Prodi Ilmu Keperawatan S1 UMP Susun Buku Standar Prosedur Operasional

Info Kampus  
Peserta workshop penyusunan Buku Standar Prosedur Operasional. (foto : istimewa)

JURNAL PERGURUAN TINGGI -- Program Studi (Prodi) Ilmu Keperawatan S1 di Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) Jawa Tengah berupaya meningkatkan kualitas lulusan. Prodi Ilmu Keperawatan menyusun Buku Standar Prosedur Operasional (SPO), Rabu-Kamis (1-2/11/2023).

Workshop diikuti dosen di Program Studi Keperawatan UMP, termasuk jenjang D3, S1, dan Profesi Ners. Tujuan utamanya, memperbarui dan memenuhi kebutuhan mahasiswa dengan menyusun Buku SPO keperawatan yang berkualitas.

BACA JUGA : UMP Bekali Mahasiswa Keperawatan Kemampuan Komunikasi Terapeutik

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Ketua Workshop Buku SPO, Ns. Happy Dwi Aprilina, SKep, MKep, mengatakan penyusunan buku ini mengacu Capaian Pembelajaran dan Capaian Pembelajaran Mata Kuliah sesuai dari Kurikulum 2021. Pembuatan buku ini juga tidak terlepas dari daftar tilik prosedur Objective Structured Clinical Examination (OSCE) sesuai Asosiasi Institusi Pendidikan Ners Indonesia (AIPNI).

"Juga berdasarkan SDKI (Standar Diagnosis Keperawatan Indonesia), SIKI (Standar Intervensi Keperawatan Indonesia) dan SLKI (Standar Luaran Keperawatan Indonesia), buku Pedoman SPO PPNI dan buku ajar sesuai dengan mata kuliah. masin-masing," kata Happy.

Sementara Dekan Fakultas Ilmu Kesehatan (FIKES) UMP, Assoc Prof Dr Ns Umi Solikhah mengatakan penyusunan Buku SPO Keperawatan ini sebagai salah satu upaya UMP mempertahankan keunggulan Prodi Keperawatan di jenjang Keperawatan S1, Profesi Ners dan D3 Keperawatan.

BACA JUGA : Mahasiswa Farmasi UMP Olah Daun Sembung Jadi Obat Infeksi

"Kami memiliki banyak mahasiswa, dan penyusunan buku ini adalah wujud komitmen kami dalam menjaga kualitas program studi keperawatan yang dapat diadopsi oleh program-program kesehatan lain di UMP dan bahkan di universitas lain," kata Umi Solikhah.

Menurut Umi Solikhah, workshop ini menjadi tonggak penting dalam perjalanan Program Studi Ilmu Keperawatan UMP menuju peningkatan kualitas pendidikan keperawatan yang berkelanjutan dan relevan dengan tuntutan perkembangan ilmu dan praktik keperawatan. (*)

BACA JUGA : Tim Mahasiswa Farmasi UMP Ubah Bunga Kecombrang Jadi Shampo

Ikuti informasi penting tentang berita terkini perguruan tinggi, wisuda, hasil penelitian, pengukuhan guru besar, akreditasi, kewirausahaan mahasiswa dan berita lainnya dari JURNAL PERGURUAN TINGGI. Anda juga bisa berpartisipasi mengisi konten di JURNAL PERGURUAN TINGGI dengan mengirimkan tulisan, foto, infografis, atau pun video. Kirim tulisan Anda ke email kami: [email protected].

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image