UGM dan Kirikkale University Turki Jalin Kerjasama

Info Kampus  
Rektor UGM, Prof Ova Emilia saat berkunjung ke Kirikkale University (KU) Turki. (foto : istimewa)

JURNAL PENDIDIKAN TINGGI -- Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta dan Kirikkale University (KU) Turki sepakat menjalin kerjasama di bidang pendidikan dan riset berupa program pertukaran mahasiswa, pembukaan program double degree, kolaborasi riset, join project dan penyelenggaran summer course. Kesepakatan tersebut dicapai saat Rektor UGM, Prof dr Ova Emilia, MMed, SpOG (K), PhD, melakukan kunjungan kerja ke Kirikkale University, Turki, Senin-Rabu (4-6/7/2022).

“Kita ingin melakukan internasionalisasi program studi untuk mendapatkan lebih banyak inbound mobility baik mahasiswa, dosen dan peneliti dari kerja sama yang dikembangkan,” kata Rektor UGM di Yogyakarta, Rabu (13/7/2022).

BACA JUGA : UWM dan NIU Kerjasama Kembangkan Pendidikan untuk Semua

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Dijelaskan Rektor UGM, kunjungan ke Kirikkale University bertujuan untuk menjangkau negara-negara Eropa Timur dan Tengah dalam meningkatkan Kerjasama Tri Dharma Perguruan Tinggi dan kemitraan. Selain itu, kunjungan tersebut sekaligus studi banding kemitraan dengan universitas dan industri yang menonjol di Turki.

UGM, kata Ova, ingin memposisikan diri sebagai tujuan benchmark dan multi-Discipline Centre of Excellence bagi universitas di negara-negara berkembang di Eropa Timur, Eropa Tengah dan mitra terkait. “Kita juga menyusun strategi hilirisasi seperti yang dilakukan universitas di turki untuk bekerja sama dan mengimplementasikan keilmuan di bidang industri,” katanya.

Dalam kunjungan tersebut, UGM mendapat pengalaman dalam pengembangan hilirisasi riset ke industri. Salah satu kebijakan Kirikkale University (KU) yang menjalin kemitraan dengan industri dengan mewajibkan para peneliti untuk mengajukan proposal penelitian yang dapat diterima dan sesuai dengan kebutuhan industri atau lembaga mitra.

"Kerja sama ini bisa dilakukan pengembangan kemitraan antara UGM dan KU dengan universitas mitra dari negara Polandia, Slovakia, Algeria, Bulgaria, Masedonia. Selain itu, juga dengan jaringan mitra industri dan kampus dari Kirikkale University network," kata Ova.

BACA JUGA : Rektor UWM : Jadikan Akreditasi Perguruan Tinggi Sebagai Kesadaran, Bukan Kepatuhan

Ova menyebutkan beberapa peluang kerjasama yang bisa dilakukan beberapa fakultas di UGM. Di antaranya, bidang kedokteran dan kesehatan. KU memiliki dua rumah sakit dan satu di antara 47 sekolah kedokteran yang ada di Turki.

Selanjutnya di bidang pertanian dan peternakan, beberapa fakultas yang tergabung dalam agrokompleks seperti Fakultas Kedokteran Hewan, Peternakan, Kehutanan dan Teknologi Pertanian bisa membuka kerja sama. Sebab perguruan Turki tersebut memiliki kerja sama global di bidang tersebut. “FIB (Fakultas Ilmu Budaya) UGM, saya kira bisa menjalin kerja sama dengan dengan fakultas bahasa asing yang dimiliki KU yang mengajarkan prodi bahasa turki dan bahasa arab,” katanya.

Direktorat Pengembangan Usaha dan Inkubasi (PUI) UGM diharapkan juga membuka peluang kerja sama. Terutama dalam pengembangan hilirisasi hasil inovasi riset ke industri karena universitas Kirikkale University memiliki taman sains dan industri, Kırıkkale University Techno Park. (*)

BACA JUGA : FT UGM dan ThorCon Kerjasama Desain Keselamatan PLTN

Rektor UGM dan rombongan mendapat sambutan pimpinan Kirikkale University (KU). (foto : istimewa)

Ikuti informasi penting tentang berita terkini perguruan tinggi, wisuda, hasil penelitian, pengukuhan guru besar, akreditasi, kewirausahaan mahasiswa dan berita lainnya dari JURNAL PERGURUAN TINGGI. Anda juga bisa berpartisipasi mengisi konten di JURNAL PERGURUAN TINGGI dengan mengirimkan tulisan, foto, infografis, atau pun video. Kirim tulisan Anda ke email kami: [email protected]

Berita Terkait

Image

Mahasiswa KKN UGM Kembangkan Wisata Panas Bumi di Kawah Sikidang Dieng

Image

Pakar UGM: Lansia di DIY Butuh Pemberdayaan dan Pendampingan Sosial

Image

Mahasiswa UGM dan SUTD Singapura Kolaborasi Belajar Kelompok

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image