Fakultas Hukum UGM Ulang Tahun ke-77, Ini Prestasinya

Info Kampus  
Dahliana Hasan saat menyampaikan laporan tahunan. (foto : screenshotyoutube/heri purwata)

JURNAL PERGURUAN TINGGI -- Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada (FH UGM) memasuki usia ke 77. Puncak peringatan Dies Natalis diisi dengan Rapat Terbuka Senat Fakultas antara lain penyampaian Laporan Tahunan Dekan Fakultas Hukum UGM tahun 2022 dan Orasi Ilmiah, Jumat (17/2/2023).

Dekan FH UGM, Dahliana Hasan, SH, MTax, PhD memaparkan beberapa pencapaian yang diraih FH UGM dalam satu tahun terakhir. Di antaranya, Program Studi (Prodi) Ilmu Hukum dan Prodi Magister Ilmu Hukum mendapatkan akreditasi internasional dari Foundation for Intrenational Business Administration Accreditation (FIBAA) pada tahun 2022.

BACA JUGA : Prof Fathul Wahid : Milad ke 80, UII Ingin Lebih Substantif, Inklusif dan Kontributif

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

"Kedua Prodi tersebut memperoleh akreditasi FIBAA yang berlaku hingga 29 November 2027. Pencapaian ini menjadi penting dalam rangka peningkatan berkelanjutan kualitas pendidikan di FH UGM,” kata Dahliana Hasan.

Selain itu, kata Dahliana Hasan, Unit Jaminan Mutu, Kurikulum, dan Inovasi Akademik FH bersama dengan Prodi Magister Hukum Kesehatan juga menyiapkan reakreditasi. Menurut rencana reakreditasi dari Badan Akreditas Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) ini akan diajukan pada 2023.

Sedang bidang pendidikan, FH UGM memfasilitasi mahasiswa yang berminat mengikuti Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) sejak tahun 2021. Tahun 2022, ada 24 mahasiswa yang mengikuti program magang/praktik kerja, 14 mahasiswa mengikuti Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) dan satu mahasiswa mengikuti pertukaran pelajar.

BACA JUGA : Tim Peneliti UGM dan Jepang Sosialisasi Mitigasi Bencana Erupsi Gunung Agung Bali

Tahun 2022, FH juga mengembangkan Standar Operasional Prosedur (SOP) layanan akademik dan kemahasiswaan, serta kerja sama berbasis digital. Hal ini dimaksudkan untuk mendukung tercapainya layanan yang efektif, efisien, dan transparan.

Pada bidang penelitian dan publikasi, selama tahun 2022 FH UGM mendapat 135 hibah penelitian jurnal. Sedang untuk publikasi, civitas akademika FH telah mempublikasikan 125 jurnal nasional, jurnal internasional, prosiding konferensi, buku internasional, dan policy paper.

Sebanyak 94 insentif diberikan kepada dosen dan 31 lainnya pada mahasiswa. Sedang untuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat, di tahun 2022 FH UGM melaksanakan 676 kegiatan pengabdian masyarakat.

Dahliana mengatakan peningkatan kualitas dan kuantitas dosen juga menjadi prioritas. Saat ini, terdapat 102 dosen di FH UGM. Dari segi kualitas, pada tahun 2022 terdapat 17 dosen FH yang sedang melanjutkan studi S3 baik di dalam maupun luar negeri, satu dosen telah menyelesaikan studi dan mendapat gelar S3, serta satu dosen yang akan melanjutkan studi S3 di tahun 2023.

FH UGM juga melakukan beragam kegiatan pengembangan sumber daya manusia (SDM). Mereka adalah tenaga kependidikan untuk meningkatkan soft skill, hard skill, leadership skill, language skill, financial management, computer skill, hingga awareness. (*)

BACA JUGA : Fakultas Psikologi UAD Berikan Mata Kuliah Teknik Penulisan Skripsi, Ini Tujuannya

Ikuti informasi penting tentang berita terkini perguruan tinggi, wisuda, hasil penelitian, pengukuhan guru besar, akreditasi, kewirausahaan mahasiswa dan berita lainnya dari JURNAL PERGURUAN TINGGI. Anda juga bisa berpartisipasi mengisi konten di JURNAL PERGURUAN TINGGI dengan mengirimkan tulisan, foto, infografis, atau pun video. Kirim tulisan Anda ke email kami: [email protected].

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image