UGM dan Upstream Innovation Pertamina Kembangkan Riset Geofisika

Teknologi  
Penyerahan Surat Kuasa. (foto : istimewa)

JURNAL PERGURUAN TINGGI -- Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Gadjah Mada (FMIPA UGM) berkolaborasi dengan Upstream Innovation Pertamina Hulu Energi melakukan kerja sama terkait pengembangan pengetahuan dan teknologi di bidang riset geofisika, khususnya eksplorasi minyak dan gas bumi. Untuk mengimplementasi kerjasama tersebut telah dilakukan Kick Off Meeting di Auditorium FMIPA UGM , Rabu (8/3/2023).

Kick-off meeting ini ditandai Serah Terima Surat Kuasa Studi oleh pihak FMIPA UGM yang diwakili Dekan FMIPA UGM, Prof Dr Eng Kuwat Triyana, MSi, kepada perwakilan Upstream Innovation Pertamina Hulu Energi, Freddy Yulisasongko. Kegiatan ini dihadiri perwakilan Upstream Innovation Pertamina Hulu Energi, Fathul Mu’in, Edin Akhmad, Avesta dan Akfil Fakhri. Sedang perwakilan Departemen Fisika dihadiri Ketua dan Sekretaris Departemen dan perwakilan dosen Program Studi Geofisika UGM.

BACA JUGA : Peneliti UGM Kembangkan Teknologi Geo Flow Imaging untuk Deteksi Sumber Panas Bumi

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Dr Wiwit Suryanto, Wakil Dekan Bidang Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat FMIPA mengatakan kerja sama dengan Upstream Innovation Pertamina Hulu Energi sebagai wujud dari salah satu kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi di bidang Penelitian. "Lewat kegiatan bersama ini kita ingin perguruan tinggi dan industri dapat bahu-membahu mendukung perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di Indonesia, khususnya dalam hal eksplorasi oil and gas," kata Wiwit.

Wiwit menambahkan beberapa riset lapangan yang dilakukan tim peneliti FMIPA UGM meliputi bidang Controlled Source Electromagnetic (CSEM) untuk mendeteksi Reservoir Hidrokarbon ini dan Clean Technology SP-ERT, untuk Pemantauan Injeksi Air. "Kita akan mengimplementasikan riset dari skala laboratorium ini secara langsung diuji di lapangan," kata Wiwit.

Sementara Senior Geophysicist and Project Leader Upstream Innovation Pertamina Hulu Energi, Freddy Yulisasongko, mengatakan riset bidang geofisika dan metode elektromagnetik di FMIPA UGM sudah cukup maju dan berkembang dalam skala laboratorium. "Dari dulu UGM itu sangat kuat di geofisika atau metode elektromagnetik,” kata Freddy Yulisasongko.

Menurutnya riset ini lebih banyak diimplementasikan di area tambang dan geothermal namun kali ini sudah mulai ke shifting oil and gas. "Lewat kerja bareng ini tidak hanya melakukan quality control tapi juga terlibat dalam prosesnya bersama tim teknis.” kata Freddy. (*)

BACA JUGA : Kuliah Pakar : Indonesia Bakal Gagal Mencapai Target Bauran Energi di 2025, Ini Sebabnya

Ikuti informasi penting tentang berita terkini perguruan tinggi, wisuda, hasil penelitian, pengukuhan guru besar, akreditasi, kewirausahaan mahasiswa dan berita lainnya dari JURNAL PERGURUAN TINGGI. Anda juga bisa berpartisipasi mengisi konten di JURNAL PERGURUAN TINGGI dengan mengirimkan tulisan, foto, infografis, atau pun video. Kirim tulisan Anda ke email kami: [email protected].

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image