UGM Kembali Menjadi Juara Umum PIMNAS 2023

Teknologi  
Rektor UGM Prof Ova Emilia (kedua dari kanan) menerima Piala Bergilir Pimnas. (foto : istimewa)

JURNAL PERGURUAN TINGGI -- Universitas Gadjah Mada (UGM) menjadi Juara Umum dalam Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) ke-36 yang berlangsung di Universitas Padjajaran (Unpad) Bandung, Jawa Barat, Senin-Kamis (27-30/11/2023). UGM berhasil mengumpulkan 29 medali yang terdiri 11 emas, sembilan perak, dan sembilan perunggu.

Rektor UGM, Prof dr Ova Emilia, M Med, Ed, SpOG(K), PhD, mengungkapkan rasa bahagia atas keberhasilan Tim UGM yang berhasil membawa kembali piala bergilir Juara Umum PIMNAS. "Selamat untuk kontingen UGM bisa meraih juara umum kembali," kata Ova Emilia usai menerima Piala Bergilir Adhikarta Kertawidya di Bandung, Kamis (30/11/2023) malam.

BACA JUGA : 62 Tim PKM UGM Lolos Menuju PIMNAS 2023

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Ova menyebutkan capaian UGM ini bukanlah hal yang mudah. Pasalnya, PIMNAS merupakan kompetisi bergengsi di Tanah Air dengan tingkat persaingan yang semakin ketat dari tahun ke tahun. "Dengan kemenangan ini artinya kualitas penelitian dan karya yang dihasilkan tim mahasiswa UGM semakin baik," kata Ova.

Di PIMNAS ke-36 ini UGM berhasil meloloskan 62 tim ke babak final dari 282 tim UGM yang mendapatkan pendanaan pelaksaan program. Dari kontingen tersebut berhasil mendapatkan lima medali emas, lima medali perak, dan lima medali perunggu dari kategori presentasi. Sedang enam medali emas, empat medali perak, serta empat medali perunggu dari kategori poster.

BACA JUGA : UGM Gagal Pertahankan Juara Umum di PIMNAS ke-35, Apa Saja Medalinya?

Selain itu dua mahasiswa UGM juga berhasil meraih penghargaan individu sebagai mahasiswa bertalenta. Penghargaan tersebut diperoleh Muhammad Jhony Fonsen kategori PKM PM 1 dan Seravin Afra Secunda kategori PKM K 4.

PIMNAS ke-36 merupakan kompetisi mahasiswa nasional tahunan yang diselenggarakan oleh Kemenristekdikti. Digelar sebagai ajang untuk meningkatkan kreativitas mahasiswa dalam pengembangan IPTEKS serta meningkatkan kompetensi mahasiswa dalam menyampaikan karya intelektualnya.

Dalam penyelenggaraan PIMNAS ini diikuti sebanyak 525 kelompok Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) dari 106 perguruan tinggi di Indonesia. Ada sebanyak 2.411 peserta dan 77 juri yang terlibat dalam kegiatan kali ini. (*)

Mahasiswa UGM merayakan kemenangan sebagai Juara Umum PIMNAS 36. (foto; istimewa)

BACA JUGA : Inovasi Mahasiswa UGM, Cabe Jawa Jadi Minuman Penghambat Alzheimer

Ikuti informasi penting tentang berita terkini perguruan tinggi, wisuda, hasil penelitian, pengukuhan guru besar, akreditasi, kewirausahaan mahasiswa dan berita lainnya dari JURNAL PERGURUAN TINGGI. Anda juga bisa berpartisipasi mengisi konten di JURNAL PERGURUAN TINGGI dengan mengirimkan tulisan, foto, infografis, atau pun video. Kirim tulisan Anda ke email kami: [email protected].

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image