Eriko Elsa Daje, Juara 2 Mahasiswa Berprestasi LLDikti Wilayah V

Info Kampus  
Eriko Elsa Daje. (foto : istimewa)

"SENANG BERCAMPUR HARU.'' Itulah ungkapan Eriko Elsa Daje, mahasiswa D3 Analisis Kimia Fakultas Matematika Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Islam Indonesia (FMIPA UII) saat terpilih sebagai Juara 2 pada pemilihan mahasiswa berprestasi (Pilmapres) tingkat Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah V Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) 2023.

"Menjadi mahasiswa berpretasi (mawapres) tingkat universitas saja saya sudah sangat senang dan bangga. Apalagi menjadi juara 2 tingkat wilayah. Tentu, rasa senang bercampur haru. Itulah yang sangat rasakan ketika mendengar pengumuman menjadi juara 2," kata Daje di Yogyakarta, Senin (22/5/2023).

BACA JUGA : Daje Motivator Tim D'Sava untuk Raih Gold International Award, Ini kiat-kiatnya

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Menurut Daje, keberhasilan ini merupakan perjuangan panjang mengumpulkan prestasi selama menjadi mahasiswa tidak sia-sia. Sebab tidak mudah untuk mendapatkan gelar Mawapres.

Menjadi Mawapres, kata Daje, berarti merepresentasikan perguruan tingginya. Dalam setiap mengikuti lomba, Daje selalu bertanya pada diri sendiri apakah dirinya pantas sebagai mahasiswa berprestasi.

Namun berkat kegigihannya, Daje berhasil mengumpulkan banyak prestasi. Di antaranya, menjadi Juara 1 video layanan masyarakat nasional pada Kompetisi Labma Social Campaign Fair (LSCF) UII, tanggal 14 Juni - 13 Agustus 2022. Sebagai finalis paper pada Public Health International Competition Universitas Airlangga (PHIC Unair) tanggal 14-16 Oktober 2022.

Prestasi lain, sebagai Finalis Presentasi Business Plan FMIPA UII, tanggal 4 Agustus 2022. Finalis Debat Bahasa Indonesia pada Festival Mahasiswa Nasional (FESMANAS) yang diselenggarakan Universitas Mercu Buana Yogyakarta, tanggal 14 November 2022.

BACA JUGA : Persiapan Hanya 11 Hari, Mahasiswa UII Raih Medali Perak di INDES 2022, Ini Rahasianya

Selain berhasil menjadi juara, Daje juga mengungkapkan ada beberapa lomba yang diikutinya tidak menjadi juara. Di antaranya, Program Kreativitas Mahasiswa (PKM), Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI), dan Proposal Bisnis Plan.

"Harapan saya, saya bisa lanjut mewakili LLDikti V ke tingkat nasional. Pasti akan saya berikan yang terbaik agar LLDikti V menjadi juara dan mempertahankan marwahnya sebagai kota pendidikan di Indonesia," tandas Daje.

Sementara Kuntari, SSi, MSc, Ketua Program Studi D III Analisis Kimia FMIPA UII mengatakan Pilmapres ini diselenggarakan Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI), Sekretariat Jenderal Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Tahap-tahap seleksinya, seleksi tingkat perguruan tinggi, selanjutnya seleksi wilayah, seleksi awal nasional, dan seleksi final nasional.

"Alhamdulillah Eriko Elsa Daje, wakil dari UII berhasil menjadi juara 2 seleksi tingkat wilayah. Semoga Eriko Elsa Daje lolos dalam Pilmapres tingkat nasional," harap Kuntari dengan perasaan bangga.(*)

BACA JUGA : Dua Mahasiswi UII Jadi Best Presentation Karya Tulis Ilmiah di JEF 2023

Ikuti informasi penting tentang berita terkini perguruan tinggi, wisuda, hasil penelitian, pengukuhan guru besar, akreditasi, kewirausahaan mahasiswa dan berita lainnya dari JURNAL PERGURUAN TINGGI. Anda juga bisa berpartisipasi mengisi konten di JURNAL PERGURUAN TINGGI dengan mengirimkan tulisan, foto, infografis, atau pun video. Kirim tulisan Anda ke email kami: [email protected].

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image