Tiga Dosen Jurusan Kimia UII Teliti Kelapa Sawit untuk Obat Covid

Teknologi  
Palm Kernel Oil (PKO), bahan baku penelitian yang dianalisis aktivitas senyawa monolaurin melalui studi komputasi docking molecular dengan menentukan energy binding. (foto: istimewa)

JURNAL PERGURUAN TINGGI -- Tiga dosen Jurusan Kimia Fakultas Matematika Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Islam Indonesia (FMIPA UII) bekerjasama dengan CV Bina Agro Mandiri teliti Sintesis Monolaurin dari Inti Kelapa Sawit sebagai suplemen atau obat Covid-19. Uji pra-riset diperoleh hasil selisih 2 Kkal/mol terhadap senyawa komersil obat Covid-19 hidroksi kloroquin.

Ketiga dosen Jurusan Kimia UII adalah Gani Purwiandono PhD sebagai ketua tim dan anggota Salmahaminati PhD dan Wiyogo Prio Wicaksono MSi. Mereka dibantu lima mahasiswa dari Jurusan Kimia FMIPA UII Yogyakarta serta Dr Indra Purnama, Direktur CV Bina Agro Mandiri, Riau.

BACA JUGA : Tiga Dosen Kimia UII Kembangkan Fotokatalis untuk Atasi Limbah Batik

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Dijelaskan Salmahaminati, kelapa sawit yang melimpah di Riau Indonesia dapat dimanfaatkan menjadi palm kernel oil (PKO) dan diuji coba sebagai suplemen atau obat Covid-19. PKO mengandung senyawa asam laurat yang dapat diisolasi dan selanjutnya disintesis menjadi senyawa monolaurin.

Uji pra-riset, kata Gani Purwiandono, dilakukan dengan menganalisis aktivitas senyawa monolaurin melalui studi komputasi docking molecular dengan menentukan energy binding-nya terhadap protein Covid-19. Diperoleh hasil dengan selisih 2 Kkal/mol terhadap senyawa komersil obat Covid-19 hidroksi kloroquin.

"Hasil uji pre test, masih lebih tinggi 2 Kkal/mol di bawah obat Covid-19. Artinya, senyawa monolaurin dari kelapa sawit memiliki potensi besar sebagai obat Covid-19," kata Gani.

BACA JUGA : Prodi Statistika UII Dampingi Pengelolaan Administrasi Desa Wisata Mendiro

Dalam penelitian di skala laboratorium, tambah Salmahaminati, ia dan tim mahasiswa melakukan preparasi PKO. Sedangkan Wiyogo dan tim mahasiswa menggunakan metode elektrolisis untuk mensintesis metil laurat dari PKO dengan kemurnian 31% . Selanjutnya, dikonversi menjadi asam laurat.

Salmahaminati menambahkan penelitian ini merupakan Program Riset Keilmuan Tahun 2021 yang didanai Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) Republik Indonesia melalui program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Sampel kelapa sawit berasal dari mitra hibah, Dr Indra Purnama, Direktur CV Bina Agro Mandiri.

Melalui program MBKM, kata Gani Purwiandono, mahasiswa dapat merasakan pengalaman studi teoritik komputasi melalui media dalam jaringan (Daring) sebagai salah satu metode pembelajaran di Jurusan Kimia FMIPA UII. Selain itu, mahasiswa juga mendapat pengalaman riset dan pembelajaran laboratorium yang meliputi proses pengambilan sampel, isolasi, dan sintesis senyawa monolaurin dari minyak inti kelapa sawit yang berasal dari mitra CV Bina Agro Mandiri.

Berdasarkan temuan tersebut, Tim peneliti Jurusan Kimia FMIPA UII berharap dapat membuka peluang bagi peneliti untuk menggali potensi kekayaan alam Indonesia dalam melawan Covid-19. Selain itu, penelitian ini juga diharapkan dapat membuka peluang lain terhadap pemanfaatan kelapa sawit yang melimpah di Indonesia. (*)

BACA JUGA : FTI UII Bantu Insenerator Ramah Lingkungan kepada Desa Girirejo

Gani Purwiandono (kiri) menyerahkan kenang-kenangan kepada Indra Purnama. (foto : istimewa)

Ikuti informasi penting tentang berita terkini perguruan tinggi, wisuda, hasil penelitian, pengukuhan guru besar, akreditasi, kewirausahaan mahasiswa dan berita lainnya dari JURNAL PERGURUAN TINGGI. Anda juga bisa berpartisipasi mengisi konten di JURNAL PERGURUAN TINGGI dengan mengirimkan tulisan, foto, infografis, atau pun video. Kirim tulisan Anda ke email kami: heri.purwata@gmail.com.

Berita Terkait

Image

Program Magister Informatika UII Cetak Pribadi Orisinal

Image

Pakar Digital Forensik UII Ingatkan Pengelola Data Lebih Hati-hati

Image

Supply Chain Model SCOR 12.0 Racetrack Dapat Menekan Kerugian Perusahaan

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image