UGM Gagal Pertahankan Juara Umum di PIMNAS ke-35, Apa Saja Medalinya?

Info Kampus  
Penutupan PIMNAS 35 di Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). (foto : istimewa)

JURNAL PERGURUAN TINGGI -- Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta menempati urutan kedua pada ajang Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) ke-35 di Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) Rabu-Sabtu (30/11-3/12/2002). UGM mengumpulkan 19 medali yang terdiri tiga medali emas, tiga perak dan empat perunggu untuk Kategori Presentasi. Selanjutnya, Kategori Poster mendapat empat emas, satu perak dan empat perunggu.

Sedang Institut Pertanian Bogor (IPB) menempatkan diri sebagai Juara Umum dengan mengumpulkan 13 medali. Katagori Presentasi mendapat lima emas, tiga perak. Kategori Poster mengumupulkan satu emas, dua perak dan dua perunggu.

BACA JUGA : Aplikasi S-POND, Detektor Kualitas Air Kolam untuk Hindari Kematian Massal Ikan, Inovasi Mahasiswa UGM

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Direktur Kemahasiswaan UGM, Dr Sindung Tjahyadi mengungkapkan rasa syukur atas capaian kontingen mahasiswa UGM. Meski tidak berhasil menjadi juara umum berturut-turut untuk kelima kalinya, namun para mahasiswa telah memberikan kerja kerasnya dalam setiap kompetisi. “Kita tetap bersyukur atas capaian ini dan mengapresiasi yang didapat oleh mahasiswa dengan banyaknya medali yang diperoleh,” kata Sindung.

Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kemendikbud Ristek, Sri Gunani Partiwi mengatakan PIMNAS kali ini diikuti 97 universitas dan sebanyak 370 tim berhasil menjadi finalis. “Kita menerima 37 ribu proposal, peserta yang masuk finail ada 370 tim, sekitar satu persen dari seluruh proposal yang masuk,” kata Sri Gunani Partiwi.

Kegiatan Pimnas yang rutin diselenggarakan setiap tahun ini sebagai wahana dalam pengembangan kreativitas dan inovasi mahasiswa dalam bidang ilmupengetahuan dan teknologi. “Pimnas ini sebagai wahana untuk bisa berpikir kritis dan kemampuan analisis yang tajam lewat kreativitas dan inovasi yang tinggi,” kata Sri Gunani.

BACA JUGA : Tim Mahasiswa Wirausaha 'Ezparenting' UGM Raih Emas di KMI Expo XIII, Ini Bidang Usahanya

Lebih lanjut, Sri Gunani berharap setiap karya mahasiswa bisa dilanjutkan pemanfaatannya bagi masyrakat yang lebih luas. ”Kita ingin mereka bisa mengimplementasikan karyanya bermanfaat bagi bangsa dan negara,” harap Sri Gunani.

Ketua panitia pelaksanan PIMNAS ke-35, Dr Hariyadi MP menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas kerja sama seluruh kontingen yang berpartisipasi pada penyelenggraan pimnas kali ini sehingga bisa terselenggara dengan baik. “Lewat PIMNAS ini kita bisa membangun kolaborasi dan persaudanaan antar mahasiswa serta mendorong semangat berkreasi di kalangan mahasiswa,” kata Hariyadi.

Sementara Rektor UMM, Dr Fauzan MPd mengatakan PIMNAS bukan sekedar even rutin namun pada hakekatnya membangun generasi berkualitas untuk menyongsong Indonesia Emas tahun 2045. “Pimnas tidak hanya ajang berkompetensi namun membangun karakter. Saat ini saudara menjadi mahasiswa dan mengenyam pendidikan di bangku kuliah, namun esok akan menjadi seorang pemimpian. Dari sinilah sebagian esar pemimpin indonesia ke depan akan dilahirkan,” kata Fauzan.

Urutan peringkat sepuluh besar PIMNAS ke 35 yakni IPB, UGM, ITS, Universitas Negeri malang dan Universotas Brawijaya. Selanjutnya Universitas Ailrlangga, Universitas Hasanuddin, Institut Seni Indonesia Surakarta, ITB dan Universitas Negeri Medan. (*)

BACA JUGA : Mobil Semar Proto UGM, Cetak Rekor 587 km/kWh, Apa Rahasianya?

Ikuti informasi penting tentang berita terkini perguruan tinggi, wisuda, hasil penelitian, pengukuhan guru besar, akreditasi, kewirausahaan mahasiswa dan berita lainnya dari JURNAL PERGURUAN TINGGI. Anda juga bisa berpartisipasi mengisi konten di JURNAL PERGURUAN TINGGI dengan mengirimkan tulisan, foto, infografis, atau pun video. Kirim tulisan Anda ke email kami: [email protected]

Berita Terkait

Image

Mahasiswa KKN UGM Kembangkan Wisata Panas Bumi di Kawah Sikidang Dieng

Image

Pakar UGM: Lansia di DIY Butuh Pemberdayaan dan Pendampingan Sosial

Image

Mahasiswa UGM dan SUTD Singapura Kolaborasi Belajar Kelompok

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image