'Kraljic Matrix' Jamin UMKM Batik Peroleh Bahan Baku Berkualitas, Ini Penjelasannya

Ekonomi  
Rifandi Elfrianto Firmansyah. (foto : screenshotzoom/heri purwata)

JURNAL PERGURUAN TINGGI -- Strategi Kraljic’s Portfolio Matrix dan Teknik Berpikir Lotus Blossom menjamin pengusaha batik mendapatkan bahan baku batik berkualitas dan tepat waktu. Sehingga Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Batik memenuhi pesanan pelanggan tepat waktu dan mendapatkan keuntungan.

Itulah hasil penelitian Rifandi Elfrianto Firmansyah, mahasiswa Program Studi Teknik Industri, Program Magister Fakultas Teknologi Industri, Universitas Islam Indonesia (FTI UII). Rifandi mengangkat penelitian untuk menyusun tesis berjudul 'Perancangan Strategi Pengadaan pada UMKM Batik di Banyuwangi.'

BACA JUGA : Aplikasi 'Katakan', Bantu Orang Bergangguan Visual Kenali Lingkungan, Ini Cara Menggunakannya

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Rifandi memilih topik penelitian ini karena merasa prihatin terhadap UMKM Batik di Banyuwangi yang sering tidak mendapatkan bahan baku produksi berkualitas, pengiriman tidak tepat waktu dan bahan baku di bawah standar. Selama ini, strategi pengusaha batik di dekat tempat tinggalnya dalam pengadaan bahan baku hanya memilih yang paling murah.

"Mereka mencari ke beberapa kota yang memiliki bahan baku batik yang murah. Mereka mencari ke kota Solo dan Yogyakarta. Tetapi resikonya pengiriman bahan baku tidak tepat waktu dan kadang bahan bakunya di bawah standar," kata Rifandi kepada wartawan secara virtual, Rabu (28/12/2022).

Dalam pemaparan tesis kepada wartawan, Rifandi didampingi Ir Winda Nur Cahyo, ST, MT, PhD, IPM, Ketua Program Studi Magister Teknik Industri, FTI UII dan Dr Ir Elisa Kusrini, MT, CPIM, CSCP, SCOR-P, Dosen Pembimbing dan Dosen Jurusan Teknik Industri FTI UII.

BACA JUGA : Bahan Ajar e-Learning Selama Pandemi Covid-19 Belum Memuaskan Mahasiswa, Mengapa?

Dijelaskan Rifandi, Kraljic’s Portfolio Matrix merupakan alat strategis untuk mengidentifikasi dan meminimalkan risiko pasokan. Matrix ini terdiri dari empat kuadran yang memungkinkan perusahaan menentukan strategi pembelian yang optimal setiap jenis pembelian atau pengadaan bahan baku. "Kuadran tersebut adalah strategi, leverange, bottleneck, dan non critical," kata Rifandi.

Kuadran Strategi, kata Rifandi, meliputi kerjasama, pemilihan pemasok bahan baku yang baik, manajemen stok. Kuadran Leverage di antaranya melakukan kontrak pembelian, mengekploitasi daya beli, dan teknik permintaan. Kuadran Bottleneck meliputi manajemen stok, fokus pada pemasok, dan strategi keselamatan. Kuadran Non-Critical meliputi meminimalisir pengeluaran, metode pembelian, dan evaluasi kualitas harga.

“Item pengadaan meliputi kain mori dan pewarna (kuadran strategi), canting cap dan servis alat (kuadran laverage), malam dan waterglass (kuadran bottleneck), dan kain semi sutra (kuadran non critical),” kata Rifandi.

Penelitian ini dilakukan pada 25 industri batik yang tergabung dalam Asosiasi Kuliner, Kaos, Kerajinan, Aksesoris dan Batik Banyuwangi (AKRAB). Banyuwangi memiliki 22 motif batik yang dikerjakan 25 pengusaha batik. "Hasil penelitian ini sudah diterapkan para pengusaha batik, sehingga mereka mulai merasakan keuntungannya,” kata Rifandi.

Sementara Elisa Kusrini mengatakan adanya penelitian ini dapat memperbaiki sistem pengadaan bagi pengusaha batik di Banyuwangi, Jawa Timur. Pengusaha dapat mematok standar dan diikat dengan sistem kontrak sehingga kualitas, ketepatan waktu pengiriman dapat terjamin. “Hasil penelitian ini tidak hanya diterapkan pada pengusaha batik Banyuwangi saja. Tetapi bisa diterapkan di UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) yang lain,” tandas Elisa Kusrini. (*)

BACA JUGA : Metode SIFT Permudah Identifikasi Pelaku Kejahatan yang Terekam CCTV, Keren!

Rifandi Elfrianto dan Elisa Kusrini. (foto : screenshotzoom/heri purwata)

Ikuti informasi penting tentang berita terkini perguruan tinggi, wisuda, hasil penelitian, pengukuhan guru besar, akreditasi, kewirausahaan mahasiswa dan berita lainnya dari JURNAL PERGURUAN TINGGI. Anda juga bisa berpartisipasi mengisi konten di JURNAL PERGURUAN TINGGI dengan mengirimkan tulisan, foto, infografis, atau pun video. Kirim tulisan Anda ke email kami: [email protected].

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image