Kisah Menginspirasi, Anak Petani Gunung Lawu Peroleh Beasiswa S1-S3 di UGM

Info Kampus  

Apia Dewi Agustin. (roto : istimewa)

Perekonomian keluarganya sempat goyah ketika sang ayah meninggal dunia saat Apia duduk di semester 5 jenjang S1. Untuk hidup sehari-hari mereka pun mengandalkan hasil jualan dari toko kelontong kecil yang dikelola sang ibu yang hanya lulusan sekolah dasar. “Dari jualan ibu itu ya hasilnya hanya pas-pasan saja untuk hidup sehari-hari,” kata Apia.

Kondisi ekonomi orangtuanya, ujar Apia, justru menjadi pelecut semangatnya untuk tekun belajar dan berprestasi. Sejak bangku SD hingga SMA, ia selalu menjadi bintang kelas. Peringkat pertama jarang lepas dari tangannya.

BACA JUGA : UGM Laksanakan Ujian Mandiri CBT 2023 di Lima Kota

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Ketika SMA, Apia sering mengikuti lomba dan menjadi juara umum selama tiga tahun berturut serta menjadi lulusan terbaik di salah satu SMA terbaik di daerahnya. Saat SMA pun ia mendapatkan beasiswa penuh untuk pembayaran SPP karena prestasinya tersebut.

Saat kuliah Apia tidak hanya berdiam diri. Ia aktif melakukan kerja paruh waktu dengan menjadi asisten dosen, kelas, penelitian, hingga laboratorium untuk menambah ilmu dan tentunya uang saku.

Apia tidak sekalipun merasa berkecil hati dengan segala kondisi keluarganya. Ia justru sangat bersyukur, sebab kedua orang tuanya selalu mendukungnya agr bisa meraih pendidikan setinggi mungkin. Hal itu menjadi semangat Apia untuk terus belajar tekun hingga bisa menyelesaikan studi S1 dan kembali melanjutkan studi pascasarjana di Akuntansi UGM dengan beasiswa secara penuh.

“Saya selalu ingat pesan bapak ibu. Meski orang tua tidak sekolah, anak-anak harus bisa sekolah sebab dibekali harta akan ada habisnya, tetapi jika dibekali ilmu akan abadi,” jelasnya.

BACA JUGA : Pendidikan Vokasi Mempersiapkan Mahasiswa Langsung Bisa Bekerja

Saat ini Apia tengah fokus memenuhi target-target belajarnya selama di UGM sebagai awardee PMDSU. Apia memiliki minat penelitian di bidang Akuntansi Keuangan, Sistem Informasi Akuntansi, dan Akuntansi Syariah.

Penelitiannya tentang Sistem Informasi Akuntansi wakaf yang dikerjakan bersamaan dengan proyek dosen FEB melalui dana LPDP telah mendapatkan hak kekayaan intelektual (HAKI) dari Kemenkumham. Selain fokus pada akademik, Apia juga masih sangat aktif di berbagai kegiatan sosial pendidikan dan organisasi kemasyarakatan.

“Sekalipun dari pelosok desa, anak dari seorang petani yang tidak mendapatkan akses pendidikan formal, ekonomi pas-pasan, orang tua pun juga sudah tidak lengkap, tetap jangan pernah takut untuk bermimpi besar. Kita berhak untuk bermimpi tinggi dan meraihnya. Doakan, semoga ilmu yang diperoleh berkah dan bisa selalu bermanfaat untuk sesama,” pesan Apia yang bercita-cita ingin menjadi akademisi dan peneliti.

Kisah Apia ini tentu sangat inspiratif. Latar belakang keluarga kurang mampu tidak menjadikan penghalang bagi seseorang untuk mengakses pendidikan yang tinggi di UGM. Tidak sedikit anak bangsa seperti Apia yang diterima kuliah di UGM dengan dukungan beasiswa pendidikan yang dikelola UGM untuk memperlancar proses studi hingga akhir.

Hal ini menunjukkan komitmen kuat UGM sebagai perguruan tinggi yang mendorong terwujudnya pendidikan tinggi berkualitas dan inklusif bagi semua lapisan masyarakat. Mereka terdiri masyarakat miskin, difabel, dan daerah 3T (terdepan, tertinggal, dan terluar). (*)

BACA JUGA : UGM Berikan Beasiswa kepada Mahasiswa Rp 206 Miliar/Tahun, Ini Perincianya

Ikuti informasi penting tentang berita terkini perguruan tinggi, wisuda, hasil penelitian, pengukuhan guru besar, akreditasi, kewirausahaan mahasiswa dan berita lainnya dari JURNAL PERGURUAN TINGGI. Anda juga bisa berpartisipasi mengisi konten di JURNAL PERGURUAN TINGGI dengan mengirimkan tulisan, foto, infografis, atau pun video. Kirim tulisan Anda ke email kami: [email protected].

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image