Jurusan Arsitektur UII Peroleh Sertifikat Validasi Internasional LAM Malaysia

Info Kampus  
Pimpinan Lembaga Arkitek Malaysia (LAM), Ar Mustapha Mohd Salleh menyerahkan sertifikat validasi kepada Rektor UII, Prof Fathul Wahid di Yogyakarta, Rabu (17/5/2023). (foto : heri purwata)

JURNAL PERGURUAN TINGGI -- Jurusan Arsitektur, Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan, Universitas Islam Indonesia (FTSP UII), Rabu (17/5/2023), mendapat sertifikat pengakuan internasional dari Lembaga Arkitek Malaysia (LAM). Jurusan Arsitek sekaligus mendapatkan dua pengakuan yaitu LAM Part 1 dan LAM Part 2.

Dijelaskan Ketua Jurusan Arsitektur, Prof Ar Noor Cholis Idham, ST, MArch, PhD, IAI, LAM Part 1 untuk Program Studi Sarjana Arsitektur (S Ars/B Arch). Sedang LAM Part 2 untuk Program Pendidikan Profesi Arsitek (PPAr/Ar) dan sekaligus Program Magister Arsitektur (M Ars/M Arch) untuk kurun waktu 2022-2027. "Sehingga ketiga Prodi di Jurusan Arsitektur UII kesemuanya telah mendapatkan pengakuan internasional," kata Noor Cholis.

BACA JUGA : UAD Kerjasama The SEA-Teacher Student Exchange dengan 11 Perguruan Tinggi Tiga Negara

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Noor Cholis menambahkan, validasi LAM Part 1 dan LAM Part 2 adalah capaian penyempurnaan Arsitektur UII. Sebelumnya Jurusan Arsitektur UII telah berhasil mendapatkan dua kali berturut-turut akreditasi internasional Korea Architectural Accrediting Board (KAAB) sejak 2017. Akreditasi kedua KAAB, Jurusan Arsitektur UII menempati level tertinggi akreditasi penuh enam tahun, 2020-2026.

LAM Malaysia, kata Noor Cholis, merupakan lembaga sertifikasi pendidikan arsitektur internasional yang mengadopsi sistem The Royal Institute of British Architects (RIBA). Lembaga ini telah banyak melakukan validasi di banyak negara termasuk di Eropa dan Australia.

"Dengan demikian, Jurusan Arsitektur UII kini telah lengkap diakui kualitasnya oleh KAAB di bawah Canberra Accord dan LAM yang setara dengan RIBA. Pengakuan ini menjamin bahwa pendidikan Arsitektur di UII berkualitas global. Artinya, semua lulusannya diakui secara internasional sehingga tidak akan mengalami hambatan di manapun berkarier," kata Noor Cholis.

BACA JUGA : FTI UII dan PII DIY Kerjasama untuk Perkuat Prodi Keinsinyuran

Selain itu, tambah Noor Cholis, mahasiswa asing dari luar negeri, termasuk negara persemakmuran the Commonwealth bisa belajar arsitektur di UII. Jurusan Arsitektur UII telah melakukan kerjasama internasional dengan berbagai negara sejak tahun 2014.

Kini Jurusan Arsitektur UII melaksanakan pendidikan arsitektur dengan enam opsi. Pertama, Program Sarjana empat tahun reguler dan internasional (IP) untuk S Ars/B Arch. Kedua, Program Profesi tahun ke-5 (PPAr/Ar). Ketiga, Program Arsitek penuh 4+1 tahun (S.Ars+Ar). Keempat, Program Magister (M.Ars). Kelima, Program Fast track PPAr+M Ars (Ar+M Ars). Keenam, Program Double Degree Master (M Arch+MLA) yang bekerjasama dengan Master of Landscape of Architecture TU Anhalt Germany. (*)

BACA JUGA : Eric Jones : Kerjasama NIU-UWM untuk Aktualisasi Kemitraan Intelektual dan Pemimpin, Ini Sejarahnya

Ikuti informasi penting tentang berita terkini perguruan tinggi, wisuda, hasil penelitian, pengukuhan guru besar, akreditasi, kewirausahaan mahasiswa dan berita lainnya dari JURNAL PERGURUAN TINGGI. Anda juga bisa berpartisipasi mengisi konten di JURNAL PERGURUAN TINGGI dengan mengirimkan tulisan, foto, infografis, atau pun video. Kirim tulisan Anda ke email kami: [email protected].

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image