Gowes Para Rektor Pererat Kerjasama Antar PT di DIY

Info Kampus  
Peserta Gowes Para Rektor mendapat pengarahan sebelum berangkat di Kantor LLDikti Wilayah V DIY, Ahad (22/5/2022). (foto : istimewa)

JURNAL PERGURUAN TINGGI -- Kehadiran Gowes Para Rektor Perguruan Tinggi ((PT) di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dapat mempererat kerjasama antar perguruan tinggi swasta (PTS). Gowes Para Rektor putaran kelima dilaksanakan Ahad (22/5/2022), diikuti 100 goweser yang terdiri para rektor, dosen, tenaga pendidik, mantan Kepala Kopertis V, dan Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Yogyakarta.

Rektor yang ikut di antaranya, Prof Dr Edy Suandi Hamid MEc, Rektor Universitas Widya Mataram (UWM); Prof Fathul Wahid ST, MSc, PhD, Rektor Universitas Islam Indonesia (UII); Rektor Institut Sains & Teknologi AKPRIND (IST AKPRIND), Dr Edhy Sutanta, ST, MKom. Kemudian Kepala LLDikti Wilayah V, Prof drh Aris Junaidi, PhD, dan para mantan Koordinator Kopertis V Prof Dr Ir Budi Santoso Wignyosukarto, Dip HE; Bhimo Widyo Andoko SH MH, Prof Didi Ahjari, serta Prof Bambang Supriyadi.

Gowes Ahad (22/5/2022), menempuh jarak kurang lebih 19 kilometer yang dimulai dari Kantor LLDikti V Yogyakartadi Jalan Tentara Pelajar Yogyakarta. Gowes dilepas Kepala LLDikti Wilayah V DIY, Prof Aris Junaidi. Kemudian para goweser menyusuri Jalan Magelang menuju ke kampus Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi (STIA) atau dulu AAN Akademi Administrasi Negara (AAN), Sekolah Tinggi Maritim Yogyakarta (STIMARYO).

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Selanjutnya, goweser melanjutkan perjalanan menuju kampus Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Solusi Bisnis Indonesia (STIE SBI), Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Yayasan Keluarga Pahlawan Negara (STIE YKPN), Institut Teknologi Nasional Yogyakarta (ITNY), Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY), Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW).

BACA JUGA : Aptisi DIY Gelar PMB Bersama via Jogjaversitas.id

Pada kampus tertentu, para goweser berhenti sejenak untuk menikmati kudapan ringan yang disedikan pengelola masing-masing kampus. Terakhir, goweser singgah di Kampus Institut Sains & Teknologi AKPRIND (IST AKPRIND) Yogyakarta.

Gowes Para Rektor ini bertepatan dengan bulan Syawal 1443 H, sehingga kesempatan ini digunakan untuk Syawalan dan Reuni Akbar. Edy Suandi Hamid, Ketua Gowes Para Rektor, mengucapkan selamat Idul Fitri, dan mendoakan para kolega yang menjalani puasa selama Ramadan 1443 H/2022 M serta ibadah lainnya diterima Allah SWT. “Dengan ini saya mengucapkan selamat Idul Fitri, maaf lahir batin, taqabbalalhu minna waminum,” kata Edy.

Selain itu, Edy Suandi Hamid menegaskan Gowes Para Rektor ini makin mengukuhkan eksistensi para penyelenggara pendidikan dan dan asosiasi-asosiasi perguruan tinggi di DIY. Ajang ini secara informal dapat digunakan untuk mempererat kerjasama antar perguruan tinggi di DIY.

Sedang Rektor UII yang juga Ketua Asosiasi Perguruan Tinggi Islam (APTISI) DIY, Fathul Wahid menyatakan, silaturahmi gowes ini sangat membumi dan terus meluaskan jejaring di kalangan penyelenggara perguruan tinggi. Ia sangat respek dengan gowes ini karena ajang olahraga ini bisa mempertemukan para tokoh pendidikan.

"Suatu kenyataan luar biasa ketika lima koordinator Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi wilayah V bisa bergabung di gowes. Saya meyakini, guyup-nya gowes adalah bagian dari proses menciptakan Jogja Berhati Nyaman,” kata Fathul Wahid.

Sementara tuan rumah Gowes Para Rektor putaran kelima, Institut Sains & Teknologi AKPRIND (IST AKPRIND) Yogyakarta. Rektor IST Akprind Dr Edhy Sutanta, ST, MKom menyatakan, gowes ini menjadi forum yang sangat kondusif untuk bersinergi dan berkolaborasi antar perguruan tinggi.

Selanjutnya, Gowes Para Rektor putaran keenam dijadwalkan 23 Juli 2022 dengan tuan rumah Universitas Islam Indonesia (UII). Kemudian putaran ketujuh, Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan (STTKD) menjadi tuan rumah pada gowes Bulan September 2022. (*)

BACA JUGA : APTISI Yogyakarta Mencari Solusi Atasi Klithih

Ikuti informasi penting tentang berita terkini perguruan tinggi, wisuda, hasil penelitian, pengukuhan guru besar, akreditasi, kewirausahaan mahasiswa dan berita lainnya dari JURNAL PERGURUAN TINGGI. Anda juga bisa berpartisipasi mengisi konten di JURNAL PERGURUAN TINGGI dengan mengirimkan tulisan, foto, infografis, atau pun video. Kirim tulisan Anda ke email kami: [email protected].

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image