Mahasiswa UMM Kembangkan Website untuk Mewaralabakan UMKM

Teknologi  
Tim Mahasiswa Prodi Teknik Elektro UMM yang mengembagkan website Inchise.id. (foto : istimewa)

JURNAL PERGURUAN TINGGI -- Tim mahasiswa Program Studi (Prodi) Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) Jawa Timur berhasil menciptakan platform Inchise.id. Website ini dapat membantu pengusaha Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) untuk mewaralabakan usahanya.

Tim mahasiswa Teknik Elektro tersebut terdiri dari Cucu Muhammad Zahid, Husein, M Fakhri, Dami Tegar, dan Fikri Arnitio. Mereka di bawah bimbingan dosen Fakultas Teknik UMM, Basri Noor Cahyadi, ST, MSc.

BACA JUGA : UMM Potato Seeds Latih Petani Probolinggo Tingkatkan Kualitas Kentang

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Ketua Tim Mahasiswa, Cucu Muhammad Zahid menjelaskan Inchise.id merupakan platform bagi mereka yang ingin membeli franchise usaha atau mendaftarkan usaha mereka sendiri. Wadah ini berupaya untuk membantu pengusaha dalam mengembangkan bisnis mereka. "Salah satu tujuan utama platform ini adalah membantu pengusaha 'mewaralabakan' usaha mereka," kata Zahid.

Zahid menjelaskan Inchise.id berhasil lolos tahap pendanaan program Program Pembinaan Mahasiswa Wirausaha (P2MW) dari pemerintah. Namun website ini masih dalam tahap pengembangan. Sehingga pihaknya baru menerima pendaftaran UMKM food dan beverage (F&B) saja. "Ke depannya, akan kami tambah dengan kategori lain seperti jasa dan supplier,” kata Zahid.

Lebih lanjut Zahid menjelaskan program berbasis website ini dirancang khusus untuk memberikan dukungan kepada para pengusaha agar mendapatkan peluang yang lebih besar dalam mengembangkan bisnis. Website ini bukan hanya menyediakan wadah pengembangan atau rintisan, tapi juga menyajikan pelatihan, pengembangan, dan konsultasi.

BACA JUGA : Alqolam.id, Aplikasi Belajar Agama Islam bagi Anak Down Syndrome Karya Mahasiswa UMM

“Jadi Inchise.id ini bukan hanya sebuah platform pembelajaran, tetapi juga tempat di mana pengusaha dapat mendaftar untuk 'waralaba.' Ini memungkinkan mereka untuk menampilkan usaha mereka dan menerima umpan balik dari pengguna lainnya. Dengan begitu, mereka dapat terus mengembangkan bisnis mereka dengan mempertimbangkan masukan dari komunitas,” katanya.

Sementara Basri Noor Cahyadi, dosen pembimbing mengatakan akan ada berbagai hal yang akan dipelajari dalam website ini. “Karena website ini juga menerima konsultasi, maka kita juga butuh banyak UMKM untuk listing dulu sebelum memulai mentoring. Jadi kita bisa tahu apa yang harus dipersiapkan,” kata Basri.

Platform ini, tambah Basri, juga direncanakan menjadi tempat yang lebih interaktif dengan transaksi online, pelacakan on-kill, dan banyak lagi. Dalam perkembangannya, Inchise.id juga melibatkan lebih banyak orang yang ingin berkontribusi dengan memberikan informasi tentang potensi bisnis di berbagai daerah di Indonesia.

Menurut Basri, Inchise.id merupakan contoh nyata bagaimana semangat anak muda dapat menghasilkan inovasi yang menguntungkan banyak orang. Dengan visi yang jelas dan semangat untuk membantu pengusaha, mereka telah menciptakan platform yang dapat membantu siapapun dapat menuju jalan sukses dalam dunia bisnis. (*)

BACA JUGA : Mahasiswa UMM dan SP Kolaborasi Buat Prototipe Alat Pendukung Produksi Tempe

Ikuti informasi penting tentang berita terkini perguruan tinggi, wisuda, hasil penelitian, pengukuhan guru besar, akreditasi, kewirausahaan mahasiswa dan berita lainnya dari JURNAL PERGURUAN TINGGI. Anda juga bisa berpartisipasi mengisi konten di JURNAL PERGURUAN TINGGI dengan mengirimkan tulisan, foto, infografis, atau pun video. Kirim tulisan Anda ke email kami: [email protected].

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image