UP 45 Kembali Mendapat Kepercayaan Seleksi Calon Pamong Kalurahan

Info Kampus  
Rektor UP 45, Benedictus Renny See. (foto : istimewa)

JURNAL PERGURUAN TINGGI -- Universitas Proklamasi (UP) 45 Yogyakarta kembali mendapat kepercayaan untuk melaksanakan ujian seleksi Calon Pamong Kalurahan. Kali ini kepercayaan diperoleh dari Kalurahan Maguwoharjo, Kapanewon Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Senin (3/7/2023), UP 45 menyeleksi 16 peserta untuk menduduki satu kursi jabatan Kepala Urusan Pangripta Kalurahan Maguwoharjo. Pembukaan seleksi yang dilaksanakan di Auditorium PLN UP 45 Yogyakarta dihadiri Dr Benedictus Renny See, SH, MH, Rektor Universitas Proklamasi 45; Kasidi SE, Lurah Maguwoharjo; Philip Joseph Leatemia, SE, SH, MH, Direktur Lembaga Konsultasi dan Bantuan Hukum (LKBH) UP45; Ana Riana, SH, MH, Ketua Panitia Seleksi; dan Febriyanti Angelia Ginting, SPd, MSc, Wakil Rektor Bidang Pengembangan dan Kerjasama.

BACA JUGA : Rektor UP 45 Harapkan Alumni Berikan Kontribusi Positif pada Almamater

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Rektor UP 45, Benedictus Renny See mengatakan Kepala Urusan Pangripta merupakan jabatan pembantu Carik dalam pelayanan administrasi. Jabatan ini merupakan jabatan yang strategis. "Satu jabatan akan diperebutkan 16 calon. Artinya, persaingan yang cukup ketat. Sehingga apa pun hasilnya nanti, saya pikir merupakan hasil yang betul-betul murni karena kami juga menyeleksi secara ketat. Bagi yang belum berhasil bukan berarti Anda belum siap atau kurang pintar. Tetapi mungkin bukan di situ, talenta atau bakat saudara," kata Renny See.

Dijelaskan Renny See, sesuai Peraturan Kabupaten Nomor 10 Tahun 2019 tentang Tata Cara dan Pengisian dan Pemberhentian Perangkat Desa dalam pasal 19 ayat 2, pelaksanaan ujian seleksi calon pamong diselenggarakan bekerjasama dengan perguruan tinggi, minimal berakreditasi institusi B. "Banyak perguruan tinggi di Yogyakarta yang memiliki akreditasi institusi B. Tetapi ada kompetensi lain yang terkait materi ujian sebagaimana dimaksud dalam Perkab tersebut," kata Renny See.

Lebih lanjut Renny See mengatakan untuk memilih calon Kaur Pangripta yang kompetensi, para calon harus melewati beberapa tahapan ujian. Tahapannya adalah ujian tertulis, tes potensi akademik, tes kemampuan bidang, ketrampilan komputer, teknik berpidato berbahasa Jawa, tes psikologi dan wawancara.

"Tahapan ujian ini cukup berat. Tetapi saya pikir, salah satu yang luar biasa. Saya sudah banyak belajar, tidak semua kabupaten/kota di Indonesia mempunyai ketentuan semacam ini, Perkab Sleman," kata Renny See.

BACA JUGA : Mahasiswa KKN UP 45 Ajak Warga Pantai Depok Kelola Sampah

Renny See berasumsi, kalau semua kabupaten/kota di Indonesia menerapkan seleksi seperti Kabupaten Sleman, Indonesia akan maju. "Sebab saudara pegawai, staf yang langsung berhadapan dengan masyarakat atau akar rumput. Jadi kalau sumber daya manusia (SDM)-nya sudah qualified, saya pikir luar biasa," kata Renny See.

Renny See merasa prihatin, persaingan pemimpin dan pamong di tingkat kalurahan dan kapanewon sangat ketat. "Tetapi pejabat-pejabat di tingkat menteri, gubernur banyak permasalahan. Ini mungkin suatu hal sebagai satu catatan," tandas Renny See.

Renny See berharap kerjasama UP 45 dan Kalurahan Maguwoharjo merupakan satu petunjuk yang baik. Seleksi Kepala Urusan Pangripta ini merupakan kerjasama yang kedua kalinya dengan Kalurahan Maguwoharjo.

"Saya harapkan saudara, peserta seleksi berusaha semaksimal mungkin. Lolos atau tidak itu urusan yang di atas, Tuhan. Saudara sudah berusaha, ini menyangkut nasib serahkan pada Tuhan," katanya.

Lurah Maguwoharjo, Kasidi mengatakan pihaknya mempercayakan UP 45 menyelenggarakan seleksi pamong ini karena UP 45 sudah berpengalaman. "UP 45 berpengalaman tidak hanya di Kalurahan Maguwoharjo saja, tetapi juga Kalurahan tetangga sudah beberapa kali menyelenggarakan seleksi calon pamong. Kami berharap kerjasama ini terus berlanjut. Kami juga berharap ke depan UP 45 bisa meraih akreditasi institusi A," kata Kasidi.

Sementara Ana Riana, Ketua Panitia Seleksi menjamin seleksi Kaur Pangripta secara terbuka dan dapat diakses secara umum. "Semua bisa mengakses. Setiap kali kita melaksanakan ujian seleksi sengaja mengundang media massa supaya diketahui semuanya," kata Ana Riana. (*)

BACA JUGA : UP 45 Tiga Kali Dapat Amanah Seleksi Calon Pamong Caturtunggal Sleman

Ikuti informasi penting tentang berita terkini perguruan tinggi, wisuda, hasil penelitian, pengukuhan guru besar, akreditasi, kewirausahaan mahasiswa dan berita lainnya dari JURNAL PERGURUAN TINGGI. Anda juga bisa berpartisipasi mengisi konten di JURNAL PERGURUAN TINGGI dengan mengirimkan tulisan, foto, infografis, atau pun video. Kirim tulisan Anda ke email kami: [email protected].

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image