UAD Kerjasama The SEA-Teacher Student Exchange dengan 11 Perguruan Tinggi Tiga Negara

Info Kampus  
Dekan FKIP UAD, Muhammad Suyuti berjabat tangan dengan delegasi Filipina seusai penandatangan MoU dan MoA di Bangkok. (foto : istimewa)

JURNAL PERGURUAN TINGGI -- Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) dan Memorandum of Agreement (MoA) The SEA-Teacher Student Exchange dengan 11 perguruan tinggi dari Filipina, Thailand, dan Vietnam. Kerjasama ini untuk meningkatkan pengalaman mengajar dan peningkatan ketrampilan mahasiswa calon guru.

Penandatangan tersebut dilakukan Muhammad Sayuti, MPd, MEd, PhD, Dekan Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan (FKIP) UAD bersamaan dengan pertemuan The SEA-Teacher Student Exchange Summit 9th Batch yang digelar The Southeast Asian Ministers of Education Organization (SEAMEO) di Avani Hotel Sukhumvit Bangkok, Thailand, Selasa-Rabu (21-22/3/2023).

BACA JUGA : UAD Raih Hibah dari British Council, Kerjasama dengan University of Gloucestershire United Kingdom

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Sedang Delegasi UAD ke The SEA-Teacher Student Exchange Summit terdiri Muhammad Sayuti, MPd, MEd, PhD (Dekan Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan/FKIP); Dr Ani Susanti SPd, MPd BI (Wakil Dekan Bidang Sumber Daya Manusia, Keuangan, Kehartabendaan, dan Administrasi Umum); Ida Puspita, MA, Res (Kepala Bidang Kerja sama Luar Negeri); dan Arilia Triyoga, SS, MPd BI (Dosen PBI).

Ida Puspita, MA, Res, Kepala Bidang Kerja sama Luar Negeri UAD menjelaskan kerjasama ini meliputi program The SEA Teacher dan The Southeast Asian Technical and Vocational Education and Training (SEA TVET). Selain itu, ada beberapa kerjasama yang akan direalisasikan Bulan Mei - September 2023. "Di antaranya pengajaran, penelitian, pengabdian, dan pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) dengan ke 11 mitra tersebut," kata Ida Puspita di Yogyakarta, Senin (27/3/2023).

BACA JUGA : UAD dan Fatoni University Thailand Optimalisasi Manfaat Kerjasama

Lebih lanjut Ida Puspita menyevutkan 11 perguruan tinggi dari Filipina, Thailand dan Vietnam. Yaitu, Capiz State University, Cavite State University, Iloilo State University of Fisheries Science and Technology, Mindoro State University, Saint Louis University, University of Mindanao-Digos College, University of Saint Anthony, University of the Immaculate Conception, West Visayas State University (Filipina). Dong Thap University (Vietnam) dan Varaya Alangkorn Rajabath University (Thailand).

"Dari ke 11 mitra ini, tiga universitas merupakan mitra lama UAD yaitu Capiz State University (Filipina), University of Saint Anthony (Filipina), dan Varaya Alangkorn Rajabath University (Thailand)," jelas Ida Puspita.

Selama ini, tambah Ida Puspita, UAD telah banyak merealisasikan kerjasama SEAMEO dengan institusi di Thailand dan Filipina sejak tahun 2018 hingga 2023. Di antaranya, mengirim dan menerima mahasiswa melalui program The SEA Teacher atau Pre-Service Student Teacher Exchange in Southeast Asia.

"Program ini bertujuan memberikan kesempatan bagi mahasiswa calon guru dari universitas di Asia Tenggara untuk memiliki pengalaman mengajar (praktikum) di sekolah-sekolah di negara lain di Asia Tenggara yang melibatkan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan dari berbagai perguruan tinggi yang mengikuti kegiatan ini," kata Ida Puspita. (*)

BACA JUGA : UAD Kembali Berangkatkan Mahasiswa KKN Internasional ke Thailand dan Malaysia

Ikuti informasi penting tentang berita terkini perguruan tinggi, wisuda, hasil penelitian, pengukuhan guru besar, akreditasi, kewirausahaan mahasiswa dan berita lainnya dari JURNAL PERGURUAN TINGGI. Anda juga bisa berpartisipasi mengisi konten di JURNAL PERGURUAN TINGGI dengan mengirimkan tulisan, foto, infografis, atau pun video. Kirim tulisan Anda ke email kami: [email protected].

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image