Diet Sehat Turunkan Berat Badan

Gaya Hidup  

Terus bagaimana cara diet sehat?

Menurut Rahadyana Muslichah, SGz, MSc, seorang ahli gizi dan juga Dosen Departemen Gizi Kesehatan Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan, Universitas Gadjah Mada (FKKMK UGM) memberikan sejumlah tips diet yang sehat. Saat melakukan diet, seseorang harus memperhatikan kondisi tubuhnya dan didampingi profesional atau ahli gizi.

Ia mengingatkan keberhasilan seseorang belum tentu bisa diterapkan pada orang lain. Sebab kondisi tubuh dan kebutuhan asupan makakan orang lain berbeda dengan seseorang yang sudah berhasil diet.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

“Diet untuk menurunkan berat badan tidak boleh sembarangan seperti mengikuti cara yang berhasil dipakai orang lain. Jadi tidak bisa meniru program diet yang populer dilakukan karena program diet sebisa mungkin personalized dengan mempertimbangkan kondisi klien,” pesan Rahadyana Muslichah.

Ia menyarankan program diet dibuat khusus untuk satu individu dengan tetap memperhatikan panduan gizi seimbang. Program diet juga disusun aman dan mengganggu fungsi tubuh serta individu tersebut tetap bisa menjalankan aktivitas sehari-hari secara optimal.

Sebelum menjalankan diet, seseorang seharusnya berkonsultasi dengan profesional. Sebab diet tidak hanya sekedar menurunkan berat badan hingga posisi ideal. Namun, diet juga harus memperhatikan komposisi tubuh seperti persentase lemak maupun otot.

Konsultasi ke profesional dimaksudkan untuk menyusun program diet setelah melalui rangkaian asesmen secara komprehensif. Di antaranya, mencari penyebab berat badan berlebih yang ditelusuri melalui pola/kebiasaan makan dan pola aktivitas sehari-hari.

Hasil asesmen ini akan memudahkan profesional membantu dalam menyusun program diet yang sesuai dengan kondisi tubuh. Menu diet yang disusun pun disesuaikan dengan kemampuan individu tersebut. Seperti anggaran terbatas maka akan diberikan contoh bahan makan yang terjangkau.

Sedang program yang disusun bersifat jangka panjang, terutama memperbaiki pola makan untuk mengurangi asupan energi secara bertahap. Ia menyaranlan untuk memilih protein rendah lemak seperti, ikan, daging putih, telur, dan susu rendah lemak.

Selain itu, seseorang yang sedang diet wajib memenuhi kebutuhan karbohidrat dengan berbagai varian. Karbohidrat tidak hanya nasi putih saja, tetapi divariasikan dengan bahan pangan lain seperti singkong, ubi, atau beras merah yang mengandung serat. Serta memperbanyak konsumsi sayur dan buah.

Selain pola makan, Rahadyana Muslichah juga menyarankan untuk tetap berolahraga agar badan tetap sehat. “Penurunan berat badan yang sehat antara 0,5-1 kilogram setiap pekannya,” katanya. (*)

Empal Genthong, menu makanan yang membuat nafsu makan tak terkendali. (foto : heri purwata)

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image