Tim Mahasiswa Universiti Malaya Malaysia Juarai Statistika Enthusiastic 2022

Teknologi  
Presentasi Statistika Enthusiastic 2022 secara virtual yang diselenggarakan Prodi Statistika FMIPA UII. (foto : istimewa)

JURNAL PERGURUAN TINGGI -- Tim Mahasiswa Universiti Malaya Malaysia yang dipimpin Myat Noe Win menjadi juara Statistika Enthusiastic 2022 yang diselenggarakan Program Studi Statistika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Islam Indonesia (FMIPA UII). Sedang juara kedua diraih tim mahasiswa Universitas Padjajaran (Unpad) Indonesia yang dipimpin Echa Anastasya Prionggo dan juara tiga tim mahasiswa Universiti Tunku Abdul Rahman Malaysia yang dipimpin She Khah May.

Juara pertama mendapatkan hadiah uang pembinaan sebesar Rp Rp 2.000.000/400 MYR/3400 THB dan Certificate. Juara kedua memperoleh Rp 1.800.000/350 MYR/2700 THB dan Certificate. Sedang juara ketiga mendapatkan Rp 1.500.000/300 MYR/2200 THB dan Certificate.

BACA JUGA : Visiting Professor, Prodi Statistika UII Tingkatkan Mobilitas Internasional

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

"Juara 4-10 mendapatkan uang penghargaan Rp 700.000/200 MYR/1500 THB dan Certificate. Juara 11-30 mendapatkan honorable prize Rp 500.000/150 MYR/1100 THB dan Certificate," kata Muhammad Muhajir, SSi, MSc, Ketua Panitia Statistika Enthusiastic 2022 di Yogyakarta, Rabu (27/7/2022).

Dijelaskan Muhammad Muhajir, Statistika Enthusiastic 2022 mengangkat tema 'Advances on Applied Statistics and Data Science' dengan agenda tunggal Asia Paper Competition 2022. Peserta ada 160 tim dari mahasiswa perguruan tinggi di Asia, di antaranya, Indonesia, Malaysia, Thailand, Cina, Brunei Darussalam,Vietnam, Philippines, Cina, Sri Lanka, India, Iraq, dan Bangladesh.

Ada tuga juri pada babak final presentation yaitu pertama, Prof Andang Sunarto, PhD, Fakultas Tarbiyah dan Tadris Prodi Tadris Matematika Universitas Islam Negeri (UIN) Fatmawati Sukarno Bengkulu. Kedua, Dr Waidah Ismail Faculty of Science and Technology Universiti Sains Islam Malaysia (USIM). Ketiga, Dr Atina Ahdika, SSi, MSi dari Prodi Statistika Universitas Islam Indonesia (UII).

Muhammad Muhajir menambahkan ada empat syarat untuk menjadi peserta. Pertama, makalah adalah hasil penelitian original dan belum pernah diterbitkan dan/atau dikirimkan kemanapun event/jurnal/konferensi. Kedua, peserta merupakan mahasiswa aktif Strata Satu (S1) dari seluruh Perguruan Tinggi luar negeri. Ketiga, satu tim terdiri dari 2-3 mahasiswa aktif dari perguruan tinggi yang sama (boleh berbeda program studi/fakultas) disertai dosen pembimbing. Keempat, setiap tim diperbolehkan mengirimkan maksimum tiga makalah dengan ketua yang berbeda.

BACA JUGA : Prodi Statistika UII Dampingi Pengelolaan Administrasi Desa Wisata Mendiro

Kompetisi ini, kata Muhammad Muhajir, dilatarbelakangi perkembangan jenis data yang sangat beragam, serta ledakan kuantitas data yang dapat menaikkan ukuran data secara eksponensial telah mendorong munculnya Big Data. Fenomena Big Data tidak hanya meliputi ukuran (volume) saja, namun juga merangkumi jenis (variety), keberagaman (veracity), dan kecepatan (velocity).

Hal ini mendorong para ilmuwan data (Data Scientist) untuk menemukan metode yang paling robust guna mendukung sistem-sistem pembuat keputusan yang dapat menghasilkan rekomendasi secara cepat dan akurat. Dalam menganalisis Big Data, seringkali ada istilah data science yang mencakup kaedah-kaedah dalam penyiapan data (data preparation), pembersihan data (data cleansing),penggabungan (data merging), manipulasi data (data manipulation), penggalian informasi (data mining), serta interpretasi dan visualisasi (interpretation and visualization).

Metode dalam data science tidak akan pernah lepas dari tool tradisional,yang tetap ampuh terbukti dapat menangani Big data, jika dibandingkan model soft computing dan/atau machine learning lainnya, yaitu metode yang berbasis ilmu statistika. "Kajian tentang penggunaan statistika untuk data science sedang mencapai puncak tren penelitian jika dibandingkan dengan aplikasi statistika pada bidang-bidang lainnya," kata Muhammad Muhajir.

Tujuan Statistika Enthusiastic 2022 , kata Muhammad Muhajir, sebagai forum untuk sharing pengetahun dan mendapatkan insight penelitian terbaru berkaitan dengan statistik pada berbagai bidang. Di antaranya, actuarial science, big data analytics, bio statistics, data architecture for new business, data science, data science in new business post Covid-19 pandemic, statistical approach in disaster mitigation and management, statistical measurement in online business process and academic, statistics for covid-19 data analytics, statistics for economy and business, statistics for education, statistics for health, statistics for industry, statistics for social sciences, survival analysis, theoretical statistics, dan other related fields. (*)

BACA JUGA : Prodi Statistika UII Terima Kunjungan Studi Banding dari ULM

Ikuti informasi penting tentang berita terkini perguruan tinggi, wisuda, hasil penelitian, pengukuhan guru besar, akreditasi, kewirausahaan mahasiswa dan berita lainnya dari JURNAL PERGURUAN TINGGI. Anda juga bisa berpartisipasi mengisi konten di JURNAL PERGURUAN TINGGI dengan mengirimkan tulisan, foto, infografis, atau pun video. Kirim tulisan Anda ke email kami: heri.purwata@gmail.com.

Berita Terkait

Image

127 Mahasiswa Dapat Pengalaman International Mobility dari Prodi Statistika UII

Image

Tiga Dosen Kimia UII Kembangkan Fotokatalis untuk Atasi Limbah Batik

Image

Prof Khang Tsung Fei : Perlu Mendesain Penelitian Statistik untuk Kesehatan

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image