Rektor : Dekan-dekan UP 45 Harus Berkolaborasi untuk Tingkatkan Kualitas

Info Kampus  
Rektor UP 45 (tengah), Wakil Rektor III, dan Ketua Yayasan UP 45 bersama para dekan yang baru dilantik. (foto : istimewa)

JURNAL PERGURUAN TINGGI -- Rektor Universitas Proklamasi (UP) 45 Yogyakarta, Dr Benedictus Renny See, SH, SE, MH mengharapkan agar para dekan dapat berkolaborasi untuk tingkatkan kualitas pengajaran. Renny See mengungkapkan hal itu seusai melantik lima dekan periode 2023-2027 di Kampus UP 45 Yogyakarta, Jumat (31/4/2023).

Lima dekan yang dilantik adalah Dr Ir Sugeng Riyono, M Phil (Dekan Fakultas Teknik), Syamsudin, SPd, MA (Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik), Djoko Wijono, SE, MM (Fakultas Ekonomi), Dr Agustinus B Parera, SE, SH, MM, MH (Fakultas Hukum), dan Amin Al Adib, S Psi, M Psi (Fakultas Psikologi).

BACA JUGA : UP 45 Tiga Kali Dapat Amanah Seleksi Calon Pamong Caturtunggal Sleman

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Dijelaskan Renny See, berdasarkan pasal 38 Statuta UP 45 huruf i, prosesi pemilihan dekan adalah Rektor mengusulkan calon-calon kepada Yayasan. Selanjutnya, Yayasan akan mengeluarkan Surat Keputusan (SK) Pengangkatan. "Namun dalam pelaksanaan tugasnya, dekan bertanggung jawab kepada rektor," kata Renny See.

Lebih lanjut Renny See menjelaskan tugas dekan meliputi, memimpin dan menyelenggarakan pendidikan; memimpin dan menyelenggarakan penelitian; memimpin dan menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat. Selain itu, dekan juga memiliki tugas membina tenaga dosen dan tenaga kependidikan, membina staf fakultas, menjalin hubungan komunikasi dengan mahasiswa, alumni, dan pihak lain, serta bertanggung jawab seluruh operasional fakultas.

"Tugas ini kalau hanya dipegang satu orang dekan tanpa ada wakil dekan cukup berat. Tetapi saya yakin dan percaya karena ada Kaprodi, Sekretaris Prodi, mudah-mudahan kerja yang berat menjadi ringan," harap Renny See.

Selain itu, Renny See juga berharap kepada dosen-dosen senior memberikan dukungan kepada para dekan agar kualitas semakin meningkat. "Saya mengharapkan dosen-dosen senior ini tidak membiarkan dekan bekerja sendiri. Tetapi tolong dibantu. Kita hidup saling tolong menolong, saling membantu, saling mengingatkan. Kalau jalannya sudah miring tolong diingatkan," harap Rektor.

BACA JUGA : Rektor UP 45 Harapkan Wisudawan Menjadi Pribadi Kreatif dan Inovatif

Sedang Ketua Yayasan UP 45, Reslan Reza mengharapkan kerjasama untuk meningkatkan kualitas harus dilakukan dari segala lini. Yayasan, Rektorat, Fakultas, Dekanat, hingga level terendah harus saling bahu membahu. "Tidak bisa pekerjaan ini hanya menjadi tanggung jawab Yayasan saja. Tetapi harus menjadi tanggung jawab kita semua," katanya.

Reslan Reza menambahkan dengan segala keterbatasan, UP 45 harus tetap melangkah demi selangkah ke depan. Yayasan mengharapkan UP45 menjadi universitas Unggul.

"Universitas tidak akan menjadi unggul tanpa program studinya unggul. Sebab informasi yang saya dapatkan, Universitas harus bermuara dari Program Studi. Jadi harus dimulai dari Prodi yang baik, baik sekali, Unggul. Mudah-mudahan ini menjadi sebuah tonggak untuk mencapai UP 45 Unggul," kata Reza.

Sementara Sugeng Riyono, Dekan Fakultas Teknik mengatakan kerjasama antar fakultas dapat dilakukan dengan kajian-kajian isu terkini. Adanya kerjasama yang baik akan memudahkan para dosen muda untuk mendapatkan sertifikasi.

"Kolaborasi data masing-masing yang dikuatkan dengan Surat Keterangan Dekan. Sehingga hasil kolaborasi itu akan mempercepat rekan-rekan naik di LLDikti dan kenaikan pangkat hingga Lektor Kepala bisa cepat diraih," kata Sugeng. (*)

BACA JUGA : Rektor UP 45 : Mahasiswa Wajib Bekali Diri dengan Kompetensi

Ikuti informasi penting tentang berita terkini perguruan tinggi, wisuda, hasil penelitian, pengukuhan guru besar, akreditasi, kewirausahaan mahasiswa dan berita lainnya dari JURNAL PERGURUAN TINGGI. Anda juga bisa berpartisipasi mengisi konten di JURNAL PERGURUAN TINGGI dengan mengirimkan tulisan, foto, infografis, atau pun video. Kirim tulisan Anda ke email kami: [email protected].

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image