Bridging, Mudahkan Mahasiswa Baru Program Internasional Teknik Industri UII Ikuti Kuliah

Info Kampus  
Ira Promasanti Rachmadewi, Sekretaris Program Studi IUP IE FTI UII. (foto : heri purwata)

JURNAL PERGURUAN TINGGI -- Program Studi (Prodi) International Undergraduate Program in Industry Engineering (IUP IE) atau Program Internasional Teknik Industri, Fakultas Teknologi Industri (FTI), Universitas Islam Indonesia (UII) memiliki program bridging atau jembatan bagi mahasiswa baru. Program bridging ini untuk mempersiapkan mahasiswa baru agar tidak kaget mengikuti kehidupan kampus, khususnya di IUP IE.

Dijelaskan Ir Ira Promasanti Rachmadewi, MEng, Sekretaris Program Studi IUP IE FTI UII, Program Bridging mempersiapkan mahasiswa baru dapat menyesuaikan ke kehidupan perguruan tinggi dengan perkuliahan dan kegiatan akademik dan non akademik menggunakan pengantar Bahasa Inggris sehingga mahasiswa baru dapat mengikuti kuliah dengan baik.

BACA JUGA : Prodi Rekateks UII Latih Siswa SMK Muh 2 Sleman Olah Limbah Masker

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

"Bahasa pengantar semua mata kuliah di Program IUP IE menggunakan Bahasa Inggris. Kita berupaya memberikan pengalaman dengan menghadirkan lingkungan internasional di kampus dengan adanya mahasiswa internasional, dosen internasional (bekerjasama dengan beberapa universitas mitra luar negeri), kegiatan akademik dan non akademik menggunakan bahasa pengantar internasional (saat ini Bahasa Inggris)," kata Ira Promasanti Rachmadewi.

Lebih lanjut Ira mengatakan jika syarat masuk Prodi IUP IE, calon mahasiswa harus memiliki kemampuan berbahasa Inggris dengan baik dibuktikan dengan score masuk CEPT minimal 500 agar dapat mengikuti perkuliahan dengan baik. Program bridging akan meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris mahasiswa baru. Khususnya, untuk presentasi, mengemukakan pendapat, writing, dan English for Academic Purposes and Business.

"Sehingga mereka nantinya sudah siap, apakah untuk bekerja di luarnegeri atau pun dalam negeri, melanjutkan sekolah ke luar negeri atau dalam negeri, atau menjadi pengusaha, atau apapun posisi mereka nantinya, lulusan akan siap memenangkan kompetisi dalam lingkungan bisnis global yang penuh dinamika," kata Ira.

Selain itu, jelas Ira, matakuliah-matakuliah inti Teknik Industri akan diajarkan juga oleh dosen-dosen asing yang jumlahnya saat ini sudah mencapai 50 persen dengan model team teaching dengan dosen IUP IE FTI UII. Dosen asing tersebut berasal dari luar negeri yaitu dosen-dosen dari universitas mitra luar negeri, atau para praktisi dari luar negeri yang bekerja sama dengan prodi Teknik Industri.

IUP IE FTI UII, tambah Ira, juga memiliki program international credit transfer (ICT), double degree dan fasttrack, educational visit (universitas dan industri), student exchange, international internship dan program mobilitas internasional lainnya. Tahun pertama, mahasiswa akan mengikuti leadership training dan company visit ke luar negeri.

"Kita akan melakukan studi banding ke industri di luar negeri setiap tahun secara bergantian tiap angkatan. Kegiatan ini dilakukan untuk mempelajari bagaimana penerapan sistem industri dan jasa di luar negeri dibandingkan dengan di dalam negeri. Mahasiwa juga akan mengikuti short course di universitas di luar negeri," kata Ira.

Tahun 2019, tambah Ira, IUP IE UII melaksanakan Educational Visit ke Jepang mengunjungi uniersitas dan industri di Tokyo. Pada bulan Mei 2022, mahasiswa IUP IE FTI UII melakukan Educational Visit dengan mengunjungi lima negara di Eropa bagian Barat, yaitu Perancis (Paris), Belgia , Belanda (Eindhoven dan Amsterdam), Austria (Inssbruck), dan Jerman. Mahasiswa mengikuti kegiatan short course, kunjungan ke empat universitas di Belanda dan Jerman seta industri di Jerman.

"Kegiatan diharapkan dapat memotivasi mahasiwa untuk siap berprestasi secara global dengan penuh percaya diri serta memicu ide-ide kreatif, inovatif sebagai problem solver terhadap permasalahan-permasalah di dunia nyata yang sangat dinamis. Pembentukan karakter sebagai cendikiawan muslim akan diasah selama berkuliah di IUP IE UII dengan program mentoring dan character building," kata Ira.

Tahun pertama mahasiswa baru, akan melaksanakan orientasi ke luar negeri dengan mengikuti pelatihan leadership bersama dengan mahasiswa-mahasiswa dari berbagai negara. Kemudian mahasiswa tahun terakhir akan melakukan educational visit ke negara-negara seperti Eropa, Korea, Jepang dan sebagainya untuk memperkuat kompetensi, menambah wawasan internasional untuk menjadi problem solver yang inovatif dan berakhlak baik . Kegiatan tersebut dilakukan menjelang lulus.

