BEM KM UGM Gelar Talkshow dan Relaunching Paguyuban Desa Mitra

Info Kampus  
Pemaparan grand design Paguyuban Desa Mitra UGM. (foto : istimewa)

JURNAL PERGURUAN TINGGI -- Badan Eksekutif Mahasiswa Keluarga Mahasiswa Universitas Gadjah Mada (BEM KM UGM) Yogyakarta menggelar Talkshow dan Relauching Paguyuban Desa Mitra. Talshow yang diselenggarakan di Fakultas Peternakan mengangkat tema 'Kolaborasi untuk Negeri: Merajut Dinamika Antar Organisasi Mahasiswa dalam Lingkar Pengembangan Desa.'

Isroq Adi Subakti, Menteri Pengembangan Desa Mitra BEM KM UGM 2023 mengatakan kegiatan ini sebagai upaya BEM KM UGM untuk memperkuat marwah kampus kerakyatan. Kegiatan Paguyuban Desa Mitra telah dilaksanakan BEM KM UGM sejak tahun 2022.

BACA JUGA : Mahasiswa FEB UGM Juarai Student AsiaPac Case Competition 2023

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

“Tema tersebut sengaja dipilih karena visi utama Kementerian Pengembangan Desa BEM KM UGM adalah menggandeng kolaborasi banyak pihak untuk mencapai pemberdayaan desa secara berkelanjutan,” kata Isroq, Selasa (4/4/2023).

Kegiatan ini dihadiri sekitar 40 perwakilan organisasi mahasiswa yang ada di UGM. Di antaranya, BEM KM SV, DEMA Justicia, dan GAMAPI. Juga dihadiri Ketua BEM KM UGM, Wakil Ketua BEM KM UGM bidang kemasyarakatan dan Koordinator bidang kemasyarakatan BEM KM UGM sebagai bentuk dukungan moral atas komitmen kolektif untuk berkolaborasi.

Isroq menuturkan sinergi dan kolaborasi sangat diperlukan dalam melakukan pengabdian kepada masyarakat. Karena itu, peran dari Paguyuban Desa Mitra UGM untuk membentuk kembali kepengurusan baru penting untuk terus menjalankan komitmen kolektif dalam kolaborasi antar organisasi mahasiswa UGM.

BACA JUGA : Dua Mahasiswi UII Jadi Best Presentation Karya Tulis Ilmiah di JEF 2023

Lebih lanjut Isroq menjelaskan tujuan diadakannya program paguyuban desa mitra ini adalah untuk mempertemukan organisasi mahasiswa se-UGM yang memiliki desa mitra atau desa binaan. Selain itu, paguyuban desa mitra ini merupakan wadah pengabdian organisasi mahasiswa yang ketertarikan yang sama untuk membahas isu mengenai pemberdayaan masyarakat dan desa binaan. Dengan demikian, paguyuban ini dilaksanakan sebagai sarana penguatan potensi desa mitra dengan adanya kolaborasi antar desa pada organisasi atau lembaga internal kampus.

“Paguyuban Desa Mitra ini juga sebagai ajang untuk menjalin relasi serta membuka peluang kerja sama antar lembaga atau organisasi mahasiswa pengembangan desa mitra yang ada di UGM, sehingga integrasi kerja sama yang baik dan berkelanjutan dapat tercipta,” katanya.

Ia berharap melalui forum paguyuban desa mitra dapat meningkatkan pengetahuan lintas organisasi mahasiswa dalam menjaga marwah nilai keUGMan yaitu universitas kerakyatan. Selain itu, mampu melatih pemahaman mengenai pengembangan desa mitra dengan penanaman mindset tentang pentingnya peran generasi muda dalam meningkatkan kualitas SDM.

BACA JUGA : Roaida Yanti Presentasikan Penelitian K3 di CyMaEn, Thailand

Seusai talkshow, dilanjutkan relaunching yang diawali dengan pemaparan grand design dan Memorandum of Understanding (MoU) Paguyuban Desa Mitra UGM. Setelah sesi pemaparan, acara tersebut dilanjutkan dengan sesi paralel discussion serta, perkenalan desa mitra dan organisasi mahasiswa.

"Beberapa organisasi mahasiswa yang hadir juga turut memberikan feedback ataupun saling memberikan respon terkait pemaparan MoU serta grand design Paguyuban Desa Mitra UGM tersebut," kata Isroq.

Sementara Direktur Direktorat Pengabdian kepada Masyarakat UGM, Dr dr Rustamaji, M Kes, dalam kesempatan tersebut memaparkan mengenai strategi-strategi dalam melaksanakan pengabdian masyarakat. Ia menyampaikan kolaborasi sangat penting untuk dilaksanakan sebagai fondasi utama dalam penyelenggaraan pengabdian masyarakat.

Rustamaji menyebutkan selain kolaborasi, dalam melakukan kegiatan pengabdian juga memerlukan kemauan dan keberanian untuk memulai hal baru. Pengabdian ini juga dapat dijadikan sebagai kesempatan untuk melatih jiwa kepemimpinan. (*)

BACA JUGA : UP 45 Tiga Kali Dapat Amanah Seleksi Calon Pamong Caturtunggal Sleman

Ikuti informasi penting tentang berita terkini perguruan tinggi, wisuda, hasil penelitian, pengukuhan guru besar, akreditasi, kewirausahaan mahasiswa dan berita lainnya dari JURNAL PERGURUAN TINGGI. Anda juga bisa berpartisipasi mengisi konten di JURNAL PERGURUAN TINGGI dengan mengirimkan tulisan, foto, infografis, atau pun video. Kirim tulisan Anda ke email kami: [email protected].

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image