UGM Luncurkan Gerai UMKM di University Club Hotel Bulaksumur

Info Kampus  
Wakil Rektor UGM, Arie Sudjito melihat produk UMKM yang dijual di Gerai UMKM UGM. (foto : istimewa)

JURNAL PERGURUAN TINGGI -- Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta meluncurkan Gerai UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) di University Club (UC) Hotel Bulaksumur. Gerai ini menampilkan 60 produk UMKM binaan UGM dan nanti secara rutin bergantian setiap tiga bulan sekali dengan produk UMKM lainnya.

Peluncuran ditandai dengan penandatanganan oleh Direktur Pengabdian kepada Masyarakat UGM, Prof Irfan D Prijambada, Direktur Utama PT GMUM, Ibnu Gunawan, dan Koordinator Kelompok Usaha Bersama Sekar Putri, Fathul Jannah, Selasa (20/9/2022). Pembangunan Gerai UMKM Binaan ini merupakan hasil kerja sama antara Direktorat Pengabdian kepada Masyarakat UGM dengan PT Gama Multi, didukung BNI dan komunitas UMKM.

BACA JUGA : Fakultas Pertanian UGM Dampingi Warga Budidaya Kelengkeng dan Biofarmaka

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Peluncuran dihadiri Wakil Rektor UGM Bidang Kemahasiswaan, Pengabdian Masyarakat, dan Alumni, Dr Arie Sudjito, Kepala BNI Kantor Cabang UGM, Sakariza Q Hemawan, serta para pelaku UMKM di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dan Jawa Tengah.

Prof Irfan D Prijambada mengatakan keberadaan Gerai UMKM di UGM ini diharapkan bisa memberikan manfaat yang lebih besar bagi UMKM sebagai soko guru perekonomian bangsa. Gerai UMKM ini juga diharapkan bisa menjadi tempat untuk memamerkan dan memasarkan produk-produk UMKM. “Semoga sinergi ini bisa bermanfaat bagi pengembangan UMKM,” kata Prijambada.

Gerai ini, lanjut Prijambada, merupakan wujud sumbangsih dalam membantu pemulihan dan peningkatan perekonomian nasional pasca pandemi Covid-19, khususnya bagi pelaku UMKM. Gerai UMKM ini diharapkan dapat menjadi media penjualan produk-produk UMKM yang telah terkurasi. Di antaranya, produk pangan, fashion, jasa, kerajinan, kesehatan, manufaktur, serta agribisnis. Selain itu juga menjadi edupreneur bagi pengunjung, pojok konsultasi bisnis, serta membangun jejaring kemitraan dan kolaborasi.

BACA JUGA : Jaket Pelindung Badan Pengendara Saat Kecelakaan, Kreasi Mahasiswa UGM

Direktur Utama PT. GMUM, Ibnu Gunawan mengatakan keberadaan Gerai UMKM ini menjadi wadah bagi pelaku UMKM untuk mempromosikan dan memasarkan produk-produk yang dihasilkan. PT GMUM juga membantu pemasaran secara Daring melalu marketplace di UGM Mall.

Sedang Sakariza Q Hemawan menyampaikan BNI memiliki komitmen dalam mendukung pengembangan UMKM di Tanah Air, salah satunya dengan pembangunan Gerai UMKM di UGM ini. Dengan adanya gerai ini diharapkan pelaku UMKM bisa lebih semangat dalam berjuang menghadapi persaingan yang semakin ketat, terus berinovasi dan memberikan multiple efek nagi banyak pihak.

Sementara Arie Sudjito mengatakan bahwa UGM memiliki komitmen kuat terhadap kerakyatan, termasuk UMKM. Arie mengharapkan adanya Gerai UMKM ini dapat menjadi pintu pengembangan UMKM.

“Semoga pelaku UMKM terus semangat, jangan gampang lemah dan lelah karena kekuatan UMKM terletak pada daya juang dan pemerintah serta perguruan tinggi juga harus membantu,” kata Arie Sudjito.(*)

BACA JUGA : Indonesia Perlu Kembalikan Kedaulatan dan Kemandirian Maritim

Penandatangan naskah kerjasama pendirian Gerai UMKM UGM. (foto : istimewa)

Ikuti informasi penting tentang berita terkini perguruan tinggi, wisuda, hasil penelitian, pengukuhan guru besar, akreditasi, kewirausahaan mahasiswa dan berita lainnya dari JURNAL PERGURUAN TINGGI. Anda juga bisa berpartisipasi mengisi konten di JURNAL PERGURUAN TINGGI dengan mengirimkan tulisan, foto, infografis, atau pun video. Kirim tulisan Anda ke email kami: heri.purwata@gmail.com.

Berita Terkait

Image

Kageogama Gelar Geology Goes to School, Kenalkan Ilmu Kebumian pada Generasi Muda

Image

Keuntungan Bekerja di Perusahaan Startup dari Alumnus FTP UGM

Image

Tips Hadapi Resesi 2023, Cari Penghasilan Tambahan dan Penghematan

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image