Prodi Ilmu Keperawatan UGM Kandidat Raih Akreditasi Internasional ACEN

Info Kampus  
Assessor CHEA saat melakukan consulting visit di UGM. (foto : istimewa)

JURNAL PERGURUAN TINGGI -- Program Studi Ilmu Keperawatan (PSIK), Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan (FKKMK) Universitas Gadjah Mada (UGM) menjadi kandidat peraih akreditasi internasional di Amerika Serikat, ACEN. Tim the Council for Higher Education Accreditation (CHEA), Accreditation Commission for Education in Nursing (ACEN) telah melakukan consulting visit atau kunjungan konsultasi ke UGM.

Haryani SLp, M Kes, PhD, Ketua PSIK UGM mengatakan consulting visit telah berlangsung Selasa-Kamis (10-12/1/2023). Consulting visit merupakan salah satu tahapan dalam proses memperoleh akreditasi internasional ACEN. Proses akreditasi internasional ini sebagai upaya peningkatan kualitas pendidikan secara berkelanjutan (Continues Quality Improvement).

BACA JUGA : Magister Informatika FTI UII Raih Akreditasi Unggul, Ini Keuntungannya

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

“Setelah sebelumnya mendapat sertifikasi dari Asian University Network (AUN) pada tahun 2017, kita berupaya untuk memperoleh akreditasi ACEN,” kata Haryani di Kampus UGM Yogyakarkta, Senin (17/4/2023).

Haryani menjelaskan proses mendapatkan akreditasi ACEN cukup panjang dan menantang. PSIK FKKMK UGM merupakan institusi pendidikan keperawatan pertama di Indonesia yang menjalani proses akreditasi ini.

Haryani menambahkan tahap-tahap memperoleh akreditasi ACEN, institusi pendidikan keperawatan harus melalui proses eligibility, consulting visit, dan akhirnya accreditation. "Setelah memperoleh status eligible pada awal tahun 2022, PSIK telah melaksanakan tahap selanjutnya yaitu consulting visit pada 10-12 Januari 2023," kata Haryani.

Pelaksanaan consulting visit, katanya, assessor hadir untuk melakukan observasi proses pembelajaran yang ada di kampus dan wahana praktik. Selain itu, assessor juga memeriksa berkas-berkas pendukung (supporting evidence) dan melakukan wawancara kepada berbagai pihak terkait mulai dari mahasiswa, dosen, tim akademik, dekanat, hingga jajaran rektorat.

BACA JUGA : Prodi MTI UII Raih Akreditasi Unggul dari LAM Teknik, Ini Upaya Meraihnya

Hal tersebut ditujukan untuk memvalidasi data terkait pelaksanaan pendidikan keperawatan di UGM. Hasil akhir dari consulting visit nantinya menentukan apakah institusi layak untuk melanjutkan ke proses selanjutnya, yaitu accreditation atau initial accreditation bagi institusi yang baru pertama kali mengikuti proses akreditasi ACEN.

Haryani menyebutkan ACEN secara resmi memutuskan PSIK FKKMK UGM berhak untuk melanjutkan ke tahap selanjutnya yaitu initial accreditation. Dengan demikian candidacy status dari ACEN resmi disandang PSIK FKKMK UGM terhitung sejak 25 Januari 2023. Nama PSIK FKKMK UGM sebagai candidate telah tercantum pada website resmi ACEN, bersama dengan institusi pendidikan keperawatan lain di dunia.

“PSIK berhasil mendapatkan candidacy status dan lolos ke tahap intial accreditation semua berkat upaya yang tekun dari PSIK FKKMK UGM dan dukungan penuh dari universitas, fakultas, dan semua pihak yang terlibat,” katanya. (*)

BACA JUGA : UGM Buka Program Penelusuran Bibit Unggul Bagi Daerah 3T

Ikuti informasi penting tentang berita terkini perguruan tinggi, wisuda, hasil penelitian, pengukuhan guru besar, akreditasi, kewirausahaan mahasiswa dan berita lainnya dari JURNAL PERGURUAN TINGGI. Anda juga bisa berpartisipasi mengisi konten di JURNAL PERGURUAN TINGGI dengan mengirimkan tulisan, foto, infografis, atau pun video. Kirim tulisan Anda ke email kami: [email protected].

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image