127 Mahasiswa Dapat Pengalaman International Mobility dari Prodi Statistika UII

Teknologi  
Program Global Engagement Grant Prodi Statistika FMIPA UII Yogyakarta. (foto : istimewa)

JURNAL PERGURUAN TINGGI -- Sebanyak 127 mahasiswa dari Indonesia, Malaysia, Nigeria, Cina, dan Yaman mendapat pengalaman International Mobility dari Program Studi (Prodi) Statistika, Fakultas Matematika Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Islam Indonesia (FMIPA UII) dengan mengikuti short course Enthusiastic Internationl Lecture. Short course yang mengangkat tema The Future Statistics and Data Science menghadirkan dosen Prof Dr Khang Tsung Fei dari Universiti Malaya, Kuala Lumpur dan Dr RB Fajriya Hakim dari UII.

Dina Tri Utari, SSi, MSc, Koordinator International Mobility Prodi Statistika UII mengatakan hal tersebut di sela-sela short course di Statistics Disaster Management Laboratory Prodi Statistika Fakultas Matematika Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Islam Indonesia (FMIPA UII), Rabu (3/8/2022). Short course ini dilaksanakan secara hybrid yaitu sebagian mengikuti luar jaringan di Kampus UII, dan sebagian lain mengikuti secara virtual.

BACA JUGA : Prof Khang Tsung Fei : Perlu Mendesain Penelitian Statistik untuk Kesehatan

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Dijelaskan Dina Tri Utari, mahasiswa yang bisa mengikuti short course ini memiliki latar belakang Prodi statistika, matematika, informatika, teknik industri, dan manajemen. "Dalam pendaftaran peserta, kami mewajibkan mahasiswa untuk melampirkan foto kartu mahasiswa. Ini akan kami daftarkan ke Dikti agar dapat diakui sebagai kegiatan international mobility," kata Dina.

Lebih lanjut Dina menjelaskan pertimbangan tema short course 'The Future Statistics and Data Science,' karena beberapa tahun ini banyak lowongan pekerjaan untuk ilmuwan data (data science) meningkat dramatis. Hal ini didorong oleh peningkatan eksponensial data di industri dan bisnis modern. Jadi banyak data dan butuh seseorang atau data scientist yang bisa mengolah data tersebut.

Short course selama dua minggu ini bertujuan untuk memberikan gambaran kepada peserta tentang metode untuk mendekati masalah ilmu data. Peserta akan belajar bagaimana mengambil data dari database untuk eksplorasi menggunakan MySQL dan dianalisa menggunakan R/Python. Eksplorasi data, pra-pemrosesan, dan metode reduksi dimensi kemudian diperkenalkan untuk membantu mahasiswa menangani data multivariabel untuk analisis akhir.

BACA JUGA : Tim Mahasiswa Universiti Malaya Malaysia Juarai Statistika Enthusiastic 2022

Setelah itu, beberapa model yang berguna untuk klasifikasi dan regresi, termasuk model ensemble, akan diperkenalkan. Terakhir, demonstrasi penerapan model dalam aplikasi berbasis web melalui aplikasi git dan flask akan disediakan. Short course ini mendapat pendanaan Global Engagement Grant dari Kantor Urusan Internasional UII. "Short course ini cocok untuk mahasiswa dengan latar belakang statistika, matematika, dan beberapa pengalaman pemrograman dalam R atau Python," kata Dina. (*)

BACA JUGA : Prodi Statistika UII Gelar Workshop ‘Applied Statistics in Medicine’

Mahasiswa mendapatkan short course dari Prof Khang Tsung Fei. (foto: heri purwata)

Ikuti informasi penting tentang berita terkini perguruan tinggi, wisuda, hasil penelitian, pengukuhan guru besar, akreditasi, kewirausahaan mahasiswa dan berita lainnya dari JURNAL PERGURUAN TINGGI. Anda juga bisa berpartisipasi mengisi konten di JURNAL PERGURUAN TINGGI dengan mengirimkan tulisan, foto, infografis, atau pun video. Kirim tulisan Anda ke email kami: heri.purwata@gmail.com.

Berita Terkait

Image

STUNTECH, Aplikasi Deteksi Dini Stunting Karya Mahasiswa UGM

Image

Tiga Dosen Kimia UII Kembangkan Fotokatalis untuk Atasi Limbah Batik

Image

Prof Khang Tsung Fei : Perlu Mendesain Penelitian Statistik untuk Kesehatan

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image