Tim Semar UGM Juara 1 di Kontes Mobil Hemat Energi Jakarta

Teknologi  
Mobil Semar karya mahasiswa UGM. (foto : istimewa)

JURNAL PERGURUAN TINGGI -- Mobil hemat energi buatan mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM), Semar Proto, berhasil menjadi juara 1 untuk kategori Prototipe Motor Listrik dan Juara 2 Urban Gasoline pada ajang Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE) 2023. Kompetisi ini digelar Balai Pengembangan Talenta Indonesia Kemendikbud Ristek di EPrix Circuit Ancol Jakarta, Senin-Jumat (30/10 - 3/11/2023).

Lomba yang dilaksanakan oleh Kemendikbud Ristek ini diikuti sebanyak 60 tim dengan total 600 peserta. Mereka mahasiswa berasal dari 42 perguruan tinggi di Indonesia.

BACA JUGA : Semar UGM Raih Dua Gelar di Shell Eco Marathon 2023

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Perwakilan dari Bidang Pengelolaan Kompetisi Mahasiswa, Direktorat Kemahasiswaan, Zaenudin mengatakan pada kompetisi kali ini tim Semar Proto UGM mengirim sebanyak 25 orang yang terdiri 22 orang mahasiswa dari Fakultas Teknik dan tiga mahasiswa dari Fakultas MIPA. “Tim Semar mengikuti dua kategori yakni kategori prototipe motor listrik dan kategori urban gasoline,” kata Zaenudin dalam keterangannya kepada wartawan, Rabu (8/11/2023).

Pemilihan dua kategori ini yang diikuti dari tim Semar menurut Zaenudin sesuai dengan jenis mobil yang tengah dikembangkan. “Jenis prototipe mobil yang diriset dan dirancang tim Semar selama ini memang fokus pada Proto Listrik dan Urban Gasoline,” kata Zaenudin.

Zaenudin menambahkan, pada kompetisi kali ini, Tim Semar sengaja menggabungkan tim senior dengan junior. Penempatan tim junior ini diharapkan bisa mendapatkan pengalaman baru bagi mahasiswa yang baru bergabung dalam pengembangan mobil hemat energi.

BACA JUGA : Mobil Semar Proto UGM, Cetak Rekor 587 km/kWh, Apa Rahasianya?

“Tim ini selalu melakukan regenerasi dimana tiap kepengurusan akan ada anggota senior yang merupakan tim inti yang sebelumnya sudah pernah mengikuti lomba-lomba sebelumnya. Disamping itu anggota yunior yang merupakan anggota baru yang tugasnya membantu dan belajar sehingga di tahun yang akan datang siap untuk menjadi tim inti,” jelasnya.

Tidak hanya menang kompetisi, pengalaman yang diperoleh oleh anggota Semar dalam setiap kepesertaannya mengikuti kompetisi diharapkan mampu menambah pengalaman dan pengetahuan teknis substantif terkait keilmuan dan pengembangan teknologi, sampai pengalaman administratif aplikatif seperti pengalaman kepemimpinan dan organisasi, pengalaman komunikasi dan kolaborasi. “Di samping juga pengalaman berinteraksi dengan mahasiswa-mahasiswa seluruh Indonesia yang menjadi peserta lomba,” kata Zaenudin. (*)

BACA JUGA : Mobil SEMAR UGM Raih Dua Gelar di Kompetisi Internasional Shell Eco-Marathon 2022

Ikuti informasi penting tentang berita terkini perguruan tinggi, wisuda, hasil penelitian, pengukuhan guru besar, akreditasi, kewirausahaan mahasiswa dan berita lainnya dari JURNAL PERGURUAN TINGGI. Anda juga bisa berpartisipasi mengisi konten di JURNAL PERGURUAN TINGGI dengan mengirimkan tulisan, foto, infografis, atau pun video. Kirim tulisan Anda ke email kami: [email protected].

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image