Sarapan Gratis untuk Mahasiswa UGM Selama Ujian Semester

Info Kampus  
Kantor Pusat Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta. (foto : istimewa)

JURNAL PERGURUAN TINGGI -- Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta menyediakan sarapan gratis bagi mahasiswanya selama ujian semester. Sarapan gratis ini telah dilakukan sejumlah fakultas, di antaranya, Fakultas Biologi, FISIPOL, Fakultas Pertanian, dan fakultas lainnya dalam beberapa waktu terakhir.

Fasilitas sarapan gratis ini diberikan untuk mendukung kesehatan, khususnya pemenuhan gizi mahasiswa saat melaksanakan ujian. Sarapan gratis ini sebagai bagian dari upaya kampus dalam mewujudkan kesehatan bagi mahasiswa.

BACA JUGA : UGM Kembali Menjadi Juara Umum PIMNAS 2023

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Dekan Fakultas Biologi UGM, Prof Dr Budi S Daryono, MAgr, Sc, mengungkapkan sejak tahun 2022 lalu pihaknya telah menyediakan sarapan gratis bagi mahasiswa yang tengah menjalani ujian tengah semester (UTS) dan ujian akhir semester (UAS). Program ini dinamakan SAPA PAGI (Sarapan Pagi) dan menyediakan 200 porsi sarapan setiap harinya dengan menu yang beragam.

Mahasiswa, kata Budi S Daryono, bisa mendapatkan sarapan gratis selama periode ujian termasuk seperti UAS, Senin-Jumat (4-15/12/2023). Untuk mendapatkan sarapan pagi, mahasiswa menunjukkan kartu ujian atau KTM.

Budi mengungkapkan penyediaan sarapan gratis ini terinspirasi dari pengalamannya saat menjadi mahasiswa S1. Kala itu, ada temannya yang pingsan saat ujian akhir semester akibat tidak sempat sarapan.

BACA JUGA : UGM Dampingi Kabupaten Berau Entaskan Desa Tertinggal

“Karenanya kami berinisiatif untuk menyediakan SAPA PAGI bagi seluruh mahasiswa Fakultas Biologi baik Program Sarjana dan Pascasarjana yang sedang mengikuti UTS atau UAS di kampus,” tutur Budi S Daryono.

Budi S Daryono pun berharap program sarapan pagi dapat menambah stamina mahasiswa selama ujian. Selain itu, juga menambah semangat dan motivasi belajar menghadapi ujian.

Upaya untuk mendukung kesejahteraan mahasiswa selama ujian semester juga dilakukan Fakultas Pertanian, namanya, Pondasi. Saat pelaksanaan ujian akhir semester, Senin-Selasa (4-19/12/2023), Fakultas Pertanian menyediakan total 10.000 porsi sarapan gratis.

BACA JUGA : Rachma Wikandari, Dosen UGM Juara 2 Young Scientist Award

Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Fakultas Pertanian UGM, Dr Dyah Weny Respatie, SP, MSi, menyampaikan penyediaan sarapan gratis ini bertujuan agar mahasiswa bisa lebih fokus dalam persiapan ujian. Mereka tidak tergesa-gesa mencari atau menyiapkan sarapan terlebih dahulu sebelum mengikuti UAS. Di samping itu, program Pondasi bertujuan untuk menumbuhkan empati antar mahasiswa.

“Harapannya, melalui program ini bisa melatih mahasiswa dalam menumbuhkan rasa empatinya dengan menyadari bahwa porsi yang disediakan terbatas. Harapannya kalau sudah mengambil 1 porsi sarapan, sebaiknya tidak mengambil lagi agar yang lain bisa mendapatkan sarapan gratis ini,” kata Dyah Weny Respatie.

Sementara Dekan Fisipol UGM, Dr Wawan Mas’udi mengatakan fakultasnya telah menyediakan sarapan pagi gratis dalam program Fisipol Free Breakfast sejak tahun 2017 silam. Program ini ditujukan untuk mendukung kesehatan mahasiswanya selama ujian semester. Setiap harinya selama ujian pihaknya menyediakan 100-200 porsi sarapan gratis bagi mahasiswanya. (*)

BACA JUGA : FKKMK UGM Buka Angkringan 8888, Sediakan Sarapan Gratis Bagi Mahasiswa

Ikuti informasi penting tentang berita terkini perguruan tinggi, wisuda, hasil penelitian, pengukuhan guru besar, akreditasi, kewirausahaan mahasiswa dan berita lainnya dari JURNAL PERGURUAN TINGGI. Anda juga bisa berpartisipasi mengisi konten di JURNAL PERGURUAN TINGGI dengan mengirimkan tulisan, foto, infografis, atau pun video. Kirim tulisan Anda ke email kami: [email protected].

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image