Prodi IUP IE UII Gelar Kuliah untuk Mahasiswa NXU Cina, Ini Tujuannya

Info Kampus  
Ira Promasanti Rachmadewi saat memberikan penjelasan kepada wartawan di Yogyakarta, Kamis (15/12/2022). (foto : istimewa)

JURNAL PERGURUAN TINGGI -- Program Studi (Prodi) International Undergraduate Program in Industry Engineering (IUP IE) atau Program Internasional Teknik Industri, Fakultas Teknologi Industri (FTI), Universitas Islam Indonesia (UII) dan Nanjing Xiaozhuang University (NXU) Cina menyelenggarakan Online Classes and Cultural Immersion Program. Kerjasama Prodi IUP IE dan NXU ini mengangkat tema Indonesian Enterprise 4.0.

Dijelaskan Ir Ira Promasanti Rachmadewi, MEng, Sekretaris Program Studi IUP IE FTI UII, pemilihan tema berdasarkan kondisi saat ini yang telah terjadi pergeseran paradigma ke Revolusi Industri 4.0. Dalam program ini juga dilakukan imersi budaya, yang mencakup pengenalan Indonesia, Yogyakarta, Bahasa Indonesia, makanan dan budaya.

BACA JUGA : Bridging, Mudahkan Mahasiswa Baru Program Internasional Teknik Industri UII Ikuti Kuliah

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

"Pengajar program ini dosen dari FTI UII, tim CILAC (Center for International Language and Cultural Studies) UII dan KUI (Kantor Urusan Internasional) UII," kata Ira Promasanti yang didampingi Danang Setiawan ST, MT; Annisa Uswatun Khasanah, ST, MSc; Dr Eng Meilinda Fitriani Nur Maghfiroh, ST, MBA; dan Meilinda Fitriani Nur Maghfiroh, ST, MBA di Yogyakarta, Kamis (15/12/2022).

Lebih lanjut Ira Promasanti menjelaskan kegiatan ini diikuti 35 mahasiswa School of Electronic Engineering, NXU China. Kegiatan berlangsung secara virtual melalui platform VOOV Meeting, Selasa - Selasa (15/11- 6/12/2022).

Pada pertemuan pertama, peserta mempelajari tentang Bahasa Indonesia dan budaya yang ada di Indonesia, serta khususnya, Yogyakarta. Kemudian sesi pengenalan makanan dan tour virtual Yogyakarta dan UII. "Materi inti diberikan dalam empat kali pertemuan dengan satu kali dilakukan presentasi tugas oleh peserta," kata Ira Promasanti.

Materi perkuliahan secara keseluruhan meliputi Cultural Immersion 1 - Indonesian Language and Culture; Cultural Immersion 2 - Indonesian Food and Yogyakarta City Tour; Jewelry Design and Manufacturing Engineering Perspective; Production Planning and Inventory Control; Electric Motor Cycle Success Story; Enterprise Resource Planning and Business Process Modelling; dan Student Presentation.

BACA JUGA : Jurusan Arsitektur UII Gelar Konferensi Internasional EduArchsia 2022

"Program ini merupakan salah satu komitmen Prodi Teknik Industri Program Internasional untuk mewujudkan internasionalisasi. Ada dua program unggulan Prodi IUP IE untuk internasionalisasi yaitu Outbound Mobility dan Inbound Mobility. Outbound Mobility merupakan upaya mengirimkan mahasiswa dan dosen Teknik Industri ke luar negeri untuk merasakan secara langsung bagaimana pendidikan, industri dan budaya di luar negeri," kata Ira.

Tahun 2022, tambah Ira, Prodi Teknik Industri Program Internasional telah mengirimkan 20 mahasiswa dan lima dosen untuk mengikuti Educational Visit 2022 ke perusahaan dan universitas di Eropa. Sedang program inbound mobility ditujukan untuk menghadirkan internasionalisasi di Prodi Teknik Industri (internationalitation at home).

Pada program Inbound Mobility, Prodi Teknik Industri Program Internasional memberikan kesempatan bagi dosen TI UII untuk menjadi pengajar dengan peserta dari mahasiswa asing. Juga memberikan kesempatan kepada mahasiswa TI UII untuk menjadi buddy atau pendamping bagi mahasiswa asing ketika mengikuti program. (*)

BACA JUGA : Konsorsium Delapan Universitas Berhasil Bentuk Perkumpulan Masyarakat Tangguh Tanggap Bencana

Ikuti informasi penting tentang berita terkini perguruan tinggi, wisuda, hasil penelitian, pengukuhan guru besar, akreditasi, kewirausahaan mahasiswa dan berita lainnya dari JURNAL PERGURUAN TINGGI. Anda juga bisa berpartisipasi mengisi konten di JURNAL PERGURUAN TINGGI dengan mengirimkan tulisan, foto, infografis, atau pun video. Kirim tulisan Anda ke email kami: [email protected].

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image