Tim Mahasiswa Wirausaha 'Ezparenting' UGM Raih Emas di KMI Expo XIII, Ini Bidang Usahanya

Info Kampus  
Tim Mahasiswa Wirausaha UGM yang mengikuti KMI Expo 2022 di Surabaya. (foto : istiimewa)

JURNAL PERGURUAN TINGGI -- Tim Wirausaha Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, Ezparenting berhasil meraih medali emas pada ajang Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia (KMI) Expo XIII 2022 . Selain Tim Ezparenting, juga ada tiga tim kewirausahaan UGM yang meraih medali perak atau juara dua yaitu Beprofesion (layanan sertifikasi), Banachips (makanan dan minuman), dan Passion Bubble (jasa dan perdagangan).

KMI Expo ini diselenggarakan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (Ditjen Dikti Ristek) melalui Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa), Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset Teknologi (Kemenristek). KMI Expo 2022 diselenggarakan di Universitas Perjuangan Nasional “Veteran” Jawa Timur, Surabaya, Selasa-Jumat (22-25/11/2022). Peserta lebih dari 3.000 wirausahawan mahasiswa yang berasal dari 351 perguruan tinggi.

BACA JUGA : Inovasi Baru Cap Batik Kertas untuk Hemat Beaya Produksi, Ini Cara Membuatnya

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Tim Ezparenting ini, merupakan kelompok wirausaha mahasiswa yang bergerak pada pengembangan aplikasi parenting bagi para orangtua. Melalui aplikasi parenting, orang tua bisa memantau emosi anak-anak, serta memberikan informasi, arahan, serta layanan konseling kepada para orang tua selama masa pengasuhan terhadap anak-anak.

Hanifah, pendiri Ezparenting menjelaskan timnya terdiri dari mahasiswa Fakultas Psikologi. Mereka mendapatkan ide pembuatan aplikasi parenting setelah melihat fenomena baby blues yang dialami banyak orangtua ketika berhadapan dengan perilaku dan emosi anak yang belum stabil. “Kami terinspirasi membuat aplikasi parenting tersebut,” kata Hanifah di Yogyakarta, Rabu (30/11/2022).

Sekretaris Direktorat Direktorat Kemahasiswaan UGM, Dr Hempri Suyatna, mengatakan UGM mengirimkan delapan tim kewirausahaan untuk mengikuti tiga kategori kompetisi di antaranya adalah Pameran Usaha, KMI Award dan Lomba Pendamping. Kedelapan tim terdiri Ezparenting, LesQ, Magood, Banachips.Yummy, Passion Bubble, Sailcoo, Beprofession, dan Growlist

BACA JUGA : Integrated Reporting Bakal Jadi Kewajiban Setiap Perusahaan, Mengapa?

Tim Beprofesion, kata Hempri, merupakan kelompok wirausaha mahasiswa yang fokus pada penyedia layanan sertifikasi untuk berbagai kebutuhan seperti peningkatan skill. Tim Passion Bubble, lanjut Hempri, bergerak dalam penyediaan jasa informasi berbagai event lomba, penyelenggaraan webinar dari berbagai narasumber berpengalaman.

Sedang Tim Banachips mengembangkan usaha keripik pisang kekinian dengan berbagai varian rasa seperti coklat, matcha, balado, dan keju. “Kripik ini tidak hanya memberdayakan potensi daerah penghasil buah pisang, namun juga berupaya untuk terus berinovasi agar usahanya dapat sustain serta memberikan impact ke masyarakat sekitar,” kata Hempri.

Lebih lanjut Hempri mengatakan pengiriman delapan tim wirausaha mahasiswa ini dimaksudkan meningkatkan ketrampilan berusaha mahasiswa. "Tim wirausaha ini bertujuan meningkatkan berbagai macam skill mahasiswa dengan cara pengadaan kelas online, serta berbagi informasi dari para mahasiswa yang aktif di berbagai kegiatan baik di level nasional dan internasional,” jelas Hempri.

Selama pameran berlangsung, kata Hempri, UGM menampilkan berbagai macam produk usaha mahasiswa, demonstrasi permainan dari produk Sailcoo serta bermain games menarik sehingga ramai menarik perhatian pengunjung KMI untuk datang. "Kita ingin memberi pengalaman berkompetisi di kancah nasional, membuka wawasan untuk terus berinovasi dalam membuka peluang untuk saling berkolaborasi,” harapnya. (*)

BACA JUGA : Tips Roaida Yanti Menjadi Mahasiswa UII Berprestasi, Aktivis, Entrepreneur, dan Penulis

Ikuti informasi penting tentang berita terkini perguruan tinggi, wisuda, hasil penelitian, pengukuhan guru besar, akreditasi, kewirausahaan mahasiswa dan berita lainnya dari JURNAL PERGURUAN TINGGI. Anda juga bisa berpartisipasi mengisi konten di JURNAL PERGURUAN TINGGI dengan mengirimkan tulisan, foto, infografis, atau pun video. Kirim tulisan Anda ke email kami: [email protected]

Berita Terkait

Image

Mahasiswa KKN UGM Kembangkan Wisata Panas Bumi di Kawah Sikidang Dieng

Image

Pakar UGM: Lansia di DIY Butuh Pemberdayaan dan Pendampingan Sosial

Image

Mahasiswa UGM dan SUTD Singapura Kolaborasi Belajar Kelompok

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image