84 Proposal UGM Mendapat Pendanaan PKM 2022

Info Kampus  
Gedung Pusat UGM Yogyakarta. (foto : heri purwata)

JURNAL PERGURUAN TINGGI -- Sebanyak 84 proposal dari mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta mendapat pendanaan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Riset Teknologi (Kemendikbudristek). UGM berhasil menempati peringkat pertama sebagai perguruan tinggi yang mendapatkan pendanaan terbanyak.

"Total ada 84 proposal dari UGM yang memeroleh pendanaan PKM 2022 di delapan bidang," kata Kepala Subdirektorat Kreativitas Mahasiswa Direktorat Kemahasiswaan UGM, Suherman, PhD di Yogyakarta, Sabtu (11/6/2022).

BACA JUGA : International Student Mobility untuk Ciptakan Agile Global Leader

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Lebih lanjut dijelaskan Suherman, dalam pengumuman pendanaan PKM 2022 Ditjen Dikti Kemdikbud Ristek, UGM berada di peringkat pertama dengan 84 proposal. Kemudian disusul Institut Pertanian Bogor (IPB) dengan 62 proposal, Institut Teknologi Surabaya (ITS) 59 proposal, Universitas Brawijaya (Unbraw) 51 proposal dan Universitas Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) 45 proposal.

UGM, kata Suherman, mengajukan sebanyak 400 proposal PKM untuk delapan bidang. Namun hanya 84 proposal di delapan bidang yang berhasil lolos mendapatkan pendanaan.

BACA JUGA : Prodi DHI UII Dapat Visiting Doctor dari IAIN Batusangkar

Suherman memerinci, 84 proposal PKM yang memperoleh pendanaan meliputi delapan proposal PKM bidang Kewirausahaan (PKM-K), 14 proposal PKM bidang Karsa Cipta (PKM-KC). Kemudian tujuh proposal PKM bidang Video Gagasan Konstruktif (PKM-VGK), 22 proposal PKM Riset Eksakta (PKM-RE), 15 proposal Riset Sosial Humaniora (PKM-RSH).

Selanjutnya, empat proposal PKM bidang Penerapan Iptek (PKM-PI), 12 proposal PKM bidang Pengabdian Masyarakat (PKM-M) dan dua proposal PKM Karya Inovatif (PKM-KI). "Sedang PKM Karya Tulis masih dalam proses penilaian di Dikti," kata Suherman.

Suherman bersyukur atas capaian sebagai universitas terbanyak nasional mendapat pendanaan PKM. Hasil ini tidak lepas dari kerja keras mahasiswa dan dukungan pimpinan universitas, fakultas, dosen pembina dan pendamping PKM UGM. "Tantangan ke depan PKM yang didanai bisa serius dalam pelaksanaan program. Sehingga akan memiliki peluang lolos PIMNAS ke-35 tahun 2022," pesan Suherman. (*)

BACA JUGA : Hambat PMK, Tim Fakultas Peternakan UGM Lakukan Biosecure pada 50.000 Sapi

Ikuti informasi penting tentang berita terkini perguruan tinggi, wisuda, hasil penelitian, pengukuhan guru besar, akreditasi, kewirausahaan mahasiswa dan berita lainnya dari JURNAL PERGURUAN TINGGI. Anda juga bisa berpartisipasi mengisi konten di JURNAL PERGURUAN TINGGI dengan mengirimkan tulisan, foto, infografis, atau pun video. Kirim tulisan Anda ke email kami: heri.purwata@gmail.com.

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image