Peneliti Rekayasa Jaringan Tulang UGM Raih WIPO National Award Inventors

Info Kampus  
Ika Dewi Ana saat menerima penghargaan WIPO dari Menteri Hukum dan HAM. (foto : istimewa)

JURNAL PERGURUAN TINGGI -- Peneliti Rekayasa Jaringan Tulang Universitas Gadjah Mada (UGM), Prof drg Ika Dewi Ana, MKes, PhD menerima WIPO National Award Inventors. Penghargaan diberikan secara langsung Menteri Hukum dan Hak Azasi Manusia (HAM), Yasonna Laoly pada peringatan Hari Kekayaan Intelektual Sedunia di Jakarta, Rabu (17/5/2023).

Dosen Departemen Ilmu Biomedika Kedokteran Gigi, Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) UGM ini mendapat penghargaan atas rekognisi terhadap riset karbonat apatit yang telah terdaftar di e-catalog dan digunakan secara luas di dunia medis. “Alhamdulillah saya bisa memperoleh penghargaan ini berkat layanan kekayaan intelektual (KI) UGM yang baik sehingga meningkat pesat jumlah KI kita yang terdaftar dan dapat dimanfaatkan masyarakat," kata Ika Dewi di Yogyakarta, Jumat (19/5/2023).

BACA JUGA : Vaksin Rotavirus RV3 Karya Peneliti UGM untuk Cegah Diare Anak

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Menurut Ika Dewi, UGM dan Indonesia memiliki sumber daya yang hebat untuk membawa Indonesia mandiri dalam memenuhi kebutuhan akan alat kesehatan (Alkes) dan obat menuju sejahtera. Dosen FKG UGM dikenal sebagai peneliti yang fokus melakukan kajian dan riset terkait rekayasa jaringan tulang manusia.

Ika Dewi melakukan riset sejak tahun 2007 silam dan saat ini sudah menghasilkan tiga produk penelitian yang telah terdaftar dan dipasarkan di Indonesia. Ketiga produk tersebut adalah Gama CHA (bone graft), Ceraspon yaitu spons hemostatik untuk bedah dentokraniofasial, serta Ceraspon General untuk bedah umum dan plastik.

Saat ini, kata Ika Dewi, masih ada satu produk riset yang masih dalam proses translasi ke klinik lewat Kedaireka yakni Ceraffold membran bidomedis untuk operasi. Sedang satu produk lainnya masih dikembangkan untuk ajuvan vaksin yakni CHA Nanoadjuvant. “Semuanya sudah teregistrasi di Kemenkes dan masuk katalog elektronik,” kata Ika Dewi.

Ketekunan melakukan riset dan menghasilkan berbagai karya inovatif telah memberikan kontribusi bagi kemajuan pembangunan mendapatkan pengakuan dari banyak pihak. Ika Dewi berhasil sejumlah penghargaan yaitu Anugerah Kekayaan Intelektual Luar Biasa dari Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia pada tahun 2014.

BACA JUGA : FKG UGM Latih Dokter Gigi Umum Ahli Membuat Implant Dental, Ini Tujuannya

Penghargaan lain yang diterima Ika Dewi, SRB (Romanian Society for Biomaterials) Excellence Award di Konstanta, Rumania pada tahun 2016, Excellence Award dari ISCM (International Society for Ceramics in Medicine) di Charlotte, Amerika Serikat, pada tahun 2016. Kemudian pada tahun 2022, Ika Dewi Ana menerima Habibie Award.

Menteri Hukum dan HAM RI, Yasonna Laoly menyampaikan WIPO National Award dan Anugerah KI rutin diberikan kepada tokoh Indonesia meliputi inventor, inovator, maupun lembaga yang telah berkontribusi dalam memajukan sistem kekayaan intelektual nasional. Pada tahun ini penghargaan diberikan kepada generasi muda dan tokoh perempuan Indonesia yang berhasil menggerakan perekonomian sekaligus memajukan kekayaan intelektual Tanah Air.

“Penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi kepada perempuan-perempuan terbaik Indonesia yang memiliki capaian, prestasi, dan kontribusi di bidang ekonomi nasional sekaligus memajukan kekayaan intelektual di Indonesia,” kata Yasonna.

Yasonna engajak seluruh elemen bangsa untuk bersama-sama menciptakan kekayaan intelektual yang bisa melindungi dan mendayagunkan potensi kreatif perempuan Indonesia untuk berkontribusi di segala bidang. Ia berharap perempuan Indonesia dapat tumbuh menjadi perempuan yang maju, mandiri, serta berdaya saing.

Tahun 2023 WIPO National Award diberikan kepada empat penerima. Ika Dewi Ana menerima WIPO National Award for Inventors, Dian Wahyu Utami menerima WIPO National Award for Creativity, PT Paragon Technology and Innovation menerima WIPO National Awarad for Enterprise, serta Ahmad Raihan Maulana dan Wildan Ramadhan menerima WIPO National Award for School Children. (*)

BACA JUGA : Riset Perguruan Tinggi Harus Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat

Ikuti informasi penting tentang berita terkini perguruan tinggi, wisuda, hasil penelitian, pengukuhan guru besar, akreditasi, kewirausahaan mahasiswa dan berita lainnya dari JURNAL PERGURUAN TINGGI. Anda juga bisa berpartisipasi mengisi konten di JURNAL PERGURUAN TINGGI dengan mengirimkan tulisan, foto, infografis, atau pun video. Kirim tulisan Anda ke email kami: [email protected].

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image