Kartu CLEO, Permudah Siswa Belajar Kimia Karya Mahasiswa UGM

Teknologi  
Kartu CLEO terintegrasi dengan teknologi Augmented Reality (AR) dan dilengkapi dengan Voice Over (VO). (foto : istimewa)

JURNAL PERGURUAN TINGGI -- Belajar Ilmu kimia itu sulit. Salah satu landasan pokok kimia yang harus dikuasai seorang siswa adalah Sistem Periodik Unsur (SPU). Jumlah SPU ini ada 118 unsur sehingga sebagian besar siswa merasa kesulitan dalam memahami materi SPU di sekolah.

Untuk memudahkan siswa memahami SPU, lima mahasiswa dari multidisiplin ilmu Universitas Gadjah Mada (UGM) menciptakan permainan edukatif CLEO atau Chemical Learning with Uno Card. Mereka adalah Rindi Eliza Arta dan Mandrea Nora (Program Studi/Prodi Kimia), Ryan Kusnadi (Prodi Teknologi Informasi), Tari Hardiani Safitri (Prodi Teknik Industri), dan Iqbal Wahdan Salsabil (Prodi Ilmu dan Industri Peternakan). Mereka didampingi dosen pembimbing, Dr rer.nat Niko Prasetyo.

BACA JUGA : Mahasiswi UGM Ciptakan Bantal Anti Bakteri-Tungau

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Ilmu kimia merupakan bagian dari pelajaran bidang studi ilmu pengetahuan alam (IPA) yang mempelajari tentang susunan struktur, dan sifat dari skala atom, molekul hingga perubahan energi yang menyertainya. Untuk mempelajari kimia, siswa di sekolah tingkat menengah pertama dan menengah atas diharuskan memiliki penguasaan terhadap konsep dasar dalam ilmu kimia, salah satunya SPU.

Dijelaskan Rindi Eliza Arta, CLEO ini mengadaptasi permainan kartu uno untuk menjadi salah satu sarana edukasi dalam memahami ilmu kimia bagi siswa. "CLEO dirancang penuh dengan animasi berwarna dan memiliki aturan bermain yang menyenangkan agar mampu tercipta permainan yang menyenangkan dalam belajar ilmu kimia," kata Rindi di Yogyakarta, Rabu (31/8/2022).

BACA JUGA : Mahasiswa UGM Kembangkan Genteng Pintar Bertenaga Surya

Menurut Rindi, selain desainnya menarik, inovasi CLEO juga terintegrasi oleh teknologi Augmented Reality (AR) dan dilengkapi dengan Voice Over (VO) sebagai penunjang. Teknologi AR menampilkan informasi tambahan mengenai unsur yang bersangkutan apabila dilakukan scanning pada kartu menggunakan aplikasi yang telah disiapkan.

Dalam permainan, tambah Iqbal, saat kartu Cleo discan akan mengeluarkan suara yang menjelaskan fakta menarik mengenai setiap unsur yang didapat. “Adanya voice over tersebut, Cleo juga dapat dinikmati oleh semua kalangan termasuk yang memiliki keterbatasan sekalipun,” kata Iqbal.

Iqbal mengharapkan inovasi kartu Cleo ini tidak hanya sebagai ajang hiburan semata, namun juga menjadi permainan dan dapat menjadi jalan pintas bagi para siswa dalam belajar kimia. "Permainan kartu Cleo ini masih akan terus dikembangkan dalam penyempurnaan sistem dan mengikuti kebutuhan pasar," kata Iqbal. (*)

BACA JUGA : Penyerap Limbah Laundry dari Styrofoam dan Kulit Udang

Ikuti informasi penting tentang berita terkini perguruan tinggi, wisuda, hasil penelitian, pengukuhan guru besar, akreditasi, kewirausahaan mahasiswa dan berita lainnya dari JURNAL PERGURUAN TINGGI. Anda juga bisa berpartisipasi mengisi konten di JURNAL PERGURUAN TINGGI dengan mengirimkan tulisan, foto, infografis, atau pun video. Kirim tulisan Anda ke email kami: heri.purwata@gmail.com.

Berita Terkait

Image

UGM Gagal Pertahankan Juara Umum di PIMNAS ke-35, Apa Saja Medalinya?

Image

Pakar Hukum Tata Negara UGM : Cawapres Harus Cakap, Ulet dan Loyal

Image

Prof Sarto: Teknik Kimia Harus Mampu Beradaptasi dengan Era Industri 4.0

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image