Prodi Teknik Industri Internasional UII Miliki Tim Smart Manufacture

Info Kampus  
Smart Manufacture yang membantu mahasiswa mengenal proses industri di perusahaan yang sudah menggunakan AI dan IoT. (foto : heri purwata)

JURNAL PERGURUAN TINGGI -- Program Studi (Prodi) Teknik Industri Internasional, Fakultas Teknologi Industri Universitas Islam Indonesia (FTI UII) mengembangkan media pembelajaran Smart Manufacture. Selain itu, Prodi Teknik Industri Internasinal juga telah membentuk Tim Smart Manufacture.

Tim ini dibentuk dengan tujuan menghubungkan dunia industri dengan pendidikan, dengan fokus pada teknologi terkini berbasis kecerdasan buatan (AI) dan internet of things (IoT). Perubahan mendalam di dunia industri adalah semakin mengadopsi teknologi AI dan IoT.

BACA JUGA : Keuntungan Kuliah di Magister Teknik Industri UII

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Demikian diungkapkan Ir Abdullah ‘Azzam, ST, MT, IPM, Ketua Tim Smart Manufactur FTI UII kepada wartawan di Yogyakarta, Selasa (19/12/2023). Dalam lingkungan manufaktur modern, pengetahuan dan keterampilan dalam mengelola, menginstalasi, dan memanfaatkan teknologi ini menjadi krusial.

"Karena itu, tim ini berperan penting dalam memfasilitasi pengadaan, instalasi, dan pelatihan alat-alat berbasis AI dan IoT, yang akan digunakan di laboratorium pendidikan," kata Abdullah ‘Azzam yang didampingi Putri Dwi Annisa, ST, MSc, Kepala Laboratorium Manufaktur Jurusan Teknik Industri.

.‘Azzam menambahkan pemasangan alat di laboratorium tersebut bertujuan memperkenalkan mahasiswa kepada konsep dan aplikasi praktis teknologi ini dalam konteks industri. Hal ini juga bertujuan mempersiapkan mahasiswa dengan pemahaman yang relevan untuk menghadapi tantangan dan peluang di dunia kerja yang semakin terkoneksi dan cerdas.

BACA JUGA : Bridging, Mudahkan Mahasiswa Baru Program Internasional Teknik Industri UII Ikuti Kuliah

"Dengan cara ini, Tim Smart Factory Installation berperan sebagai jembatan penting antara dunia pendidikan dan industri. Selain itu, juga membantu menciptakan generasi tenaga kerja yang siap menghadapi perubahan teknologi dalam lingkungan manufaktur masa depan," kata ‘Azzam.

Menurut ‘Azzam, pengenalan teknologi AI dan IoT di laboratorium pendidikan, mahasiswa dapat mengakses pengetahuan dan keterampilan yang relevan dengan dunia industri yang terus berkembang. "Ini membuat pendidikan menjadi lebih relevan dengan tuntutan pasar kerja," kata ‘Azzam.

Putri Dwi Annisa menambahkan Prodi Teknik Industri Internasional memiliki enam laboratorium sebagai fasilitas pendukung proses pembelajaran mahasiswa. (1) Laboratorium Sistem Manufaktur Terintegrasi (SIMANTI), (2) Laboratorium Inovasi dan Perancangan Organisasi (IPO), (3) Laboratorium Data Mining (DATMIN). Kemudian, (4) Laboratorium Pemodelan Simulasi Industri (Delsim), (5) Laboratorium Desain Sistem Kerja dan Ergonomi (DSKE), dan (6) Laboratorium Enterprise Resource Planning (ERP).

"Laboratorium ERP merupakan satu-satunya laboratorium Teknik Industri di Indonesia yang bekerjasama dengan SAP University Alliance Program. LabSimanUII menyediakan kelas praktikum Proses Manufaktur, Desain Perancangan Teknik Industri dan Assembly Line Balancing untuk mahasiswa Teknik Industri," kata Putri. (*)

Putri Dwi Annisa dan Abdullah ‘Azzam saat memberikan keterangan kepada wartawan. (foto : heri purwata)

BACA JUGA : International Program Teknik Industri UII Cetak Entrepreneur Muda

Ikuti informasi penting tentang berita terkini perguruan tinggi, wisuda, hasil penelitian, pengukuhan guru besar, akreditasi, kewirausahaan mahasiswa dan berita lainnya dari JURNAL PERGURUAN TINGGI. Anda juga bisa berpartisipasi mengisi konten di JURNAL PERGURUAN TINGGI dengan mengirimkan tulisan, foto, infografis, atau pun video. Kirim tulisan Anda ke email kami: [email protected].

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image