Bahayanya Konsumsi Minuman Bersoda Berlebihan, Kata Dosen UMM

Tips  
Minuman bersoda. (foto : istimewa)

JURNAL PERGURUAN TINGGI -- Afifa Husna, S.TP., M.T.P., M.Sc, dosen Teknologi Pangan Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) memperingatkan bahaya mengkonsumsi minuman bersoda secara berlebihan. Meneguk minuman bersoda memang menyegarkan. Apalagi, diminum ketika dalam keadaan dingin.

Afifa Husna menjelaskan minuman bersoda mengandung gas karbon dioksida (CO2). Gas ini menciptakan gelembung dan memberikan sensasi kesegaran saat diminum. “Namun, kesegaran ini sebaiknya tidak menggantikan konsumsi air putih yang tetap menjadi pilihan terbaik untuk menjaga hidrasi tubuh,” kata Afifa Husna.

BACA JUGA : Pakar Pertanian UMM : Perang Israel-Palestina Guncang Pertanian Israel

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Selain gas CO2, tambah Afifa, minuman bersoda mengandung gula yang sangat tinggi. Bahkan, jumlah gula dalam minuman soda sering kali melebihi batas harian yang direkomendasikan ahli kesehatan. "Kandungan gula yang tinggi ini memberikan rasa manis dan kenikmatan pada minuman. Namun di balik itu, terdapat risiko serius terkait kesehatan tubuh," tegasnya.

Kandungan gula yang tinggi memaksa pankreas untuk menghasilkan lebih banyak insulin guna menghilangkan glukosa dari aliran darah. Hal ini meningkatkan risiko resistensi insulin yang merupakan pemicu utama diabetes. Tak hanya itu, minuman bersoda juga dapat menurunkan kepadatan tulang.

"Kandungan gula yang tinggi dapat mengurangi densitas tulang, membuatnya lebih rentan terhadap kerapuhan. Sehingga dapat meningkatkan risiko osteoporosis," jelas dosen yang akrab disapa Ifa tersebut.

BACA JUGA : Prodi Agribisnis UMM Gali Potensi Kewirausahaan Pelajar SMA/MA

Parahnya, tingginya kadar gula dalam darah dapat mengakibatkan darah menjadi kental. Hal tersebut menyebabkan penyumbatan pembuluh darah di otak yang berpotensi memicu stroke. Sedang penyumbatan pembuluh darah bila terjadi di jantung berisiko terkena serangan jantung.

"Bukan hanya sampai di situ, kandungan gula dalam minuman bersoda juga dapat menyebabkan kerusakan pada penglihatan, sistem saraf, dan membawa berbagai masalah kesehatan lainnya. Banyak masalah kesehatan serius yang bisa ditimbulkan oleh minuman bersoda," tambahnya.

Dengan demikian, sambil tetap menikmati kesegaran minuman bersoda, penting bagi masyarakat untuk menyadari potensi dan risiko kesehatan yang terkandung di dalamnya. Kelebihan konsumsi minuman bersoda dapat membawa konsekuensi serius bagi tubuh. Karena itu, perlu adanya batasan khusus dan pemahaman menyeluruh terkait minuman bersoda.

“Sehingga, penting untuk mempertimbangkan pilihan minuman yang lebih sehat dalam menjaga kesehatan secara keseluruhan. Mungkin minuman bersoda yang biasa dikonsumsi bisa diganti dengan air dingin yang sama-sama menyegarkan,” saran Afifa.Husna (*)

BACA JUGA : Mahasiswa UMM Kembangkan Website untuk Mewaralabakan UMKM

Ikuti informasi penting tentang berita terkini perguruan tinggi, wisuda, hasil penelitian, pengukuhan guru besar, akreditasi, kewirausahaan mahasiswa dan berita lainnya dari JURNAL PERGURUAN TINGGI. Anda juga bisa berpartisipasi mengisi konten di JURNAL PERGURUAN TINGGI dengan mengirimkan tulisan, foto, infografis, atau pun video. Kirim tulisan Anda ke email kami: [email protected].

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image