Prodi Agribisnis UMM Gali Potensi Kewirausahaan Pelajar SMA/MA

Info Kampus  
Para pemenang AGRIFAIR: National Business Plan Competition. (foto : istimewa)

JURNAL PERGURUAN TINGGI -- Program Studi (Prodi) Agribisnis Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) Jawa Timur menggali potensi kewirausahaan pelajar Sekolah Menengah Atas (SMA)/Madrasah Aliyah (MA) melalui AGRIFAIR: National Business Plan Competition. Ada 78 tim SMA/MA sederajat dari seluruh Indonesia mengikuti kompetisi yang diselenggarakan Bulan September hingga final 12 Oktober 2023 lalu.

Ary Bakhtiar, SP, MSi, Ketua Program Studi Agribisnis UMM menjelaskan untuk mengikuti kompetisi, setiap tim diwajibkan mengirimkan proposal inovasi kewirausahaannya. Tim juri memutuskan hanya 20 proposal yang terpilih untuk mempresentasikan gagasannya di babak final.

BACA JUGA : Mahasiswa UMM Kembangkan Website untuk Mewaralabakan UMKM

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Kata Ary Bakhtiar, berbagai gagasan yang tertuang dalam proposal fokus pada sektor agribisnis dan teknologi di Indonesia. Mereka telah membawa semangat kewirausahaan ke tingkat yang lebih tinggi. Mereka menawarkan inovasi solutif pangan dengan strategi penjualan yang baik pula.

“Para peserta ini menjadi bukti bahwa anak muda memiliki jiwa inovatif dan bisnis yang tinggi. Semoga mereka bisa mengembangkannya dan memberikan manfaat bagi sesama,” kata Ary Bakhtiar.

Pemenang AGRIFAIR: National Business Plan Competition adalah SMA Muhammadiyah 02 Genteng, Banyuwangi, Jawa Timur sebagai juara pertama. Juara kedua, Madrasah Aliyah Husnul Khotimah dan SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi sebagai juara ketiga.

BACA JUGA : UMM Potato Seeds Latih Petani Probolinggo Tingkatkan Kualitas Kentang

SMA Muhammadiyah 2 Genteng, Banyuwangi sebagai juara mempresentasikan inovasi solutif untuk pengananan stunting melalui produk olahan nugget berbahan dasar daun kelor atau moringa oleifera. Mereka juga menggagas makanan ringan yakni snackbar dengan variasi penambahan daun kelor yang diberi nama "Moringa Island".

Monica, salah satu anggota tim SMA Muhammadiyah 02 Genteng Banyuwangi menyampaikan kebanggaannya bisa turut serta dalam kompetisi ini. Ia berharap, ajang ini menjadi penyemangat anak muda lain seusianya untuk yang menelurkan ide-ide kretif khususnya dalam hal pangan.

“Terimakasih untuk Agribisnis UMM yang mampu menghadirkan semangat baru bagi saya dan teman-teman untuk meneruskan inovasi. Harapannya bisa bermanfaat bagi kemajuan negeri. Semoga selanjutnya banyak kegiatan serupa di berbagai tempat lain,” kata Monica. (*)

BACA JUGA : Mahasiswa UMM dan SP Kolaborasi Buat Prototipe Alat Pendukung Produksi Tempe

Ikuti informasi penting tentang berita terkini perguruan tinggi, wisuda, hasil penelitian, pengukuhan guru besar, akreditasi, kewirausahaan mahasiswa dan berita lainnya dari JURNAL PERGURUAN TINGGI. Anda juga bisa berpartisipasi mengisi konten di JURNAL PERGURUAN TINGGI dengan mengirimkan tulisan, foto, infografis, atau pun video. Kirim tulisan Anda ke email kami: [email protected].

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image