Keuntungan Kuliah di Magister Teknik Industri UII

Info Kampus  
Pelepasan lulusan MTI seusai wisuda periode II Tahun Akademik 2023/2024, Sabtu (25/11/2023). (foto : heri purwata)

JURNAL PERGURUAN TINGGI -- Hampir seluruh mahasiswa Magister Teknik Industri (MTI), Fakultas Teknologi Industri, Universitas Islam Indonesia (FTI UII) sudah bekerja. Mereka mendapat dua keuntungan yaitu mendapatkan ilmu pengetahuan untuk menunjang karir dan perusahaan tempat bekerjanya mendapatkan solusi atas permasalahan yang dihadapi.

Muhammad Sarifudin yang bekerja di PT Coates Hire Indonesia Balikpapan mengungkapkan selama satu tahun kuliah secara virtual karena masa Pandemi Covid-19. Selama mengikuti kuliah, Sarifudin juga melakukan share pengetahuan dengan rekan-rekan di perusahaanya.

BACA JUGA : Universitas Islam Indonesia Wisuda 1.108 Lulusan

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

"Saya juga sharing ilmu ke perusahaan. Saya melakukan ini agar ilmu yang saya peroleh dapat bermanfaat bagi perusahaan. Hal serupa juga dilakukan teman-teman lain," kata Sarifudin saat pelepasan lulusan MTI FTI UII di Yogyakarta, Sabtu (25/11/2023).

Sementara Dr Drs Imam Djati Widodo, M Eng Sc, Ketua Jurusan Teknik Industri FTI UII mengatakan ada enam lulusan yang mengikuti wisuda periode II Tahun Akademik 2023/2024, Sabtu (25/11/2023). "Setiap periode kelulusan, mahasiswa MTI hampir ada yang lulus. Dan mutu lulusan cukup bagus. Sehingga kita berharap, mereka bisa berperan di tempat kerjanya lebih baik lagi setelah menempuh S2," kata Imam.

Lebih lanjut Imam berharap mereka bisa memanfaatkan ilmu yang didapat dari kampus dan diaplikasikan di tempat kerjanya. Sehingga mereka bisa menjadi motivator bagi teman-teman di tempat kerjanya yang mungkin ingin melanjutkan studi.

Menurut Imam, mereka sebetulnya sudah memiliki pengalaman kerja di perusahaan-perusahaan atau institusi tempat kerjanya. Sehingga ilmu yang dimiliki, dan ditambah ilmu dari bangku kuliah S2 dapat mendukung kelanjaran kerjanya.

BACA JUGA : Artificial Intelligence Alat Berinovasi, Tidak akan Gantikan Peran Manusia

"Hal ini diimplementasikan dengan tesis-tesis mereka yang mengangkat permasalahan riil dan mencari solusinya di perusahaan atau institusi tempat kerjanya. Itu akan memberikan manfaat bagi mereka dan karirnya semakin menanjak. Jadi untuk pengembangan konsep maupun menyelesaikan kasus-kasus riil di perusahaannya," kata Imam.

Saat ditanya, bagaimana karir lulusan-lulusan MTI saat ini? Imam mengungkapkan ada beberapa alumni mendapatkan promosi lebih cepat. Pernah ada mahasiswa dari perusahaan TotalEnergies, namanya Rendy mendapatkan kenaikan jabatan khusus dan bisa lebih cepat.

"Jadi sekolah di MTI ini mendapatkan dua keuntungan. Pertama, bagi alumni mendapatkan ilmu dan jenjang karirnya lebih cepat. Kedua, performance perusahaan lebih cemerlang. Jadi manfaatnya tidak hanya pada mahasiswa, tetapi juga perusahaannya," kata Imam. (*)

BACA JUGA : Rektor UGM : Lulusan Wajib Miliki Agile Thinking Ability

Ikuti informasi penting tentang berita terkini perguruan tinggi, wisuda, hasil penelitian, pengukuhan guru besar, akreditasi, kewirausahaan mahasiswa dan berita lainnya dari JURNAL PERGURUAN TINGGI. Anda juga bisa berpartisipasi mengisi konten di JURNAL PERGURUAN TINGGI dengan mengirimkan tulisan, foto, infografis, atau pun video. Kirim tulisan Anda ke email kami: [email protected].

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image