Visiting Professor, Prodi Statistika UII Tingkatkan Mobilitas Internasional

Teknologi  
Katrick Chandra Mondal saat mengisi workshop bagi dosen Prodi Statistika FMIPA UII di Yogyakarta, Rabu (8/6/2022). (foto : heri purwata)

JURNAL PERGURUAN TINGGI -- Program Studi Statistika, Fakultas Matematika Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Islam Indonesia (FMIPA UII) berupaya meningkatkan mobilitas internasional. Bulan Juni ini mendapat visiting professor dari Jadavpur University India, Assistant Professor, Dr Kartick Chandra Mondal.

Dijelaskan Dina Tri Utari SSi, MSc, Koordinator Kegiatan Mobilitas Internasional Prodi Statistika UII, Visiting Professor yang dilakukan Kartick Chandra Mondal berlangsung 30 Mei - 23 Juni 2022. Selama di UII Yogyakarta, Katrick Chandra Mondal akan melakukan joint teaching dan workshop bagi dosen dengan tema 'The Implementation of Machine Leaarning in Biodivesity,'

BACA JUGA : Prodi Statistika UII Terima Kunjungan Studi Banding dari ULM

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Workshop pertama bagi dosen tentang 'The Introduction to Biodiversity (The General, and Focused in Indonesia) Rabu (8/6/2022). Kedua, tentang 'The Approach of Statistical Method and Machine Learning,' Kamis (9/6/2022). Ketiga, 'The Application of Algorithm and Interpretation, Jumat (10/6/2022).

Selain itu, lanjut Dina, Visiting Profesor juga mengisi workshop untuk mahasiswa tentang data mining dan knowledge discovery, menguji kerja praktek mahasiswa, bimbingan tugas akhir, serta menguji tugas akhir/skripsi. "Menguji kerja praktek mahasiswa akan dilaksanakan, Senin 13 Juni 2022," kata Dina Tri Utari yang juga Kepala Laboratorium Bisnis Sosial Prodi Statistika FMIPA UII, Rabu (8/6/2022).

Dosen Prodi Statistika UII sedang mengikuti workshop. (foto : heri purwata)

Sedang Arum Handini Primandari, SPd Si, MSi, Koordinator Laboratorium Statistika Prodi Statistika FMIPA UII menambahkan kehadiran Visiting Profesor ini akan meningkatkan international mobility. Sekaligus untuk memenuhi akreditasi internasional ASIIN (Akkreditierungsagentur für Studiengänge der Ingenieurwissenschaften, der Informatik, der Naturwissenschaften und der Mathematik). ASIIN merupakan lembaga akreditasi internasional berasal dari Jerman.

BACA JUGA : Milad 40, Teknik Industri UII 'Tebar Manfaat' Dampingi UMKM

"Kita harus meningkatkan international mobility. Upaya kita dengan visiting lecture. Ini merupakan implementasi program yang telah dirancang. Selain itu, juga untuk menelorkan kerjasama seperti penelitian, dan kunjungan balik," kata Arum.

Sementara Tuti Purwaningsih, SStat, MSi, dosen Prodi Satistika dan juga Humas FMIPA UII menjelaskan biodiversity adalah salah satu bidang ilmu pengetahuan yang membahas mengenai variansi biologis terkait ekosistem dan habitat-habitatnya. Biodiversity menjadi salah satu objek yang menarik untuk diteliti, karena memiliki karakter variansi yang cukup unik dan kita bisa temui dilingkungan sekitar kita.

"Variansi tersebut sangat menarik jika diteliti menggunakan metode-metode statistik dan pengembangannya. Sehingga hasil penelitian dapat memperkaya ilmu pengetahuan, khususnya di bidang Statistik, baik secara teoritis maupun praktikal," kata Tuti Purwaningsih. (*)

Dosen Prodi Statistika UII sedang mengikuti workshop. (foto : heri purwata)

Ikuti informasi penting tentang berita terkini perguruan tinggi, wisuda, hasil penelitian, pengukuhan guru besar, akreditasi, kewirausahaan mahasiswa dan berita lainnya dari JURNAL PERGURUAN TINGGI. Anda juga bisa berpartisipasi mengisi konten di JURNAL PERGURUAN TINGGI dengan mengirimkan tulisan, foto, infografis, atau pun video. Kirim tulisan Anda ke email kami: [email protected].

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image