Temuan Mahasiswa UMB Jakarta, Apresiasi Dapat Tingkatkan Kinerja Pegawai Kontrak

Info Kampus  
Diyana Fatahu Rohmah (baju merah) saat ujian skripsi secara virtual. (foto : istimewa)

JURNAL PERGURUAN TINGGI -- Kompensasi yang diterima pegawai kontrak di Unit Pengelola Kebersihan, Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Unit Pengelola Monumen Nasional (Monas) tidak memberikan kontribusi besar terhadap peningkatan kinerja. Namun apresiasi terhadap hasil kerja pegawai kontrak justru menumbuhkan motivasi kerja lebih baik yang tinggi.

Itulah hasil penelitian skripsi Diyana Fatahu Rohmah, mahasiswi Program Studi (Prodi) S1 Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Mercu Buana (UMB) Jakarta. Skripsinya mengangkat tema 'Pengaruh Disiplin Kerja, Komitmen Organisasi, Kompensasi dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai di Moderasi Motivasi Kerja (Studi pada Pegawai Divisi Kebersihan UPK Monas).'

BACA JUGA : Mahasiswa UMBJ Teleti Penerapan 'Akhlak' di PT Angkasa Pura II, Ini Hasilnya

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Dalam menyusun skripsi, Diyana mendapat bimbingan Dr. Mochamad Soelton, S.Psi., MM., CHRMP, Psikolog. Rabu (18/10/2023), dilaksanakan Ujian Skripsi secara virtual dengan Ketua Sidang, Assoc. Prof. Dr. Ir. H. Suprapto Astro, M.Si. dan anggota Dr. Tine Yuliantini, S.Par., MM. Diyana Fatahu Rohmah dinyatakan lulus dengan nilai Sangat Memuaskan.

Diyana mengangkat topik skripsi tentang motivasi instrinsik pegawai di Unit Pengelola Kebersihan, Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Unit Pengelola Monumen Nasional. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh disiplin kerja, komitmen organisasi, kompensasi dan lingkungan kerja terhadap kinerja pegawai di moderasi motivasi kerja.

Unit Pengelola Kebersihan, Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Unit Pengelola Monumen Nasional memiliki 276 pegawai kontrak. Mereka mempunyai tugas di bagian kebersihan luar gedung Unit Pengelola Kawasan Monumen Nasional.

Diyana mengambil sample sebanyak 74 pegawai kontrak yang dihitung berdasarkan Rumus Slovin. Metode penarikan sampel menggunakan convenience sampling dan pengumpulan data menggunakan metode survey, instrumen penelitian kuesioner dengan skala Likert. Metode analisis data menggunakan SEM, pengolahan datanya menggunakan program Partial Least Square (Smart PLS) versi 3.2.8.

BACA JUGA : Tim Dosen Prodi Teknik Industri UMB Tingkatkan Kompetensi IKM

Hasil penelitian, kata Diyana, menunjukan Disiplin Kerja, Komitmen Organisasi, Kompensasi, Lingkungan Kerja, dan Motivasi Kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai kontrak. Motivasi Kerja memoderasi pengaruh Disiplin Kerja terhadap Kinerja Pegawai. Motivasi Kerja memiliki hubungan positif namun tidak signifikan dalam memoderasi pengaruh Kompensasi terhadap Kinerja Pegawai.

"Temuan menariknya, kompensasi yang diterima pegawai mempengaruhi tinggi rendahnya tingkat kinerja pegawai kontrak, namun memiliki pengaruh yang tidak signifikan. Berarti kondisi tersebut menunjukkan kompensasi tidak dapat memberikan kontribusi besar terhadap peningkatan kinerja pegawai," kata Diyana.

Karena itu, Diyana mengusulkan beberap rekomendasi untuk memperbaiki kinerja pegawai kontrak. Pertama, Managemen Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Unit Pengelola Monumen Nasional perlu menerapkan kedisiplinan yang tepat, seperti pemasangan finger print untuk presensi pegawai.

Kedua, menanamkan komitmen yang tinggi di perusahaan, seperti membuat pegawai memiliki rasa komitmen yang tinggi juga di dalam dirinya. Ketiga, sebaiknya manajemen memberikan kesan nyaman pada tempat kerja, seperti merenovasi bangunan untuk lebih nyaman.

Keempat, manajemen memberikan kompensasi fisik maupun non fisik kepada pegawai, seperti memberikan beasiswa pendidikan bagi pegawai berprestasi. Kelima, memberikan apresiasi kepada pegawai untuk bentuk motivasi, seperti memberikan pujian karena hasil kerja yang memuaskan. (*)

BACA JUGA : UGM dan UII Kolaborasi Susun Kurikulum Prodi Magister Manajemen Asia Tenggara

Ikuti informasi penting tentang berita terkini perguruan tinggi, wisuda, hasil penelitian, pengukuhan guru besar, akreditasi, kewirausahaan mahasiswa dan berita lainnya dari JURNAL PERGURUAN TINGGI. Anda juga bisa berpartisipasi mengisi konten di JURNAL PERGURUAN TINGGI dengan mengirimkan tulisan, foto, infografis, atau pun video. Kirim tulisan Anda ke email kami: [email protected].

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image