Tim Mahasiswa FBE UII Juarai 14th ERPSim International Competition

Teknologi  
Kanan ke kiri : Rifqi Muhammad,Mahmudi, Isti Rahayu, Maulidyati Aisyah, dan Muhammad Fadhly Rizky Octavio saat memberikan keterangan kepada wartawan di Kampus FBE UII Yogyakarta, Selasa (28/6/2022). (foto : heri purwata)

JURNAL PERGURUAN TINGGI -- Tim Mahasiswa 'Antares' dari Program Studi Akuntansi Program Sarjana Fakultas Bisnis dan Ekonomika berhasil menjadi juara pertama pada 14th ERP Sim International Competetition, tahun 2022. Tim terdiri dari lima mahasiswa yaitu Humam Naufal Tsuraya, Javier Erlandaffa Satria Dwikamba, Bayu Aji Faundra Pratama, Saphira Pricillia Estuarine, dan Dyah Ayu Puspaningrum.

Demikian diungkapkan Dr Mahmudi, SE, MSi, Ak, Ketua Program Studi Akuntansi Program Sarjana FBE UII kepada wartawan di Yogyakarta, Selasa (28/6/2022). Keberhasilan Tim Antares berkat dukungan FBE dan dosen-dosennya, Muhammad Fadhly Rizky Octavio, SAk, MAk, Maulidyati Aisyah, SE, MCom(Adv), Dra Isti Rahayu, MSi, Cert.SAP, dan Sekretaris Prodi Akuntansi Rifqi Muhammad, SE, SH, MSc, PhD, SAS, ASPM.

BACA JUGA : Desain Mobil Listrik ' Arcana' UGM Juara 1 di Jakarta E-Prix 2022

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Lebih lanjut Mahmudi menjelaskan kompetisi Internasional ERPSim ini diselenggarakan HEC Montreal ERPSim Laboratories, Canada. "Alhamdulillah, Tim Antares berhasil menyingkirkan 20 tim lain yang berasal dari universitas ternama dan tersebar di berbagai belahan dunia," kata Mahmudi bangga.

Keberhasilan ini, kata Mahmudi, tidak terlepas dari upaya Prodi Akuntansi UII dalam mengembangkan kurikulum baru i-technopreneur accountant dengan fokus keunggulan di bidang bisnis dan teknologi. Kurikulum baru ini diterapkan mulai tahun 2021.

"Kurikulum baru ini dapat ditempuh melalui studi di Program Sarjana (S1) Akuntansi UII yang ditawarkan pada jalur kelas reguler dan International Program (IP). Keduanya telah mendapatkan akreditasi Unggul dari BAN-PT (Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi dan sertifikasi dari ACCA (The Association of Chartered Certified Accountants)," kata Mahmudi.

Kurikulum baru ini, jelas Mahmudi, sebagai respon program studi untuk memutakhirkan desain pendidikan. Tujuannya untuk meningkatkan kualitas dan daya saing generasi penerus bangsa yang dilandasi nilai-nilai keislaman dan kompetensi unggul di bidang akuntansi dan bisnis.

"#AkuntanMasaKini adalah cara Prodi Akuntansi UII untuk membentuk kompetensi mahasiswa yang peka dan adaptif terhadap berbagai tantangan yang hadir seiring dengan kemajuan teknologi dan evolusi peran akuntan dalam lingkungan bisnis dan ekonomi digital. Kami yakin, mahasiswa yang memiliki kompetensi unggul sebagai akuntan masa kini akan lebih siap berkontribusi untuk kemajuan di masa depan," ujarnya.

BACA JUGA : Sempat Kebanjiran, Tim Al Qorni UAD Juara Umun 2 di FESC IIMS 2022

Sedang Isti Rahayu menjelaskan prestasi ini dapat diraih berkat kerja keras mahasiswa dalam belajar dan berlatih dengan fokus dan semangat yang tinggi. “Alhamdulillah, ini menjadi bukti bahwa mahasiswa Akuntansi UII mampu membuktikan daya saingnya di level internasional dan mempertahankan tradisi sebagai juara pada kompetisi ERPSim, bahkan hampir setiap tahun sejak 2013”, kata Isti.

Pembelajaran aplikasi ERP, jelas Isti, bukan hal baru di Universitas Islam Indonesia (UII). Prodi Akuntansi UII telah merespons kebutuhan penting pembelajaran ERP dengan memasukkan mata kuliah SAP-ERP ke dalam kurikulum sejak 2006. Sehingga seluruh mahasiswa mendapatkan bekal pengetahuan dan keterampilan menggunakan aplikasi ERP yang kini sangat diperlukan oleh perusahaan modern di berbagai skala dan sektor bisnis. Bahkan saat ini, Prodi Akuntansi UII aktif menjadi bagian dari SAP University Alliance.

Kata Isti, kompetisi Internasional ERPSim yang diselenggarakan HEC Montreal ERPSim Laboratories, Canada merupakan lanjutan dari tingkatan Asia Pacific Japan. Tim Antares merupakan juara sekaligus wakil dari regional Asia Pasific Japan. Tim Antares bersaing dengan tim yang berasal dari region North America, MEE, Iberoamerica, China, EMEA South, EMEA North, dan Asia Pacific Japan.

"ERPSim merupakan sebuah kompetisi simulasi bisnis manufaktur yang menggunakan aplikasi Enterprise Resource Planning (ERP) yaitu ERP-SAP dan SAP S/HANA yang dimainkan oleh lima anggota dalam satu tim," kata Isti.

Dalam kompetisi ini, jelas Isti, setiap tim bersaing untuk menyusun strategi dalam mengoptimalkan proses bisnis. Kerjasama itu menciptakan efektivitas dan efisiensi dalam perdagangannya dengan melibatkan faktor-faktor yang mempengaruhi sales (penjualan) yaitu procurement (pembelian raw material), production (produksi raw material menjadi finished goods), marketing, dan analisis pasar.

"Produk yang dijual Tim Antares dalam bisnis ini berupa Cereal Muesli yang terdiri dari dua ukuran yaitu 500 gram dan 1.000 gram (satu kilogram) serta terdiri dari beberapa rasa yaitu nut, blueberry, strawberry, raisin, dan mixed fruit," katanya. (*)

BACA JUGA : FTI UII dan PT Yamaha Indonesia Perpanjang Kerjasama

Tim Antares sedang melakukan simulasi. (foto : heri purwata)

Ikuti informasi penting tentang berita terkini perguruan tinggi, wisuda, hasil penelitian, pengukuhan guru besar, akreditasi, kewirausahaan mahasiswa dan berita lainnya dari JURNAL PERGURUAN TINGGI. Anda juga bisa berpartisipasi mengisi konten di JURNAL PERGURUAN TINGGI dengan mengirimkan tulisan, foto, infografis, atau pun video. Kirim tulisan Anda ke email kami: heri.purwata@gmail.com.

Berita Terkait

Image

PSTI PI UII Undang Lima Mahasiswa Tiga Negara Ikuti 'Industrial Visit dan Cultural Immersion 2022'

Image

127 Mahasiswa Dapat Pengalaman International Mobility dari Prodi Statistika UII

Image

Pertama di Indonesia, FTI UII Gelar SICSS-Jogja 2022

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image