UGM dan 13 BUMN Kerjasama Program Magang Eksklusif Bagi Mahasiswa

Info Kampus  
BUMN Intership Fair 2023 yang berlangsung di Kampus UGM Yogyakarta. (foto : istimewa)

JURNAL PERGURUAN TINGGI -- Universitas Gadjah Mada (UGM) dan 13 Badan Usaha Milik Negara (BUMN) bekerjasama mendirikan Gelanggang Inovasi dan Kreativitas (GIK) pada 2024 mendatang. GIK yang berada di Kampus UGM merupakan tempat magang eksklusif bagi mahasiswa UGM.

Wakil Rektor UGM Bidang Pendidikan dan Pengajaran, Prof Dr Wening Udasmoro, SS, MHum, DEA, kehadiran GIK untuk memperkuat mata kuliah melalui program MBKM BUMNxGIK UGM. Program ini memberikan kesempatan bagi mahasiswa UGM mengikuti mata kuliah yang diadakan BUMN.

BACA JUGA : UGM, Perguruan Tinggi Terbanyak Tambah Guru Besar Baru

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

"Lewat kerja sama ini menguatkan mata kuliah yang selama ini berlangsung secara konvensional dengan pembelajaran di kelas dengan dosen menjadi melibatkan industri dan mitra dalam pengembangan akademik mahasiswa,” kata Wening Udasmoro, saat membuka BUMN Internship Fair 2023 di Gedung ASLC Fakultas Peternakan UGMSabtu (16/12/2023).

Wening menambahkan kehadiran BUMN dan industri di Kampus UGM menjadi salah satu cara bagi mahasiswa bisa secara langsung melihat realita bagaimana pengetahuan terkonseksi dengan implementasi. Hal ini menjadi penting, sebab mahasiswa tidak hanya bergelut dengan teori di kelas saja, tetapi juga praktek kerja. Sehingga ke depan mahasiswa diharapkan tidak lagi gagap saat memasuki dunia kerja.

“Kami sangat mengapresiasi BUMN yang sudah bekerjasama dengan UGM. Saat ini ada dua mata kuliah yang terkait BUMN dan industri dan di semester UGM akan memiliki sekitar 28 mata kuliah dimana setiap mata kuliah itu mengundang BUMN untuk memberikan kuliah langsung bagi mahasiswa UGM,” kata Wening.

BACA JUGA : Prof Tri Untari Dikukuhkan sebagai Guru Besar Mikrobiologi FKH UGM

Head of Education GIK, Khansa Khalisa menjelaskan selama dua hari, 16-17 Desember 2023 UGM menyelenggarakan BUMN Internship Fair 2023. Acara ini memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk dapat mengikuti perkuliahan dan magang di BUMN. Harapannya dari program ini bisa mendukung peningkatan softskill maupun hardskill mahasiswa UGM. “Ada 28 mata kuliah yang ditawarkan dalam program ini dan 13 BUMN yang bekerjasama,” kata Khansa.

Beberapa mata kuliah yang ditawarkan di antaranya, Digital IT, Human Capital, Kemitraan, Strategic Communication, Banking Operation, Health Promotion and Disease Prevention, Bootechnology&Pharmacy, dan lainnya. Sedang 13 BUMN yang tergabung dalam kerja sama program ini adalah Pertamina, PLN, BRI, Mandiri, Telkom Indonesia, MIND. ID, KAI, Pelindo, Biofarma, BSO, Pupuk Indonesia, INKA, serta Perhutani.

Khansa menambahkan Program MBKM BUMNxGIK UGM ini terbagi dalam dua kegiatan. Pertama, satu bulan kelas di GIK UGM dengan beban dua SKS berlangsung pada 12 Februari-12 Maret 2024. Kedua, tiga bulan magang on-site sebanyak 18 SKS yang akan dilaksanakan pada 13 Maret-14 Juni 2024. (*)

BACA JUGA : Truwelu, Permainan Edukasi Mitigasi Bencana, Kreasi PSK UGM

Ikuti informasi penting tentang berita terkini perguruan tinggi, wisuda, hasil penelitian, pengukuhan guru besar, akreditasi, kewirausahaan mahasiswa dan berita lainnya dari JURNAL PERGURUAN TINGGI. Anda juga bisa berpartisipasi mengisi konten di JURNAL PERGURUAN TINGGI dengan mengirimkan tulisan, foto, infografis, atau pun video. Kirim tulisan Anda ke email kami: [email protected].

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image