Prof Khang Tsung Fei : Perlu Mendesain Penelitian Statistik untuk Kesehatan

Teknologi  
Prof Khang Tsung Fei saat menyampaikan materi pada Workshop 'Applied Statistics in Medicine,' di Prodi Statistika FMIPA UII Yogyakarta, Selasa (2/8/2022).(foto : heri purwata)

JURNAL PERGURUAN TINGGI -- Prof Dr Khang Tsung Fei, Pakar Statistik dari Institute of Mathematical Science Universiti Malaya Center for Data Analytics Malaysia menandaskan perlu mendesain penelitian statistik kesehatan yang bagus agar diperoleh hasil yang optimal. Sebab jika desain penelitian jelek, data tidak akan dapat diolah, sekali pun oleh ahli statistik terbaik.

Prof Dr Khang Tsung Fei mengemukakan hal tersebut pada workshop 'Applied Statistics in Medicine,' di Statistics Disaster Management Laboratory Prodi Statistika Fakultas Matematika Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Islam Indonesia (FMIPA UII), Selasa (2/8/2022). Workshop yang dilaksanakan secara hybrid ini diperuntukan bagi seluruh dosen Prodi Statistika, dosen Prodi Farmasi, dosen Prodi Kedokteran, serta mahasiswa.

BACA JUGA : Tim Mahasiswa Universiti Malaya Malaysia Juarai Statistika Enthusiastic 2022

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Prof Khang menilai perlu ada kolaborasi antara ahli statistik dan peneliti bidang kesehatan atau rumah sakit untuk mendesain penelitian. Sehingga variabel-variabel yang dibutuhkan ahli statistik bisa terekam dan sesuai dengan tujuan penelitian.

Sedang Sekretaris Prodi Statistika, Muhammad Hasan Sidiq K, SSi, MSc menambahkan jika data-data kesehatan yang tersedia di rumah sakit tidak dimaksudkan untuk diolah menggunakan ilmu statistik. Selama ini, mahasiswa mengambil data medis di rumah sakit tanpa mengetahui latar belakang pengumpulan data tersebut.

"Misalnya, penelitian mahasiswa yang ingin mengetahui kesembuhan Covid. Mahasiswa mengambil data sendiri yang menurutnya berhubungan dengan Covid, tanpa mendesain terlebih dahulu, seperti mengumpulkan variabel-variabel ini. Sehingga hasilnya pun tidak tepat," kata Hasan.

Hasan menjelaskan workshop yang menghadirkan Prof Khang Tsung Fei ini merupakan rangkaian international mobility Prodi Statistika FMIPA UII. Karena Prodi Statistika UII sudah terakreditasi internasional ASIIN (Akkreditierungsagentur für Studiengänge der Ingenieurwissenschaften, der Informatik, der Naturwissenschaften und der Mathematik). ASIIN merupakan lembaga akreditasi internasional berasal dari Jerman.

BACA JUGA : Prodi Statistika UII Dampingi Pengelolaan Administrasi Desa Wisata Mendiro

"Beberapa saran dari beberapa reviewers, salah satunya adalah mobilitas internasional di Prodi Statistika perlu ditingkatkan. Sehingga kami mendatangkan beberapa nara sumber dari luar. Karena pandemi sudah mereda, kami menghadirkan nara sumber untuk mengajar di kampus sini," kata Hasan.

Sesi kali ini, kata Hasan, untuk dosen, karena beberapa waktu lalu sudah dimulai sesi dengan mahasiswa. Intinya kehadiran Prof Khang Tsung Fei ini untuk meningkatkan mobilitas internasional dosen dan mahasiswa.

Pemilihan topik workshop ini, jelas Hasan, karena kurikulum baru Prodi Statistika UII menambah satu konsentrasi yaitu bioinformatika di program sarjana. Bioinformatika merupakan salah satu cabang ilmu statistik yang membahas tentang data-data yang berkaitan dengan kesehatan.

Sebab sebelum kurikulum baru diterapkan, sudah banyak tugas akhir mahasiswa dan penelitian dosen yang terkait dengan kesehatan masyarakat. tetapi belum terwadahi. Sehingga Prodi Statistika UII menambah satu konsentrasi bioinformatika.

Namun di sisi lain, tambah Hasan, para dosen belum menjadi pakar. Sehingga Prodi Statistika UII perlu menambah wawasan, khususnya bagi dosen terkait dengan aplikasi statistik di dunia kesehatan. Dan diharapkan ketika para dosen memberikan materi kuliah bioinformatika kepada mahasiswa sudah memiliki bekal. (*)

BACA JUGA : Prodi Statistika UII Sukses Gelar ‘Statistika Enthusiastic 2022’

Dosen-dosen Prodi Statistika FMIPA UII sedang mengikuti Workshop 'Applied Statistics in Medicine,' (foto : heri purwata)

Ikuti informasi penting tentang berita terkini perguruan tinggi, wisuda, hasil penelitian, pengukuhan guru besar, akreditasi, kewirausahaan mahasiswa dan berita lainnya dari JURNAL PERGURUAN TINGGI. Anda juga bisa berpartisipasi mengisi konten di JURNAL PERGURUAN TINGGI dengan mengirimkan tulisan, foto, infografis, atau pun video. Kirim tulisan Anda ke email kami: heri.purwata@gmail.com.

Berita Terkait

Image

127 Mahasiswa Dapat Pengalaman International Mobility dari Prodi Statistika UII

Image

Tiga Dosen Kimia UII Kembangkan Fotokatalis untuk Atasi Limbah Batik

Image

Tim Mahasiswa Universiti Malaya Malaysia Juarai Statistika Enthusiastic 2022

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image