62 Tim PKM UGM Lolos Menuju PIMNAS 2023

Info Kampus  
Pintu Gerbang Kampus UGM Yogyakarta. (foto : istimewa)

JURNAL PERGURUAN TINGGI -- Sebanyak 62 Tim Program Kreativitas Mahasiswa Universitas Gadjah Mada (PKM UGM) lolos menuju Pekan Ilmah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) ke-36 tahun 2023. Jumlah tersebut menempatkan UGM sebagai perguruan tinggi dengan peserta terbanyak di PIMNAS 36 yang akan berlangsung di Universitas Padjajaran Ahad-Kamis (26-30/11/2023).

Berdasarkan rilis Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemdikbudristek) UGM berada di peringkat pertama dengan 62 tim yang lolos PIMNAS. UGM masuk dalam lima besar, selanjutnya diikuti IPB dengan 46 tim, ITS 35 tim, Universitas Hasanuddin 29 tim, Universitas Brawijaya 27 tim dan tim dari berbagai perguruan tinggi lainnya di Indonesia.

BACA JUGA : Mahasiswa UGM Ekstrak Mikroalga untuk Obat Luka Penderita Diabetes

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

“UGM mengapresiasi capaian yang diraih oleh adik-adik mahasiswa telah menorehkan prestasi lolos PIMNAS. Namun, perjuangan belum selesai, kita masih akan berjuang untuk membawa juara PIMNAS kembali ke UGM,” kata Sekretaris Direktur Direktorat Kemahasiswaan UGM, Dr Hempri Suyatna di Yogyakarta, Rabu (8/11/2023).

Sebelumnya, UGM berhasil mempertahankan gelar juara umum di PIMNAS selama empat kali berturut di tahun 2018-2021. Hanya saja, pada tahun 2022, prestasi tersebut sempat terlepas dan UGM hanya menduduki Juara Umum 2.

Hempri menyampaikan saat ini UGM berupaya melakukan persiapan yang maksimal di tengah waktu yang tidak panjang. Hal tersebut dilakukan dengan mengoptimalkan peran dosen pembina, dosen pembimbing dan fakultas atau sekolah.

BACA JUGA : Mahasiswa UGM Kembangkan Teknologi Filtrasi Kurangi Zat Besi Air Tanah

Selain itu, kata Hempri, juga melakukan konsolidasi dosen pembina dan semua tim mahasiswa yang lolos PIMNAS untuk segera menyiapkan presentasi, artikel ilmiah, laporam akhir dan poster. Lalu, dibarengi pula dengan menggelar lapak konsultasi PKM dan training center. “Persaingan memang ketat, tetapi dengan persiapan matang semoga UGM bisa meraih kembali gelar juara umum PIMNAS tahun ini,” kata Hempri.

Hempri menyebutkan pada tahun 2023 terdapat 282 judul PKM UGM yang lolos mendapatkan pendanaan pelaksanaan program. Jumlah tersebut juga berhasil menempatkan UGM diposisi teratas sebagai penerima pendanaan PKM terbanyak di Indonesia. Setelah melalui serangkaian seleksi akhirnya terpilih 62 tim UGM yang lolos maju ke PIMNAS 2023. (*)

BACA JUGA : 'Sea Water Desalination,' Inovasi Mahasiswa UNY Ubah Air Laut Jadi Layak Minum Sekaligus Bahan Bakar

Ikuti informasi penting tentang berita terkini perguruan tinggi, wisuda, hasil penelitian, pengukuhan guru besar, akreditasi, kewirausahaan mahasiswa dan berita lainnya dari JURNAL PERGURUAN TINGGI. Anda juga bisa berpartisipasi mengisi konten di JURNAL PERGURUAN TINGGI dengan mengirimkan tulisan, foto, infografis, atau pun video. Kirim tulisan Anda ke email kami: [email protected].

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image