatihan diharapkan dapat memberikan dampak yang positif dan kebermanfaatan luas bagi pemberdayaan usaha mikro di Indonesia," kata Arif Wismadi.

Materi pembekalan lainnya meliputi Keterampilan, Strategi dan Praktek Komunikasi, Konsep & Praktek Membangun Personal Branding, Kewirausahaan Sosial (socioentrepreneurship) dan Pemasaran Digital.

BACA JUGA : Tips Agar Kembali Produktif Seusai Libur Panjang Idul Fitri

Dijelaskan Aris Wismadi, Program Figur Inspiratif Lokal merupakan program pemberdayaan berupa pelatihan kepada sosok inspiratif lokal yang memiliki inisiatif murni untuk memberikan dampak/pengaruh positif bagi masyarakat lingkungan sekitarnya. Program ini bertujuan untuk memberdayakan figur-figur inspiratif lokal menjadi pendamping dan penggerak/informal leader pelaku usaha mikro untuk peningkatkan produktivitas, partner mantri/Bank BRI dalam melakukan kegiatan pemberdayaan bisnis BRI, serta narasumber pelatihan/pemberdayaan kepada pelaku usaha mikro.

Peserta, kata Aris Wismadi, terdiri dari tokoh masyarakat, Direktur BUMDes/Pengurus BUMDes, Ketua Klaster/Pengurus Klaster usaha/Pelaku UMKM, Pelaku usaha binaan/rekomendasi lembaga/kementerian, dan nasabah BRI/Agen Brilink/Mitra UMI. Selain itu, peserta program FIL memiliki kriteria tersendiri, yaitu memiliki inisiatif murni dan memberikan berdampak positif dalam pemberdayaan kepada pelaku usaha mikro, mampu menginspirasi pelaku usaha mikro dalam pengembangan usaha, dan memiliki karakter baik dan bebas dari kepentingan politik. (*)

BACA JUGA : Milad 40, Teknik Industri UII 'Tebar Manfaat' Dampingi UMKM

Ikuti informasi penting tentang berita terkini perguruan tinggi, wisuda, hasil penelitian, pengukuhan guru besar, akreditasi, kewirausahaan mahasiswa dan berita lainnya dari JURNAL PERGURUAN TINGGI. Anda juga bisa berpartisipasi mengisi konten di JURNAL PERGURUAN TINGGI dengan mengirimkan tulisan, foto, infografis, atau pun video. Kirim tulisan Anda ke email kami: [email protected].

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image