Mini Industri Halal Jurusan Teknik Industri UII untuk Implementasikan MBKM

Ekonomi  
Muhammad Ridwan Andi Purnomo (kanan) dan Ragil Suryoputro saat memberikan keterangan kepada wartawan di Kampus FTI UII Yogyakarta. (foto : heri purwata)

JURNAL PERGURUAN TINGGI -- Mini Industri Halal milik Jurusan Teknik Industri, Fakultas Teknologi Industri, Universitas Islam Indonesia (FTI UII) untuk mengimplementasikan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Juga mengimplementasikan pendekatan triangular UII yang meliputi graduate entrepreneurship, entrepreneur creation, dan business university collaboration.

Ketua Jurusan Teknik Industri FTI UII, Ir Muhammad Ridwan Andi Purnomo, ST, MSc, PhD, IPM mengemukakan hal tersebut kepada wartawan di Yogyakarta, Jumat (22/7/2022). Kehadiran Mini Industri Halal, diharapkan dapat menghasilkan lulusan Teknik Industri yang berakhlaq mulia, problem solver, dan inovatif.

BACA JUGA : Pertama di Indonesia, FTI UII Gelar SICSS-Jogja 2022

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Dijelaskan Ridwan, berakhlaq mulia adalah lulusan yang memiliki kemampuan spiritual agar bersikap dan berperilaku berdasarkan nilai-nilai keislaman seperti jujur, amanah dan sopan. "Melalui sikap tersebut maka lulusan akan terbantu dalam memberikan kontribusi positif terhadap institusi, masyarakat dan lingkungan dalam pembangunan nasional dan pengembangan keilmuan yang diakui dalam dunia internasional," kata Ridwan.

Problem solver adalah lulusan yang mampu mengidentifikasi permasalahan sistem industri dan memberikan alternatif solusi yang komprehensif. Sedang inovatif adalah lulusan yang mampu menggunakan pemikiran, imajinasi dan berbagai stimulan dalam perancangan, instalasi dan perbaikan sistem integral.

Menurut Ridwan, untuk dapat menjalankan tiga peran tersebut, Prodi Teknik Industri Program Sarjana FTI UII menetapkan empat aspek Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) yaitu aspek sikap, pengetahuan, ketrampilan umum, dan ketrampilan khusus. "Dalam aspek sikap, mahasiswa diharapkan memiliki karakter kewirausahaan berbasis nilai keislaman (entrepreneurship) dan Possess an Islamic-value-based Entrepreneurship Character," tandas Ridwan.

BACA JUGA : Rektor UII : Islam Menjadi Pendekatan Baru 'Soft Power'

Sementara Sekretaris Jurusan Teknik Industri FTI UII, Ragil Suryoputro, ST, MSc menambahkan Mini Industri Halal baru memproduksi air mineral atau Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) merek Khazanah. Berdasarkan data dari small research, kebutuhan konsumsi air minum di lingkungan Gedung KH Mas Mansur, Gedung Dekanat FTI UII rata-rata 800 liter perhari atau 20.000 liter per bulan. "Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) dipilih karena memiliki proses yang sederhana serta supply bahan baku yang mudah," kata Ragil.

Keberadaan Mini Industri, kata Ragil, diharapkan mahasiswa dapat secara langsung melihat bagaimana proses produksi sebuah produk dari mulai bahan baku menjadi produk jadi dan didistribusikan ke konsumen. Selain itu juga mengerti bagaimana proses pendaftaran halal sebuah produk atau memahami bagaimana sebuah produk dapat disebut sebagai produk halal.

Bahan baku air merupakan air yang memenuhi syarat dan kualitas. Bahan baku air yang digunakan berasal dari air pegunungan yang telah melalui tahap uji bahan baku sesuai aturan dari Kepemenrindag Nomor. 651 Tahun 2004.

Proses pengolahan air minum dalam kemasan yaitu pencucian botol, treatment air karbon aktif, dan pasir silica, filter air tiga tahap pada housing meliputi Nano sedimen, CTO dan Bio Energy, Ultrafiltrasi, Proses UV untuk membunuh bakteri dan terakhir memasukan air ke botol. "Setelah itu, pastikan air berkualitas baik, tidak berwarna, tidak berbau, dan tidak berasa sebelum diminum. tidak mengandung bahan berbahaya," katanya. (*)

BACA JUGA : Politeknik ATK Gelar Peragaan Busana Kreasi Mahasiswa

Air Mineral Dalam Kemasan 'Khazanah' produksi Jurusan Teknik Industri UII. (foto : heri purwata)

Ikuti informasi penting tentang berita terkini perguruan tinggi, wisuda, hasil penelitian, pengukuhan guru besar, akreditasi, kewirausahaan mahasiswa dan berita lainnya dari JURNAL PERGURUAN TINGGI. Anda juga bisa berpartisipasi mengisi konten di JURNAL PERGURUAN TINGGI dengan mengirimkan tulisan, foto, infografis, atau pun video. Kirim tulisan Anda ke email kami: heri.purwata@gmail.com.

Berita Terkait

Image

Prodi Rekateks UII Latih Siswa SMK Muh 2 Sleman Olah Limbah Masker

Image

PSTI PI UII Undang Lima Mahasiswa Tiga Negara Ikuti 'Industrial Visit dan Cultural Immersion 2022'

Image

Siti Dinar Berhasil Rancang Optimasi Rute Distribusi Barang VRP-TW

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image