Wakil Rektor UII : Sakapari, Wadah Sharing Karya Arsitektur

Info Kampus  
Wiryono Raharjo, Wakil Rektor UII. (foto : screenshotyoutube/heri purwata)

JURNAL PERGURUAN TINGGI -- Jurusan Arsitektur Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan, Universitas Islam Indonesia (FTSP UII) menggelar Seminar Karya dan Pameran Arsitektur Indonesia (Sakapari) 11. Sakapari yang diselenggarakan setiap semester ini merupakan wadah untuk sharing karya arsitektur mahasiswa.

Assoc Prof Ir Wiryono Raharjo M Arch, PhD, Wakil Rektor UII Bidang Kemitraan dan Kewirausahaan mengemukakan hal tersebut pada pembukaan Sakapari 11 secara hibrid dari Kampus FTSP UII, Sabtu (4/2/2023). Sakapari 11 menghadirkan keynote speaker Assoc. Prof Tutin Aryanti, ST, MT, PhD dari Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung. Sedang narasumber Ir Hastuti Saptorini MA, dan Assoc Lecturer Stefy Prasasti Anggraini, ST, M Arch, akademisi dan peneliti Laboratorium Reka Rupa dan Ruang (LRRR) UII. Sedang moderator Muhammad Galieh Gunagama, ST, MSc.

BACA JUGA : Prof Jaka Nugraha : Mahasiswa Butuh Pengayaan Ketrampilan agar Siap Kerja

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Lebih lanjut Wiryono Raharjo mengatakan Sakapari merupakan tempat mendesiminasikan karya arsitektur mahasiswa Jurusan Arsitektur UII. Ia berharap Sakapari ini tidak hanya diikuti mahasiswa UII, tetapi juga mahasiswa perguruan tinggi mitra."Mudah-mudahan ke depan bisa membuka kesempatan bagi mahasiswa, tidak hanya nasional, tetapi juga ada peserta internasional," kata Wiryono.

Sedang Prof Noor Cholis Idham ST, M Arch, PhD, Ketua Jurusan Arsitektur FTSP UII mengatakan Sakapari ini telah diselenggarakan secara rutin oleh Jurusan Arsitektur FTSP UII sejak tahun 2016. Pada Sakapari 11 ini ada 283 makalah yang masuk, tetapi hanya 210 makalah yang memenuhi persyaratan dan dibahas dalam forum ini.

Noor Cholis mengharapkan kegiatan ini dapat memberikan wadah kepada akademisi, arsitek profesional dan masyarakat umum untuk berpartisipasi dalam sebuah pertemuan ilmiah dan menjalin ukhuwah insaniyah. Tema Sakapari 11 yaitu Permukiman, Lansekap, dan Urbanisme (PLU), Sains dan Teknologi Bangunan (STB), Arsitektur Digital dan Lingkungan Cerdas (ADL), Sejarah Teori dan Kritik Arsitektur (STK), serta Advokasi dan Profesi (ADP).

BACA JUGA : Mahasiswa UGM dan SUTD Singapura Kolaborasi Belajar Kelompok

"Kelima topik tersebut semoga dapat memberikan kontribusi kepada masyarakat tentang pemikiran kritis yang dihadapi pada lingkungan, terbangun dengan penelitian-penelitian yang akan dipresentasikan pada seminar tersebut. Sakapari seri ini mengusung tema Placemaking untuk Mewujudkan Komunitas yang Lebih Berdaya," kata Noor Cholis.

Sedang pameran Sakapari 11 menyajikan beberapa karya antara lain inovasi selubung panel insulasi, inovasi panel ampas tebu, penggunaan material limbah plastik sebagai roster pada fasad sebagai respon penghawaan dan pencahayaan, dan lain sebagainya. "Saat ini pameran karya arsitektur sedang berlangsung dipamerkan melalui Artstep virtual exhibition," kata Noor Cholis. (*)

BACA JUGA : UAD Kembali Berangkatkan Mahasiswa KKN Internasional ke Thailand dan Malaysia

Ikuti informasi penting tentang berita terkini perguruan tinggi, wisuda, hasil penelitian, pengukuhan guru besar, akreditasi, kewirausahaan mahasiswa dan berita lainnya dari JURNAL PERGURUAN TINGGI. Anda juga bisa berpartisipasi mengisi konten di JURNAL PERGURUAN TINGGI dengan mengirimkan tulisan, foto, infografis, atau pun video. Kirim tulisan Anda ke email kami: [email protected].

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image