Fakultas Psikologi UAD Berikan Mata Kuliah Teknik Penulisan Skripsi, Ini Tujuannya

Info Kampus  
Dian Kinsyung saat memandu talkshow. (foto : screenshotyoutube/heri purwata)

JURNAL PERGURUAN TINGGI -- Fakultas Psikologi Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta memberikan mata kuliah Teknik Penulisan Skripsi (TPS) bagi mahasiswanya. Hal ini dimaksudkan agar mahasiswa yang mengambil mata kuliah TPS dapat menyelesaikan skripsi dengan cepat.

Hal itu diungkapkan Dian Kinayung SPsi, MPsi, Psi, Dosen Fakultas Psikologi UAD saat memandu Talkshow Kepakaran Dosen TPS S1 Fakultas Psikologi UAD 2023 secara virtual, Selasa (14/2/2023). Talkshow menampilkan pembicara dosen Psikologi UAD yaitu Dr Yuzarion SAg, SPsi, MSi; Dian Ekawati SPsi, MPsi, Psikolog; dan Dr Nurul Hidayah SPsi, MSi, Psikolog.

BACA JUGA : UAD dan Fatoni University Thailand Optimalisasi Manfaat Kerjasama

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Lebih lanjut Dian Kinayung menjelaskan saat mahasiswa mengambil mata kuliah TPS adalah sedang menyusun Bab I, II dan III Skripsi. "Kalau TPS-nya sudah matang, oke, pas mengisi KRS (Kartu Rencana Studi), skripsi tinggal menyusun Bab IV dan V. Tiga bulan selesai. Jadi cepat," kata Kinay, panggilan akrab Dian Kinyaung.

Kinay menyarankan agar mahasiswa yang mengambil mata kuliah TPS melakukan secara serius, karena ini merupakan permulaan menyusun skripsi. "Kalau kalian bisa melaksanakan secara serius, skripsi akan lebih cepat, dibandingkan dengan hanya sekedar mengambil mata kuliah TPS untuk mendapatkan nilai," katanya.

Kinay menyarankan mahasiswa agar saat mengambil mata kuliah TPS sudah mempersiapkan fenomena yang mau diangkat menjadi judul skripsi. Selain itu, juga sudah mengumpulkan tinjauan pustaka, dan lain-lainnya untuk kelengkapkan menyusun skripsi.

"Saat mengambil matakuliah TPS sudah siap Bab I, II, dan III. Sehingga ketika skripsi tinggal peneliaan untuk menyusun Bab IV dan V. Skripsi itu bisa diselesaikan dalam satu semester," katanya.

BACA JUGA : Dekan FKIP UAD : Guru Wajib Bangkitkan Siswa Belajar Itu Menyenangkan, Ini Tujuannya

Alur pengusulan skripsi, tambah Kinay, mengusulkan judul untuk disetujui Program Studi (Prodi) Psikologi. Judul bisa diusulkan pada saat menempuh mata kuliah TPS. "Judul Skripsi di TPS berlaku selama satu tahun. Karena itu, kalian disarankan kalau semester sekarang sudah mengambil mata kuliah TPS, maka semester depan langsung mengambil skripsi, agar cepat selesai," katanya.

Sementara Kaprodi Psikologi UAD, Difa Ardiyanti SPsi, MPsi, Psikolog mengatakan mata kuliah TPS mengajarkan kaidah penulisah ilmiah, dan menyusun proposal penelitian. "Output kuliah TPS adalah proposal penelitian. Sedang alur pengusulan skripsi, judul penelitian perlu disetor ke Prodi untuk mendapatkan persetujuan," kata Difa.

Selain mata kuliah TPS, tambah Difa, Prodi Psikologi UAD juga menawarkan penelitian payung yaitu penelitian yang dilakukan dosen bekerjasama dengan sejumlah mahasiswa. Penilitian payung ini juga dimaksudkan untuk mempercepat mahasiswa dalam menyusun skripsi. (*)

BACA JUGA : Prestasi UAD di Tingkat Nasional dan Internasional Dapat Apresiasi LLDikti, Apa Saja?

Ikuti informasi penting tentang berita terkini perguruan tinggi, wisuda, hasil penelitian, pengukuhan guru besar, akreditasi, kewirausahaan mahasiswa dan berita lainnya dari JURNAL PERGURUAN TINGGI. Anda juga bisa berpartisipasi mengisi konten di JURNAL PERGURUAN TINGGI dengan mengirimkan tulisan, foto, infografis, atau pun video. Kirim tulisan Anda ke email kami: [email protected].

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image