Fisipol UGM Luncurkan LMS Focus, Pembelajaran Online Bagi Publik

Info Kampus  
Gedung Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIPOL) UGM. (foto : istimewa)

JURNAL PERGURUAN TINGGI -- Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisipol) Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta meluncurkan Learning Management System Fisipol Online Campus (LMS Focus). Satu sistem pembelajaran dalam jaringan (Daring) yang dibentuk untuk memberikan akses perkuliahan gratis kepada publik.

Peluncuran dilakukan Dekan Fisipol UGM, Wawan Mas’udi, SIP, MPA, PhD, di ruang seminar Fisipol UGM, Rabu (10/8/2022). Peluncuran ini disaksikan secara Daring oleh Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Prof Dr Pratikno, MSoc, Sc, dan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir.

BACA JUGA : Ganjar Pranowo: Diterima di UGM Itu Tidak Mudah

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Dijelaskan Dekan Fisipol UGM, LMS Focus ini menjadi wadah pembelajaran secara mandiri melalui metode hibrid antara Daring dan luar jaringan (Luring) serta memadukan pembelajaran sinkron dan asinkron. LMS Focus merupakan inovasi baru yang dikembangkan Fisipol UGM bekerja sama dengan alumni.

"Pengembangan ini dilakukan untuk menghadirkan sebuah sistem pendidikan dan pembelajaran bersifat inklusif, menjangkau semua kalangan, adaptif, fleksibel dan lincah. Semua perguruan tinggi dihadapkan pada tantangan tersebut. Karenanya kita juga harus siap dengan segala perubahan itu dari sisi akademik dan praktis,” kata Wawan Mas’udi.

Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan platform sistem pembelajaran yang dikembangkan Fisipol UGM ini sangat relevan dengan kondisi saat ini. Di mana dunia tengah menghadapi disrupsi teknologi digital. Disrupsi saat ini sudah terjadi di bidang media, lalu kesehatan dan lebih jauh lagi di bidang lainnya.

"Kita tidak ingin potensi digitalisasi di Indonesia ini justru gagal. Di mana bisa kita optimalkan untuk bangsa kita sendiri. Tahun 2030 potensi ekonomi digital mencapai Rp 4.500 triliun. Pertumbuhan delapan kali lipat dari ekonomi digital saat ini,” kata Erick Tohir.

Menurutnya setiap perguruan tinggi harus bisa berinovasi dan bertransformasi untuk mengoptimalkan potensi ekonomi digital agar Indonesia bisa berdaulat dalam ekosistem digital di negeri sendiri. Namun begitu ia berpesan jangan sampai potensi ekonomi digital itu dinikmati segelintir masyarakat sehingga menjadikan kesenjangan semakin lebar. “Sekali lagi, saya mengapresiasi platform LMS Focus sebagai wadah pembelajaran yang menggunakan metode pembelajaran mandiri dan aktif secara hibrid,” katanya.

Sementara Menteri Sekretaris Negara Prof Pratikno mengrapresiasi inisiatif Fisipol yang mengembangkan model pembelajaran yang bisa diakses publik. Sebab banyak sekali anak muda di Indonesia yang mau kuliah di UGM, namun keterbatasan kursi yang menjadikan mereka gagal masuk. “Tidak berarti mereka tidak mampu. Keterbatasan kursi yang membatasi mereka,” kata Pratikno.

BACA JUGA : Dua Kontribusi UAD pada Negara untuk Cetak Generasi Unggul

Menurutnya sistem pembelajaran yang dikembangkan Fisipol UGM ini bisa membuka akses bagi mahasiswa maupun publik untuk kuliah secara Luring dan Daring. Pembelajaran ini juga memiliki kelebihan dari sisi fleksibilitas waktu dan tempat.

Pratikno mengharapkan dalam kurikulum pembelajaran LMS Focus ini dapat menyesuaikan dengan kebutuhan perubahan jenis pekerjaan yang terjadi sekarang ini. Mahasiswa sekarang ini menghadapi disrupsi luar biasa. Jenis pekerjaan berubah. Ada jenis pekerjaan yang hilang dan ada pekerjaan baru yang muncul.

"Sejauh mana kurikulum kita mampu beradaptasi dengan dunia yang selalu berubah lebih cepat. Ilmu pengetahuan dan teknologi juga begitu. Teori saja bisa menjadi usang dan muncul teori baru. Sehingga dibutuhkan kesiapan anak muda menghadapi perubahan tersebut,” tandas Pratikno. (*)

BACA JUGA : Suparman, Satu-satunya Profesor Ilmu Matematika Terapan di LLDikti DIY

Ikuti informasi penting tentang berita terkini perguruan tinggi, wisuda, hasil penelitian, pengukuhan guru besar, akreditasi, kewirausahaan mahasiswa dan berita lainnya dari JURNAL PERGURUAN TINGGI. Anda juga bisa berpartisipasi mengisi konten di JURNAL PERGURUAN TINGGI dengan mengirimkan tulisan, foto, infografis, atau pun video. Kirim tulisan Anda ke email kami: [email protected].

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image