IUP IE FTI UII juga menghadirkan lingkungan global di kampus dengan mengundang mahasiswa dari luar negeri berkegiatan di kampus Teknik Industri UII. Tahun 2022 ini, mahasiswa dari Malaysia, Vietnam, Filipina, China bergabung dengan kegiatan IUP IE FTI UII di kampus UII dan mengunjungi beberapa industri, pertukaran budaya, dan melakukan kegiatan bersama di kampus Teknik Industri UII dan ekplorasi industri dan budaya di Yogyakarta. "Hal ini akan memperkuat jaringan mahasiswa IUP IE FTI UII dan mahasiswa internasional dari berbagai negara," katanya.

Selain itu, mahasiswa IUP IE FTI UII juga dipersiapkan untuk menjadi pengusaha atau bekerja. IUP IE FTI UII akan langsung memperkuat kompotensi hardskill dan softskill mereka yang akan lulus. Dalam proses ini, IUP IE FTI UII memberikan sertifikasi-sertifikasi keahlian yang diakui internasional dengan beasiswa penuh dari Prodi IUP IE UII. Misalnya, sertifikasi profesional CAPM (bidang manajemen projek bekerjasama dengan PMI), Certified Lean Supply Chain, SAP 4Hana, semua diberikan fasilitasnya.

Bahkan IUP IE UII akan memperkuat kompetensi mahasiswa IUP IE FTI UII agar memiliki kompetensi menonjol di bidang Enterprice Resources Planning (ERP). IUP IE FTI UII memberikan sertifikasi internasional di bidang ERP dengan SAP 4Hana untuk data analitik. Prodi Teknik Industri memiliki laboratorium ERP yang saat ini satu-satunya Prodi Teknik Industri memiliki laboratorium ini. Banyak perusahaan yang menghubungi Prodi untuk merekrut lulusan bersertifikasi SAP 4Hana. Dengan kemampuan Sertifikasi ERP SAP tersebut, mahasiswa dapat langsung masuk dunia kerja. Bahkan sebelum lulus mereka sudah di-booking.

BACA JUGA : Raf'ie Pratama : UII tak Boleh Berhenti Berinovasi di Era Disrupsi

Mahasiswa IUP IE FTI UII juga memiliki kesempatan mengikuti Double Degree sekaligus Fasttrack. Dengan program ini, dalam lima tahun mahasiswa dapat menyelesaikan S1 dan S2 sekaligus. Double degree dan fasttrack dapat dipilih dua jenis jalur.

Bekerjasama dengan University of Gloucestershire (UoG) di UK, lulusan IUP IE FTI UII dapat memiliki kompetensi Teknik Industi dengan menyandang ST, BEng, dan MEng di bidang Industrial Control (kerjasama dengan UoG di UK). Sedangkan dengan Magister Teknik Industri UII dan NTUST di Taiwan, lulusan IUP IE UII akan memperoleh kompetensi Teknik Industri dan Administrasi Bisnis dengan gelar ST, MT, dan MBA.

Mahasiswa semester 5 dapat bergabung dengan Double Degree dan Fasttrack di UoG UK. Sedangkan Double Degree dan Fasttrack dengan NTUST Taiwan dapat dimulai sejak semester 7 dengan berkuliah satu tahun di Magister Teknik Industri UII kemudian menyelesaikan satu tahun berikutnya di NTUST di Taiwan.

Mulai tahun ini, IUP IE FTI UII akan memulai program job connector. Mahasiswa telah dipersiapkan memiliki kompetensi yang dibutuhkan oleh dunia bisnis saat ini sehingga setelah lulus tidak perlu menunggu untuk segera berkarya dalam berbagai macam bentuk aktivitas seperti bekerja, melanjutkan studi, atau menjadi pengusaha. Untuk yang akan bekerja, program job connector ini akan menghubungkan langsung dengan prusahaan-perusahaan dalam dan luar negeri untuk dapat direkrut langsung atau belum lulus sudah dipesan.

Mahasiswa yang akan lulus di akhir tahun ini akan mengikuti boot camp untuk belajar bagaimana mereka siap kerja, studi lanjut atau menjadi pengusaha. Untuk mahasiswa dengan target bekerja, boot camp ini akan menghubungkan dengan perusahaan-perusahaan di dalam dan luar negeri. Sertifikasi-sertifikasi profesional yang dimiliki mahasiswa ini merupakan sertifikasi profesional dengan level internasional.

"Dengan kuliah di IUP IE FTI UII, berbekal kemampuan komunikasi internasional yang baik, jaringan luas dan kompetensi teknik industri yang kuat, serta karaktek cendikiawan muslim kuat yaitu inovatif, problem solver dan berakhlak baik. Sehingga lulusan IUP IE FTI UII sudah siap berkarya dan berkompetisi secara global," ujar Ira. (*)

BACA JUGA : International Program Teknik Industri UII Cetak Entrepreneur Muda

Ikuti informasi penting tentang berita terkini perguruan tinggi, wisuda, hasil penelitian, pengukuhan guru besar, akreditasi, kewirausahaan mahasiswa dan berita lainnya dari JURNAL PERGURUAN TINGGI. Anda juga bisa berpartisipasi mengisi konten di JURNAL PERGURUAN TINGGI dengan mengirimkan tulisan, foto, infografis, atau pun video. Kirim tulisan Anda ke email kami: heri.purwata@gmail.com.

Berita Terkait

Image

Program Magister Informatika UII Cetak Pribadi Orisinal

Image

Pakar Digital Forensik UII Ingatkan Pengelola Data Lebih Hati-hati

Image

Supply Chain Model SCOR 12.0 Racetrack Dapat Menekan Kerugian Perusahaan

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image