Minim Kejuaraan, UGM Awali Gelar 'UGM Softball Cup 2023'

Info Kampus  
Mahasiswa UGM berlatih untuk tampil di kejuaraan. (foto : istimewa)

JURNAL PERGURUAN TINGGI -- Kejuaraan softball antar mahasiswa sangat minim akibat pandemi Covid-19. Kini UGM mengawali menggelar kejuaraan softball bertajuk UGM Softball Cup 2023 yang akan berlangsung di Lapangan Softball Lembah UGM, Sabtu-Ahad (27/5 - 4/6/2023).

Sebanyak 12 tim softball dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia sudah menyatakan siap akan berkompetisi di UGM Softball Cup 2023. Mereka di antaranya berasal dari perguruan tinggi STT Telkom, UPI, UII, UNY, UGM, Universitas Diponegoro, Universitas Hasanuddin, dan Universitas Negeri Semarang.

BACA JUGA : Pakar Olahraga UNY : Manula Wajib Menjaga Kekuatan dan Daya Tahan Otot, Ini Tujuannya

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Dijelaskan Ketua Panitia UGM Softball Cup 2023, Muhammad Aflah Alshidqi kompetisi ini diselenggarakan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Softball dan Baseball UGM. Kejuaraan ini dibagi dua kategori yaitu putra dan putri. "Keduabelas tim tersebut terdiri dari tujuh tim putra dan lima tim putri," kata Aflah di Kampus UGM Yogyakarta, Rabu (24/5/2023).

Sistem pertandingan, tambah Aflah, menggunakan sistem setengah kompetisi. Babak penyisihan dibagi dalam beberapa pool dan mereka akan bertanding untuk menentukan juara pool. Selanjutnya, para juara pool akan bertanding di babak semifinal dan final.

BACA JUGA : Ahli Gizi UGM: Cegah Diabetes, Batasi Anak Konsumsi Makanan Manis dan Perbanyak Olahraga

Sementara Ketua UKM Softball dan Baseball UGM, Ahmad Nur Ramadhan menambahkan UGM Softball Cup 2023 sebagai wadah untuk mengembangkan dan mengembalikan eksistensi softball Indonesia. Kompetisi kali ini mengusung tema "Nityasa hurip ta aku ing sabha lwir apuy ujwala tan padem" yang artinya “Saya selalu hidup di arena bagaikan api menjulang (tinggi) tak padam”.

"Kompetisi ini diadakan sebagai langkah nyata UKM Softball dan Baseball UGM dalam memajukan dan mengembalikan semangat para atlet softball Indonesia. Karena dalam beberapa tahun terakhir ada penurunan kejuaraan softball akibat pandemi," kata Nur Ramadhan.

Lebih lanjut, Nur Ramadhan, menambahkan kejuaraan ini juga diharapkan bisa mengembangkan potensi softball yang dimiliki mahasiswa. Selain itu, bisa menumbuhkembangkan nilai-nilai sportivitas dan disiplin serta menjadi ajang promosi olahraga softball di kalangan masyarakat, khususnya Yogyakarta. (*)

BACA JUGA : Pakar UGM : Hindari Olahraga Pagi Saat Puasa, Ini Alasannya

Ikuti informasi penting tentang berita terkini perguruan tinggi, wisuda, hasil penelitian, pengukuhan guru besar, akreditasi, kewirausahaan mahasiswa dan berita lainnya dari JURNAL PERGURUAN TINGGI. Anda juga bisa berpartisipasi mengisi konten di JURNAL PERGURUAN TINGGI dengan mengirimkan tulisan, foto, infografis, atau pun video. Kirim tulisan Anda ke email kami: [email protected].

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image