FTI UII Gelar Lomba Esai 'Andai Aku Jadi Presiden 2024'

Info Kampus  
Agus Mansur, Wakil Dekan FTI UII. (foto : screenshotzoom/heri purwata)

JURNAL PERGURUAN TINGGI -- Fakultas Teknologi Industri Universitas Islam Indonesia (FTI UII) menggelar lomba esai bagi siswa-siswi Sekolah Menengan Atas, Sekolah Menengah Kejuruan, dan Madrasah Aliyah (SMA/K/MA). Judul lomba cukup menarik dan sesuai dengan kondisi terkini yaitu ''Andai Aku Jadi Presiden 2024.'

Dr Agus Mansur, ST, M Eng Sc, Wakil Dekan bidang Sumber Daya FTI UII mengatakan lomba ini bertujuan menumbuhkan cinta Tanah Air pada anak-anak muda. Selain itu, juga untuk menumbuhkan semangat kebangsaan agar generasi muda lebih mencintai dan rela berkorban untuk kepentingan bangsa dan negara.

BACA JUGA : UII Nilai Indonesia Alami Kemunduran Demokrasi

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

"FTI UII mengambil peran aktif untuk ikut serta menumbuhkan semangat kebangssan bagi anak-anak muda, khususnya yang saat ini menempuh di pendidikan SMA/SMK/MA sederajat," kata Agus Mansur kepada wartawan melalui Zoom, Rabu (13/12/2023).

Menurut Agus Mansur, mengajarkan anak-anak muda untuk mencintai negeri banyak tantangan. Sehingga perlu strategi agar generasi muda memiliki kemampuan berpikir kritis serta mampu mendewasakan cara berpikirnya dalam berbangsa dan bernegara.

"Sebab beda generasi beda zaman kita yang ada P4 (Pedoman Pengamalan Penghayatan Pancasila, red), butir-butir Pancasila dan seterusnya. Anak-anak sekarang agak berbeda cara berpikirnya," kata Agus Mansur.

BACA JUGA : UII Inisiasi Pendirian ASEAN School of Business Network

Karena itu, kata Agus Mansur, lomba esai ini dimaksudkan untuk mengajak generasi muda, pertama, membangun mimpi-mimpinya, tentang negerinya. Kedua, membangun mimpi-mimpinya, tentang masa depannya. Ketiga, membangun mimpi-mimpinya, tentang bangsanya.

Kata Agus Mansur, lomba esainya sangat sederhana. Peserta menuliskan dan menyampaikan gagasannya, andaikan menjadi Presiden 2024 dan menjadi pengambil kebijakan dinegeri ini. Tulisan berfokus pada pengembangan teknologi industri dan teknologi informasi.

"Naskah esai dibuat dalam minimal satu halaman dengan 500 kata atau dapat sampai dengan dua halaman dan tidak lebih 1.000 kata. Batas pengumpulan naskah sampai dengan 19 Januari 2024. Pendaftaran melalui link : bit.ly/DaftarEsaiFTIUII dan panduan lomba: bit.ly/PanduanEsaiFTIUII," kata Agus Mansur.

BACA JUGA : Keuntungan Kuliah di Magister Teknik Industri UII

FTI UII menyediakan hadiah uang total Rp 15.750.000. Perinciannya, Juara 1 Rp 5.000.000, Juara 2 Rp 4.000.000, Juara 3 Rp 3.000.000. " Juara 1,2,3, selain uang tunai juga trips ke Kampus FTI UII dan Wisata di Kota Yogyakarta," kata Agus.

Sedang Juara Harapan 1 mendapatkan hadiah uang sebesar Rp 1.500.000, Juara Harapan 2 Rp 1.250.000, Juara Harapan 3 Rp 1.000.000. "Harapan kami secara umum dapat menciptakan sumber daya manusia Indonesia yang berkualitas dan unggul yang merupakan kunci untuk mencapai Indonesia emas 2045," harap Agus Mansur. (*)

BACA JUGA : UII Menyalurkan Bantuan Rp 500 Juta untuk Palestina

Ikuti informasi penting tentang berita terkini perguruan tinggi, wisuda, hasil penelitian, pengukuhan guru besar, akreditasi, kewirausahaan mahasiswa dan berita lainnya dari JURNAL PERGURUAN TINGGI. Anda juga bisa berpartisipasi mengisi konten di JURNAL PERGURUAN TINGGI dengan mengirimkan tulisan, foto, infografis, atau pun video. Kirim tulisan Anda ke email kami: [email protected].

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image