Motor Listrik Konversi Jadi Perhatian di Expo Karya Mahasiswa FTI UII

Teknologi  
Motor Listrik hasil konversi mahasiswa Jurusan Teknik Elektro FTI UII. (foto : heri purwata)

JURNAL PERGURUAN TINGGI -- Motor listrik konversi dari karya mahasiswa Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknologi Industri, Universitas Islam Indonesia (FTI UII) mendapat perhatian pengunjung pada Informatics Expo 2023 dan Capstone Expo Teknik Elektro 2023. Expo 137 karya mahasiswa ini berlangsung di Auditorium Prof KH Abdul Kahar Mudzakkir Kampus UII Terpadu Yogyakarta, Selasa (11/7/2023).

Firdaus, ST, MT, PhD, Ketua Jurusan Teknik Elektro menjelaskan motor listrik yang dipamerkan ada dua katagori. Pertama membangun dari awal. Mulai dari kerangka dan sistemnya dibangun dari awal. Kedua, konversi dari motor konvensional ke listrik. "Motor BBM, mesinnya diambil, diganti motor listrik termasuk baterai dan semua sistemnya," kata Firdaus.

BACA JUGA : Motor Listrik Konversi, Inovasi Mahasiswa UII, Sabet Dua Gelar Juara di Lomba PLN ICE 2022

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Firdaus menambahkan untuk ongkos konversi, user bisa memilih motor dan baterainya. "Biaya terbesar itu pada baterai, dan sistem motor yang digunakan. Kisarannya antara Rp 10 hingga 20 juta. Tergantung pada kecepatan dan berapa lama baterai bisa bertahan," kata Firdaus.

Sedang Dhomas Hatta Fudholi, ST, MEng, PhD, Ketua Program Studi Informatika FTI UII mengatakan Informatics Expo merupakan forum diseminasi proyek-proyek matakuliah di Program Studi Informatika, Program Sarjana, baik di program reguler maupun International Program. "Agenda expo sudah menjadi bagian dari kurikulum pembelajaran sejak kurikulum 2016 yang kemudian diperbarui di kurikulum 2020," kata Dhomas Hatta.

Pada semester Genap 2022/2023 ini matakuliah yang membawa proyek-proyek pada Informatics Expo adalah matakuliah Pengembangan Sistem Informasi, Sistem Cerdas dan Pendukung Keputusan, Rekayasa Perangkat Lunak dan Fundamen Pengembangan Aplikasi. "Total 90 karya yang dipamerkan pada kesempatan kali ini. Informatics Expo dibuka untuk umum dan mengundang mitra-mitra perusahaan Jurusan Informatika," kata Dhomas.

Menurut Dhomas Hatta, perkembangan Artificial intelligence (AI) ternyata betul-betul memudahkan para pengembang, terutama bagi yang sedang memulai atau Start Up. Dengan bantuan AI, mereka bisa level up secara cepat dengan perusahaan-perusahaan yang sudah establish.

BACA JUGA : Sentuhan Arsitektur Hasilkan Hunian Nyaman di Pemukiman Padat

"Ada beberapa karya mahasiswa yang saya kira sangat fenomenal, luar biasa, dan dibantu dengan AI bisa memberikan satu proses interaksi yang jauh lebih baik dan hasil yang luar biasa," katanya.

Sementara Wakil Dekan Bidang Sumber Daya FTI UII, Dr Agus Mansur ST, MEng Sc, menjelaskan kegiatan ini melibatkan pihak eksternal. Di antaranya, Universiti Teknologi Malaysia (UTM), Indmira dan Persatuan Insinyur Indonesia (PII). "Artinya, kita berani menunjukkan karya ini karya monumental, karya yang bagus," kata Agus Mansur.

Lebih lanjut Agus Mansur menjelaskan penelitian sangat penting untuk memberikan pengalaman dan keahlian baru bagi para mahasiswa, sert dapat memperkuat kompetensi mahasiswa. "Ini merupakan sebuah privilege yang dapat dinikmati mahasiswa sehingga harus dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya," kata Agus.

Expo ini, tambah Agus, bagian dari kurikulum pembelajaran untuk mengimplementasikan program pemerintah Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). "Kita menyusun kurikulum yang memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk berkarya sesuai dengan disiplin keilmuannya. Mereka bisa menembus batas-batas yang kaku menjadi cair dengan berkolaborasi lintas Prodi," katanya. (*)

BACA JUGA : Accesive.id, Aplikasi Karya Mahasiswa UGM Raih Medali Perak di IPITEX Bangkok

Ikuti informasi penting tentang berita terkini perguruan tinggi, wisuda, hasil penelitian, pengukuhan guru besar, akreditasi, kewirausahaan mahasiswa dan berita lainnya dari JURNAL PERGURUAN TINGGI. Anda juga bisa berpartisipasi mengisi konten di JURNAL PERGURUAN TINGGI dengan mengirimkan tulisan, foto, infografis, atau pun video. Kirim tulisan Anda ke email kami: [email protected].

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image